Wah! Polisi di Denmark Ciptakan Unit Yang Tugasnya Main Game Online Dan Mengawasi Player Toxic

ENSIPEDIA GAMES, Salatiga – Pengguna internet dan player toxic di game online memang menjadi penyakit yang sangat sulit untuk disembuhkan. Nah untuk mengatasi hal ini kepolisian di Denmark memiliki cara tersendiri, yakni dengan membentuk unit yang tugasnya bermain game online sekaligus mengawasi player toxic.

Politiets Online Patrulje Denmark (Patroli Online Polisi Denmark) atau disingkat POP, adalah sebuah tim polisi Denmark yang tugasnya adalah “mengawasi” ruang sosial online seperti media sosial dan game online sekaligus menjaga agar tidak terjadi hal-hal seperti penipuan dan ujaran kebencian.

Unit ini aktif di Steam, Discord, kerap melakukan streaming di Twitch, dan aktif di game multiplayer populer seperti Counterstrike: Global Offensive, Fortnite, dan Minecraft. Tak hanya itu, mereka juga aktif berbaur dengan player lain. Uniknya lagi, avatar pemain mereka di di berbagai game seperti Minecraft telah disesuaikan untuk menyerupai seragam polisi Denmark loh!

Unit POP memulai tugasnya pada April 2022 dengan misi mengawasi media sosial dan terlibat dalam dialog dengan anak-anak dan remaja, mencegah perilaku dan kejahatan yang tidak pantas, dan melakukan intervensi jika terjadi adanya pelanggaran.

@onlinepatrulje

Vi spiller mellem jul og nytår – den 27. + 29. + 30. December. Følg med på Twitch.tv/politietsonlinepatrulje 🖥️ #politi #politietsonlinepatrulje #police #danskpoliti #onlinepatrulje #december #23december #gaming #warzone #fortnite #csgo #streaming

♬ original sound – myah

Namun ternyata Denmark bukanlah satu-satunya negara yang melakukan praktik seperti ini. Sebelumnya polisi komunitas di Belanda memiliki inisiatif “Gaming With Police” pada tahun 2020, dengan 21 tim di seluruh negeri mencoba menjalin hubungan dengan pemuda yang aktif dalam ranah digital dengan memasuki ‘zona nyaman’ mereka melalui bermain game.

Polisi Belanda tidak benar-benar mengatakan seberapa berhasil program tersebut, tetapi mereka mengatakan bahwa bermain game dengan anak muda sangat disambut baik karena itu adalah cara yang cocok dengan minat mereka, dan merupakan cara modern untuk menjangkau kalangan muda.

Latest articles

Related articles