Waduh! Steam Kini Tetapkan Kebijakan Diskon Game Tidak Boleh Diatas 90%!

ENSIPEDIA GAMES, Salatiga – Platform distributor game Steam memang sudah cukup kondang dalam memberikan diskon-diskon yang sangat menggiurkan bagi para user. Namun kini sepertinya Steam memiliki kebijakan terbaru terkait penetapan potongan harga pada penjualan game.

Lewat laman Steamworks Documentation, Steam kini menetapkan adanya pembatasan besarnya potongan harga, durasi jeda diskon, dan berbagai peraturan-peraturan lainnya.

Untuk yang pertama Steam kini membatasi besar diskon yakni antara 10% hingga 90%. Sehingga para developer maupun publisher tidak boleh memberikan diskon yang terlalu kecil ataupun terlalu besar.

Kemudian jeda waktu antara diskon yang dijalankan di Steam akan berubah dari enam minggu menjadi 4 minggu (28 hari). Sehingga terdapat jeda waktu minimal 28 hari diantara akhir satu diskon dan dimulainya diskon lain.

Periode cooldown diskon ini berlaku untuk semua jenis promosi dan diskon di Steam, dengan pengecualian empat penjualan musiman utama Steam yakni Lunar New Year Sale, Summer Sale, Autumn Sale, dan Winter Sale.

Selain itu game yang harganya dinaikkan tidak boleh diberikan diskon dalam waktu 28 hari. Hal ini diterapkan Steam agar publisher tidak mempermainkan harga dengan cara menaikkan harga game saat mendapatkan diskon.

Steam akan menerapkan berbagai kebijakan tersebut mulai dari tanggal 28 Maret 2022. Diharapkan dengan adanya kebijakan baru ini, user Steam akan merasa lebih nyaman dlam berbelanja ketika diskon dan tidak ada lagi praktek kecurangan harga yang dilakukan oleh publisher nakal.

Latest articles

Related articles