Wow! Apple Umumkan Vision Pro, Headset AR-VR Paling Canggih di Dunia!

ENSIPEDIA GAMES, Salatiga – Vision Pro, kacamata AR/VR terbaru dari Apple, telah membuat gebrakan dalam industri teknologi. Melalui acara WWDC Apple tahun ini, perusahaan tersebut memperkenalkan perangkat yang menggabungkan teknologi realitas tertambah (AR) dan realitas virtual (VR), membawa pengalaman yang luar biasa bagi pengguna saat berada dalam dunia virtual.

Dalam laman resmi Apple, CEO Apple, Tim Cook, mengungkapkan bahwa Vision Pro merupakan inovasi yang luar biasa. Dengan penggabungan AR dan VR, Vision Pro membawa pengalaman baru yang belum pernah ada sebelumnya. Mari kita lihat beberapa aspek penting dari Vision Pro yang diungkapkan melalui laman resmi Apple:

Sistem Operasi & Antarmuka yang Revolusioner

Apple merancang sistem operasi baru khusus untuk Vision Pro yang diberi nama visionOS. Sistem operasi ini diklaim memiliki latensi rendah yang mengoptimalkan pengalaman komputasi spasial.

visionOS menghadirkan interface tiga dimensi yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol perangkat dengan gerakan mata, tangan, dan suara. Misalnya, pengguna dapat melakukan penelusuran aplikasi dengan melihat dan mengedip, mengklik sesuatu dengan gestur jari, atau memberikan perintah suara.

Eyesight: Menghubungkan Dunia Nyata dengan Dunia Virtual

Salah satu tantangan dalam penggunaan perangkat AR/VR adalah pemisahan pengguna dari dunia nyata. Namun, Apple memastikan bahwa pengguna Vision Pro tidak akan merasa terisolasi sepenuhnya dari sekitarnya.

Dengan teknologi Eyesight yang canggih, perangkat Vision Pro membuat visualisasi dunia virtual menjadi transparan. Ini memungkinkan pengguna untuk tetap mendeteksi kehadiran orang lain di dunia nyata saat mereka menggunakan perangkat ini. Selain itu, Eyesight juga memberikan isyarat visual kepada orang lain untuk menunjukkan apa yang sedang menjadi fokus pengguna.

Desain Ergonomis dan Elegan

Vision Pro menampilkan desain yang terinspirasi dan dilengkapi dengan sejumlah teknologi canggih. Desain ini tidak hanya memperhatikan kecanggihan teknologi, tetapi juga kenyamanan pengguna.

Dalam desain Vision Pro, Apple menggunakan sepotong kaca yang dibentuk dan dilaminasi tiga dimensi. Kaca ini berfungsi sebagai lensa untuk sejumlah kamera dan sensor yang mendukung penggabungan dunia fisik dengan konten digital.

Selain itu, perangkat ini juga dilengkapi dengan segel yang terbuat dari tekstil lembut dengan berbagai bentuk, ukuran, dan tekstur. Hal ini memastikan bahwa Vision Pro dapat menyesuaikan dengan berbagai bentuk wajah pengguna. Tali pengikatnya juga dibuat fleksibel agar audio tetap dekat dengan telinga pengguna.

Headband Vision Pro hadir dalam beragam ukuran dan dirajut tiga dimensi sebagai satu bagian. Tidak lupa juga terdapat bantalan yang memudahkan pengguna untuk bernapas dengan nyaman.

Spesifikasi Hardware yang Mengesankan

Apple tidak hanya memikirkan desain yang menawan, tetapi juga memberikan perhatian khusus pada spesifikasi teknis Vision Pro yang membuatnya unggul di kelasnya.

Vision Pro menggunakan teknologi micro-OLED dengan resolusi 23 juta piksel, yang memungkinkan tampilan gambar yang sangat jernih dan tajam. Lensa katadioptrik khusus dari Zeiss yang terintegrasi pada perangkat ini juga berkontribusi pada kualitas gambar yang superior.

Dalam hal audio, Vision Pro dilengkapi dengan dua driver yang diperkuat secara individu pada tiap pod audio. Dengan memanfaatkan geometri kepala dan telinga pengguna, perangkat ini mampu menghadirkan audio spasial yang dipersonalisasi, memberikan pengalaman suara yang lebih mendalam dan immersif.

Vision Pro juga menawarkan fitur kamera berkecepatan tinggi dan serangkaian LED yang memungkinkan proyeksi pola cahaya kasat mata. Hal ini memungkinkan pengguna untuk berinteraksi secara responsif dan intuitif dengan konten yang ada di depan mereka.

Dalam hal performa, Vision Pro menggunakan kombinasi chip M2 dan R1 yang kuat. Chip R1 mampu memproses input dari 12 kamera, 5 sensor, dan enam mikrofon secara bersamaan, menghasilkan pengalaman konten yang lebih responsif dan mendekati pengguna. Kecepatan pemrosesan gambar R1 sangat mengesankan, dengan mampu menghadirkan gambar dalam waktu hanya 12 milidetik atau 8 kali lebih cepat dari perangkat sejenis.

Dari segi daya tahan baterai, Vision Pro mampu digunakan sepanjang hari ketika tersambung dengan sumber daya eksternal. Sementara itu, dengan baterai internalnya, Vision Pro dapat bertahan hingga dua jam.

Keamanan yang Terjaga dengan Optik ID

Apple memberikan perhatian yang serius pada keamanan pengguna Vision Pro dengan memperkenalkan fitur autentikasi ID Optik yang canggih. Sistem autentikasi ini menggunakan analisis iris mata pengguna dalam paparan lampu LED untuk memastikan identitas pengguna. Hasil analisis tersebut kemudian dibandingkan dengan ID Optik yang terdaftar dan dilindungi oleh Secure Enclave.

Untuk melindungi privasi pengguna, Apple menjamin bahwa data ID Optik akan dienkripsi sepenuhnya dan tidak akan dapat diakses oleh aplikasi. Data ini juga tidak akan pernah meninggalkan perangkat atau disimpan dalam server Apple, menjaga privasi dan keamanan pengguna secara maksimal.

Harga dan Ketersediaan

Apple menjual Vision Pro dengan harga yang sesuai dengan teknologi dan fitur unggul yang ditawarkannya. Harga Vision Pro dimulai dari US$3.499 (sekitar Rp 52 juta). Perangkat ini akan tersedia untuk dibeli secara daring melalui situs resmi Apple (apple.com) dan juga dapat ditemukan di Apple Store di Amerika Serikat (AS). Setelah itu, Vision Pro akan diluncurkan di sejumlah negara lain.

Latest articles

Related articles