Xiaomi Mini PC, Perangkat PC Di Genggaman Tangan Anda

ENSIPEDIA.ID, PEKANBARU – Pada Senin (12/12/2022) Xiaomi secara resmi meluncurkan sebuah perangkat komputer desktop di pasar China. Perangkat dekstop pertama yang punya ukuran kecil yang diberi nama Xiaomi Mini PC yang sekilas mirip dengan dekstop PC buatan Apple yakni Mac Mini.

Secara fisik perangkat ini juga mirip dengan Mac Mini. Xiaomi Mini PC hadir dengan dimensi 112 mm x 112 mm x 38 mm. Walau perangkat ini mungil yang mana bisa digenggam oleh tangan, urusan spesifikasi Xiaomi Mini PC ini punya spesifikasi yang baik.

Dengan berat 437 gram, Xiaomi Mini PC tersemat prosesor Intel Generasi 12 (Intel Core i5-1240P, 12-core, 16-thread) dengan kecepatan clock maksimal mencapai 4,4 GHz. Punya CPU dengan cache sebesar 12 MB dan konsumsi daya 40 W disandingkan dengan pengolah grafis terintegrasi Intel Iris X. Dibekali juga dengan 80 execution units (EUs) dengan kecepatan clock maksimal 1.3 GHz.

Pada bagian memori Xiaomi Mini PC disupport RAM DDR4 16 GB up to 64 GB, penyimpanan PCle 3.0 SSD 512 GB up to 4 TB.

Pada bagian port atau konektor, Xiaomi Mini PC dilengkapi tiga konektor USB 3.2 Gen 2, konektor USB 2.0 dua konektor Thunderbolt 4, dua konektor HDMI 2.1, satu konektor 2.5G LAN, 3.5 mm audio Jack dan konektor DC berdaya 100W.

Urusan software, Xiaomi Mini PC dijalankan oleh sistem operasi Windows 11 yang juga mendukung pemasangan OS lainnya. Seperti Ubuntu, OpenWWRT, UNRAID dan EXSI.

Bagian monitor didukung empat buah monitor dengan resolusi 4K dan didukung juga dengan konektivitas WiFi 6 dan Bluetooth 5.3. Xiaomi Mini PC juga dipasangkan kipas pendingin dengan kecepatan 4.600 RPM agar perangkat keras yang ada tetap berada pada suhu yang ideal.

Xiaomi Mini PC hadir dengn warna hitam dan dibandrol dengan harga 3.699 Yuan atau jika dirupiahkan sekitar Rp 8,2 jutaa. Masih belum jelas apakah perangkat mungil dari Xiaomi ini akan dipasarkan di luar China atau tidak.

Narrator
Penikmat gorengan. Penikmat lagu-lagu hardrock. Dan selalu berusaha menikmati hidup.

Latest articles

Related articles