Wow! El Salvador Gunakan Gunung Berapi Untuk Mining Bitcoin!

ENSIPEDIA GAMES, Salatiga – Salah satu persoalan yang ditimbulkan oleh aktivitas cryptocurrency mining adalah pemborosan energi secara besar-besaran. Namun negara El Salvador punya cara tersendiri untuk mengatasi masalah tersebut.

Presiden El Salvador, Nayib Bukule mempertunjukkan proyek mining cryptocurrency Bitcoin pada post video di akun Twitter resmi miliknya. Uniknya, proyek ini menggunakan sumber panas bumi atau geothermal dari gunung berapi sebagai sumber energinya.

Penggunaan geothermal yang merupakan sumber energi yang bersih dan terbarukan bisa menjadi solusi dari masalah utama yang ditimbulkan oleh aktivitas penambangan cryptocurrency yakni pemborosan energi.

Selain itu meskipun El Salvador memiliki sumber geothermal yang melimpah, namun hanya segelintir saja yang bisa dimanfaatkan. Diharapkan dengan adanya proyek mining Bitcoin ini, energi geothermal dapat dimaksimalkan untuk mendorong ekonomi El Salvador.

Penggunaan Bitcoin di El Salvador

Sebelumnya pada 7 September 2021 lalu pemerintah El Salvador resmi melegalkan Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah. Dengan ini negara Amerika Tengah tersebut menjadi negara pertama yang mengimplementasikan Bitcoin sebagai mata uang resmi.

Presiden Nayib Bukele percaya bahwa Bitcoin sendiri merupakan mata uang yang memiliki potensi luar biasa, sehingga diharapkan penggunaan Bitcoin sebagai mata uang resmi dapat memajukan ekonomi El Salvador.

Penggunaan Bitcoin sebagai mata uang resmi sudah diterapkan pada segala proses jual beli di El Salvador. Bahkan kini berbagai restoran cepat saji seperti McDonalds, Pizza Hut dan Starbucks menerima pembayaran dengan menggunakan Bitcoin.

Salah satu jurnalis BitcoinMagazine, Aaron van Wirdum menceritakan pengalamannya dalam menggunakan Bitcoin sebagai alat pembayaran di El Salvador.

Lewat cuitan pada akun Twitternya ia terkejut dan tidak menyangka bahwa ia dapat membayar Pizza atau Big Mac menggunakan Bitcoin.

“Baru saja masuk ke Mc Donald’s di San Salvador untuk melihat, apakah Saya dapat membayar sarapan yang dibeli dengan Bitcoin? Meskipun sepenuhnya saya berharap jawabannya adalah tidak,”

“Tapi lihatlah, mereka mencetak tiket dengan kode QR yang akan dialihkan ke halaman web dengan Lightning Invoice,” cuit Aaron.

Latest articles

Related articles