The Game Awards Dikritik Karena Tidak Sepenuhnya Terlihat Seperti Acara “Awards”

ENSIPEDIA.ID, LAMPUNG – Meskipun upacara The Game Awards berlangsung semalam untuk merayakan game terbaik tahun ini, acara tersebut mendapat kritik karena dianggap kurang menghargai pengembang yang membuat game tersebut. Kritik utama mencakup waktu singkat dalam pidato pemenang, diinstruksikan untuk “membungkusnya” setelah sekitar 30 detik, kontras dengan waktu yang lebih panjang untuk selebriti.

Secara keseluruhan, kritik ini memicu keluhan bahwa The Game Awards lebih fokus pada pengumuman daripada penghargaan. Menurut IGN, waktu untuk penghargaan hanya sekitar 30 menit dari total durasi hampir tiga jam acara, tidak termasuk pra-acara.

“Tahun ini, The Game Awards adalah tuduhan memalukan bagi industri yang mencari validasi melalui kekuatan bintang dengan sedikit rasa hormat bagi pengembang yang seharusnya dihormati,” tulis direktur Pentiment, Josh Sawyer.

Geoff Keighley, sebagai tuan rumah, merespons kritik dan mengakui bahwa musik dimainkan terlalu cepat untuk pemenang penghargaan. Namun, dia berjanji untuk menangani hal tersebut ke depannya.

Penting untuk dicatat bahwa kritik tidak hanya terkait dengan musik. Foto-foto menunjukkan pesan “Please wrap it up” di teleprompter, dan pengembang JC Lau membagikan syarat bahwa pemenang hanya memiliki waktu 30 detik untuk pidato.

Salah satu momen yang dianggap tidak menguntungkan adalah pada pidato pemenang Game of the Year, Baldur’s Gate 3. Sebuah video menunjukkan hitungan mundur sebelum “please wrap it up” muncul di teleprompter, saat sutradara Swen Vincke memberikan penghormatan kepada seniman sinematik utama yang sudah meninggal.

Vincke juga mengeluhkan ketiadaan pengumuman di atas panggung tentang penurunan besar Baldur’s Gate 3 di Xbox Series X/S. Ia mungkin harus mengakhiri pidatonya sebelum dapat membuat pengumuman tersebut.

Ketika Keighley meminta umpan balik, banyak yang meminta lebih banyak waktu untuk mendengar dari pengembang daripada selebriti.

Kritik semakin intens karena tahun sulit bagi industri game, dengan pemutusan hubungan kerja besar dan laporan lingkungan kerja buruk. Banyak yang berharap penghargaan tersebut akan mengakui pemutusan hubungan kerja tersebut, tetapi tidak ada yang disebutkan sepanjang acara.

“Sekarang jendela kegembiraan sudah berakhir, penting untuk dicatat bahwa The Game Awards kemarin memperlakukan beberapa pengembang dan artis dengan tidak adil dengan favoritisme yang jelas terhadap individu lain,” tulis @horrorvisuals di X/Twitter. “Juga memalukan melihat bahwa tidak seorang pun mengakui pemutusan hubungan kerja di industri ini.”

“Pengembang yang merasa dihapus oleh #TheGameAwards: orang-orang yang mencintai dan tampil dalam game Anda melihat Anda,” tulis aktor suara Ashly Burch. “Kami tahu betapa tahun ini menghancurkan. Anda pantas untuk berbicara tentang kerugian tersebut. Anda pantas merayakan kemenangan Anda. Anda pantas merasa terlihat. Dan kami melihat Anda.”

Keighley juga dikritik karena tidak menanggapi surat dari anggota The Game Awards Future Class, yang meminta pengakuan konflik di Gaza dan dukungan untuk hak asasi manusia Palestina.

Pengembang beberapa game yang dinominasikan, Goodbye Volcano High dan Venba, membagikan pidato yang akan mereka berikan jika mereka menang, keduanya menyerukan gencatan senjata.

Saat perayaan atas game pemenang berlanjut, kritik atas penanganan acara juga terus datang. IGN telah menghubungi Keighley dan The Game Awards untuk komentar lebih lanjut.

Narrator
Narrator
Penikmat gorengan. Penikmat lagu-lagu hardrock. Dan selalu berusaha menikmati hidup.

Latest articles

Related articles