TUF Dash F15, Laptop Gaming Ringkas dan Ramah di Kantong

Seri laptop TUF Dash memang bisa dikatakan sangat unik. Pertama kali hadir di tahun 2021 silam, laptop gaming ini tampil dengan desain yang jauh lebih premium ketimbang “saudara sedarahnya” yaitu seri TUF Gaming. Hal tersebut pun membuat banyak yang bertanya-tanya karena nama TUF seringkali diasosiasikan bukan dengan desain premium, tetapi lebih ke performa dan harga yang bersahabat di kantong.

Meski mengusung desain yang lebih premium, TUF Dash sebenarnya masih tetap mengedepankan performa serta harga yang bersahabat seperti saudaranya. Perbedaannya adalah seri laptop gaming ini hadir tidak hanya untuk gamer, tetapi juga untuk pengguna yang ingin mencari laptop “all-round” yang memiliki desain bodi ringkas namun tetap mengusung performa yang powerful. Sebagai bonus, seri TUF Dash juga hadir dengan durabilitas ekstra dan telah lolos uji ketahanan ekstrem berstandar militer AS (MIL-STD 810H).

Di tahun 2022 TUF Dash F15 kembali hadir dengan serangkaian perubahan, salah satunya adalah upgrade pada sisi CPU dengan mengadopsi CPU yang memiliki base TDP 45W, bukan lagi 35W seperti sebelumnya. Selain itu, desain bodi TUF Dash F15 terbaru juga diperbarui agar sistem pendinginnya dapat mengalirkan udara dengan lebih baik namun tetap mempertahankan bentuknya yang ringkas dan ringan. Dengan kata lain, TUF Dash F15 (FX517) kali ini tampil sebagai laptop gaming yang ringkas dan powerful. Namun apakah tetap terjangkau untuk fitur yang ditawarkan? Mari kita bahas.

Minimalis dan Lebih Ringkas

TUF Dash F15 (FX517) mengusung desain bodi yang sangat berbeda dari saudaranya, yaitu seri TUF Gaming. TUF Dash F15 (FX517) tampil lebih minimalis bahkan tidak tampak seperti laptop gaming pada umumnya. Bagian belakang layarnya hanya terdapat satu logo TUF yang disematkan di pojok sebelah kanan atas. Sementara sisa ruang yang ada hanya diisi oleh warna Off Black atau Moonlight White, dua warna yang tersedia untuk TUF Dash F15 (FX517).

Jika diperhatikan lebih jauh, TUF Dash F15 (FX517) mengambil berbagai elemen desain yang pernah digunakan di laptop gaming ROG Zephyrus. Salah satu elemen yang digunakan adalah V-Cut Design pada layar yang secara praktis dapat membuat lampu indikator di TUF Dash F15 (FX517) dapat tetap terlihat saat layar laptop dalam keadaan tertutup. Tidak hanya itu, V-Cut Design juga membuat lubang udara yang berada di bagian belakang laptop tidak tertahan oleh layar saat digunakan.

Secara dimensi, TUF Dash F15 (FX517) juga lebih ringkas dari pendahulunya. Layarnya kini tampil dengan bezel yang lebih tipis, yaitu 4,52mm di bagian samping dan 7,6mm di bagian atas. Bezel yang lebih tipis membuat dimensi bodi secara keseluruhan dapat dipangkas sekaligus membuat rasio layar terhadap bodi yang semakin besar.

TUF Dash F15 (FX517) juga tergolong sebagai laptop gaming yang ringkas dan ringan. bobotnya hanya 2Kg dan ketebalannya berada di kisaran 2cm. Profilnya yang minimalis tersebut telah membuat TUF Dash F15 (FX517) nyaman untuk digunakan kapan saja serta di mana saja. Ditambah dengan sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD 810H), TUF Dash F15 (FX517) sangat pas untuk para pengguna yang membutuhkan laptop all-round dengan spesifikasi sekelas laptop gaming namun memiliki desain ringkas dan ringan, terlebih dengan banderol harganya yang mulai dari Rp16.799.000.

Andal untuk Berbagai Aktivitas

TUF Dash F15 (FX517) merupakan laptop gaming dan tentu saja harus dilengkapi dengan konektivitas yang mumpuni agar gamers dapat menghubungkan semua perangkat gaming mereka. Konektivitas yang lengkap juga merupakan nilai plus untuk TUF Dash F15 (FX517) karena pada dasarnya laptop ini dirancang sebagai laptop all-round sehingga pengguna non-gamers pun dapat lebih nyaman saat menggunakan laptop ini.

TUF Dash F15 (FX517) hadir dengan port fisik mulai dari USB Type-A, HDMI, 3.5mm combo audio jack, serta port gigabit ethernet bagi pengguna yang membutuhkan koneksi ke jaringan komputer melalui LAN. Sebagai laptop gaming modern yang ditenagai oleh prosesor 12th Gen Intel Core, TUF Dash F15 (FX517) tentu telah dibekali dengan port Thunderbolt 4 yang menggunakan interface USB Type-C. Keberadaan port tersebut memungkinkan para profesional untuk menghubungkan berbagai perangkat khusus yang membutuhkan bandwidth tinggi seperti penyimpanan eksternal berkecepatan tinggi, kartu grafis eksternal, hingga perangkat networking berkecepatan tinggi.

Sementara untuk konektivitas nirkabel, TUF Dash F15 (FX517) mengandalkan modul WiFi 6 (802.11ax). Modul WiFi generasi terbaru tersebut dapat menghadirkan konektivitas nirkabel yang lebih stabil dengan kecepatan transfer data lebih baik dibandingkan WiFi generasi sebelumnya. TUF Dash F15 (FX517) juga dibekali dengan Bluetooth 5.1 yang dapat digunakan untuk menghubungkan berbagai perangkat seperti mouse atau headphone wireless.

Sebagai laptop all-round, TUF Dash F15 (FX517) juga dituntut untuk dapat mengakomodasi kebutuhan non gaming seperti conference call. Selain telah dibekali dengan HD webcam untuk kebutuhan video conference, TUF Dash F15 (FX517) juga hadir dengan fitur Two-Way AI Noise-Cancelling. Fitur tersebut memungkinkan suara bising di sekitar pengguna laptop gaming ini untuk dapat diredam oleh sistem kecerdasan buatan sehingga suara dapat terdengar lebih jernih. Tidak hanya itu, Two-Way AI Noise-Cancelling juga dapat menyaring suara bising dari lawan bicara dan membuat komunikasi dua arah semakin lancar.

TUF Dash F15 (FX517) memang sebuah laptop gaming, namun fitur konektivitasnya memperkuat posisinya sebagai laptop all-round yang nyaman digunakan oleh siapa saja.

Powerful untuk Berbagai Skenario Penggunaan

TUF Dash F15 (FX517) tentu hadir dengan performa yang lebih baik dibandingkan dengan laptop kelas consumer pada umumnya karena pada dasarnya ia meruapakan laptop gaming. TUF Dash F15 (FX517) dibekali dengan CPU 12th Gen Intel Core H Series serta GPU NVIDIA GeForce RTX 30 Series. Kombinasi CPU dan GPU generasi terbaru tersebut memastikan performa terbaik pada TUF Dash F15 (FX517) di berbagai skeanriao penggunaan.

TUF Dash F15 (FX517) juga dirancang sebagai laptop “future proof” dan telah menggunakan DDR5 4800MHz sebagai memorinya. DDR5 merupakan memori generasi terbaru yang memiliki kecepatan lebih tinggi dibandingkan DDR4. Penggunaan DDR5 berpengaruh langsung pada performa multitasking secara keseluruhan. Sementara di dalam game, DDR5 yang memiliki kecepatan lebih tinggi dapat meningkatkan minimum framerate sehingga game dapat berjalan lebih lancar tanpa stuttering.

Berikut adalah hasil benchmark performa TUF Dash F15 (FX517) yang ditenagai oleh CPU Intel Core i7-12650H dan GPU NVIDIA GeForce RTX 3060:

Mudah di-Upgrade

ASUS sepertinya sangat paham dengan para gamers yang suka melakukan upgrade secara mandiri. Hal tersebut terlihat dari desain TUF Dash F15 (FX517) yang sangat mudah untuk di-upgrade. Berkat sistem pop-up screw, bagian penutup bawah bodi TUF Dash F15 (FX517) sangat mudah untuk dilepas dan dari sana penggunanya bisa langsung mengakses slot upgrade yang tersedia.

Di TUF Dash F15 (FX517), ASUS menyediakan dua slot SO-DIMM DDR5 4800MHz yang dapat menampung memori hingga 32GB. Selain itu, terdapat juga dua slot M.2 PCIe 4.0 SSD sehingga TUF Dash F15 (FX517) dapat memiliki penyimpanan kencang dengan kapasitas total hingga 4TB. ASUS bahkan mempersilahkan penggunanya untuk melakukan upgrade dan menjamin garansi tidak akan hangus jika pengguna membuka penutup bodi bagian bawah dan melakukan upgrade. Tentunya syarat dan ketentuan terhadap status garansi tetap berlaku.

Sistem Pendingin yang Lebih Baik

TUF Dash F15 (FX517) yang ditenagai oleh hardware kelas gaming generasi terkini tentunya membutuhkan sistem pendingin khusus, apalagi laptop gaming ini hadir dengan bodi yang lebih ringkas dibandingkan kompetitornya. Untuk itulah ASUS menghadirkan sistem pendingin khusus yang bahkan beberapa teknologinya mengadopsi dari laptop-laptop ROG.

Dimulai dari “tulang punggung” sistem pendingin yaitu heatpipe, TUF Dash F15 (FX517) menggunakan total lima heatpipe yang terbuat dari tembaga. Berbeda dengan pendahulunya, kelima heatpipe tersebut kini terhubung langsung ke berbagai komponen penting di dalam TUF Dash F15 (FX517), seperti CPU, GPU, hingga VRM dan VRAM. Dengan demikian, TUF Dash F15 (FX517) dapat didinginkan secara optimal.

Terhubung langsung dengan heatpipe adalah heatsink khusus dan dua kipas Arc Flow yang memiliki 84 bilah. Tidak hanya memiliki bilah yang lebih banyak dibandingkan dengan sistem pendingin generasi sebelumnya, kipas Arc Flow yang digunakan di TUF Dash F15 (FX517) juga mampu mengalirkan udara secara lebih baik berkat desain bilah yang dapat meminimalisir turbulensi. Agar aliran udaranya lebih optimal, ASUS memberikan lubang udara khusus tepat di atas keyboard laptop ini.

Pengujian “stress test” pada TUF Dash F15 (FX517) juga menunjukkan bahwa sistem pendingin yang diusungnya bekerja dengan sangat baik. Berdasarkan grafis di atas, sistem pendingin TUF Dash F15 (FX517) mampu mempertahankan suhu operasional rata-rata untuk CPU di angka 80,44 derajat Celcius dan 75,84 derajat Celcius untuk GPU.

Laptop Gaming Ringkas Paling Terjangkau

Jika hanya melihat dari sisi spesifikasi dan performa di atas kertas, TUF Dash F15 (FX517) mungkin tidak banyak berbeda dari kompetitornya. Namun perlu diingat bahwa laptop gaming ini tampil dengan bodi yang tergolong ringkas dan ringan untuk sebuah laptop gaming. Biasanya desain tersebut hadir di laptop gaming premium yang harganya mahal, namun TUF Dash F15 (FX517) dibanderol dengan harga mulai dari Rp16.799.000. Bisa dikatakan ia adalah lapytop gaming dengan desain ringkas yang paling terjangkau saat ini.

Latest articles

Related articles