Review KZ ZSN, Earphone Hi-Fi Balance Terbaik Seharga 100 Ribuan

ENSIPEDIA GAMES, Salatiga – Bagi para penggemar musik yang menginginkan earphone berkualitas dengan harga yang sangat terjangkau, tentunya tak asing lagi dengan brand Knowledge Zenith atau KZ.

KZ sendiri menawarkan berbagai produk yang berbeda-beda sehingga pengguna dapat menyesuaikan dengan tipe atau selera mereka masing-masing. Mulai dari treble atau high, vocal atau mid, bass atau low dan balance.

Nah kali ini Ensipedia Games akan mereview salah satu produk KZ yang memiliki karakteristik suara balance yakni KZ ZSN. KZ ZSN sendiri bisa dibilang sangat populer bagi para audiophile sehingga KZ merilis penerusnya yakni ZSN Pro dan ZSN Pro X. Seperti apa kualitas dari KZ ZSN ini? Mari kita simak reviewnya.

Bentuk, Build Quality dan Packaging

Packaging KZ ZSN sebenarnya sama seperti produk-produk KZ lainnya. Di dalam terdapat 1 unit earphone KZ ZSN, detachable cable dan eartips dengan ukuran yang berbeda.

Dari segi bentuk KZ ZSN menggunakan bahan plastik pada body dan metal pada sisi faceplate. KZ ZSN menawarkan tiga macam warna yakni hitam, silver purple dan black cyan. Sama seperti kebanyakan produk KZ, ZSN menggunakan colokan dual pin yang dapat dilepas apabila ingin diganti atau menggunakan Bluetooth Module yang dijual terpisah.

Build Quality KZ ZSN sendiri bisa dibilang terbaik diantara produk KZ seharga 100 ribuan yang lainnya. Housing cukup rapi tanpa adanya plastik sisa dan faceplate metal cukup kokoh.

Kualitas Suara

Untuk mengetes bagaimana kualitas suara KZ ZSN, penulis menggunakan tiga lagu yang sesuai dengan karakteristik suara yakni Bass (Low), Vocal (Mid), Treble (High). Ketiga lagu tersebut berformat Lossless FLAC Hi-Res 24-bit 96 kHz.

Bass (Low)

Dalam pengetesan bass penulis menggunakan lagu Radioactive dari Imagine Dragon dan Hibikaze dari REOL.

Karakteristik bass KZ ZSN cukup terasa boomy, namun masih dalam batas wajar sehingga tidak terlalu dalam dan “menghancurkan” vocal maupun treble. Soundstage yang dihasilkan juga terasa sangat luas.

Vocal (Mid)

Dalam pengetesan vocal penulis menggunakan lagu Crucify Me dari Bring Me The Horizon dan Africa dari Toto.

Salah satu main impression yang penulis dapatkan adalah KZ ZSN ini sangat cocok untuk mendengarkan lagu-lagu bergenre “berat dan keras” seperti Heavy Metal, Metalcore, Post-Hardcore, dan lain-lain. Selain vocal yang jernih dan crispy, suara instrumen seperti gitar, keyboard terasa sangat jelas.

Treble (High)

Dalam pengetesan treble penulis menggunakan lagu She’s Gone dari Steelheart dan My Dearest dari Supercell.

Melihat performa KZ ZSN pada bass dan vocal, awalnya penulis mengira treble yang dihasilkan akan kurang. Namun ternyata anggapan penulis salah besar. Treble pada KZ ZSN cukup impresif. Instrumen bernada tinggi seperti cymbal dan violin terdengar jelas tanpa tertutupi vocal maupun bass. Suara treble KZ ZSN dapat lebih diperjelas lagi dengan menggunakan setting equalizer.

Overall Review

Secara keseluruhan, penulis merasa sangat puas dengan performa KZ ZSN yang mampu menangani seluruh karakteristik suara dengan baik. Sehingga apabila kalian ingin mencari earphone yang cocok dengan semua jenis atau genre musik dan harga yang sangat terjangkau, maka KZ ZSN merupakan pilihan terbaik bagi kalian.

KZ ZSN dapat kalian beli dengan harga sekitar 180 ribu rupiah di berbagai online shop.

Latest articles

Related articles