ASUS ROG Phone 6 Resmi Meluncur di Indonesia, Ini Harga dan Spesifikasinya!

ENSIPEDIA GAMES, Jakarta – ASUS Republic of Gamers (ROG) telah resmi menghadirkan ASUS ROG Phone 6 di Indonesia, ponsel gaming dengan performa ‘buas’ untuk memuaskan para mobile gamer Indonesia. ROG Phone 6 series yang meliputi ROG Phone 6 dan ROG Phone 6 Pro ini memanfaatkan power dari prosesor Snapdragon® 8+ Gen 1 terbaru, sistem pendinginan terbaru GameCool 6, dan layar 165 Hz, untuk menghadirkan sensasi gaming tanpa batas.

ROG Phone 6 series hadir dengan kapasitas RAM mulai dari level awal hingga tertinggi, yaitu 8 GB RAM/256 GB ROM, 12 GB RAM/256 GB ROM, dan 18 GB RAM/512 GB ROM. Bagian luar yang tampak futuristik, dibalur warna-warna premium yang standing out. Dalam kotak kemasan, pengguna akan mendapatkan perangkat ASUS ROG Phone 6 dan aksesori seperti HyperCharge Power adapter, dan Aero case.

Sebelum melangkah ke aspek kinerjanya, mari melihat tampilan luarnya terlebih dahulu. ROG Phone 6 series didesain dengan bagian tepi yang membulat sehingga nyaman digenggam. Bagian belakang diproteksi Gorilla® Glass 3. Sementara bagian layar dilindungi oleh Corning® Gorilla® Glass VictusTM terbaru.

ROG Phone 6 standar tersedia dalam pilihan warna Storm White dengan panel belakang kaca frosted dan warna Phantom Black berlogo ROG yang dapat menyala berpadu dengan efek gradien yang sedap dipandang, di panel belakang.

Sedangkan ROG Phone 6 Pro hadir dalam warna Storm White dengan panel belakang kaca frosted dan layar PMOLED ROG Vision yang mempesona. Layar PMOLED ROG Vision dapat menampilkan grafik yang dapat disesuaikan untuk skenario seperti panggilan masuk, memulai game, mengisi daya, memasuki mode X, dan banyak lagi. ASUS telah menambahkan 60 animasi baru ke tampilan ROG Vision ROG Phone 6 Pro!

ROG Phone 6 series dirancang dengan semangat petualangan. Tampak dari garis-garis geometris yang simpel membentuk desain futuristik yang mengingatkan akan pesawat luar angkasa yang sedang meluncur di alam semesta dengan kecepatan dan kinerja tak tertandingi.

Sebagai ponsel gaming sektor performa menjadi tolok ukur yang paling penting untuk menilai ponsel ini. Untuk itulah ASUS ROG menanamkan prosesor Snapdragon® 8+ Gen 1 terbaru di dapur pacunya.

Dibandingkan dengan pendahulunya, Snapdragon® 8+ Gen 1 menghadirkan kecepatan clock CPU ultra-cepat hingga 3,2 GHz. Kinerja CPU dan GPU 10 persen lebih tinggi. Efisiensi daya CPU juga meningkat 30 persen. Untuk meminimalisir bottleneck, ROG Phone 6 diperkuat RAM LPDDR5 hingga 18GB dan penyimpanan SSD UFS3.1 hingga 512GB.

Sejumlah pengujian yang dilakukan terhadap kinerja ponsel ini menunjukkan hasil yang memuaskan. Pengujian dengan Antutu 9.3.8 saat X-Mode aktif, ASUS ROG Phone 6 series menyabet total skor tertinggi 1.123.010, yang menjadikannya sebagai smartphone paling bertenaga saat ini.

Sementara pengujian dengan Geekbench 5 dalam X-Mode aktif, smartphone ini meraih Single-Core Score 1322 dari 1321 dan Multi-Core Score 4264 dari 4261. Diuji dengan 3D Mark dalam X-Mode aktif, ASUS ROG Phone 6 series meraih skor total 10525 dalam tes Wild Life secara keseluruhan.

Dalam tes gaming dengan game Genshin Impact, performa ASUS ROG Phone 6 series juga luar biasa dengan speed memukau dan temperatur yang cukup rendah. Bila dimainkan tanpa cooler selama 60 menit, kecepatannya bisa mencapai 59,39 fps, temperatur 480C dan efisiensi power 5,88 W. Bila dimainkan dengan AeroActive Cooler 6 selama 60 menit tapi tanpa power eksternal, ASUS ROG Phone 6 series mencapai kecepatan 59,73 fps, temperatur 43,30C dan efisiensi power 10,2 W. Sementara dengan power eksternal, ia mampu mencapai 59,77 fps, dan temperatur 39,90C.

Kehadiran AeroActive Cooler 6 memang akan mengoptimalkan pembuangan panas dan meningkatkan kinerja smartphone ini. Sebab AeroActive Cooler 6 yang baru memiliki Thermoelectric AI Cooling System terintegrasi, berbasis chip Peltier di dalam cooler. Cooler dapat memilih mode pendinginan optimal tergantung pada suhu CPU. Misalnya, saat memainkan game yang berat, cooler akan menyalakan chip pendinginnya untuk menghasilkan pendinginan yang optimal.

ASUS ROG Phone 6 series hadir dengan layar seluas 6,78 inci AMOLED yang mampu mencapai tingkat brightness 800 nits, sehingga nyaman digunakan di bawah terik sinar matahari. Dengan refresh rate tertinggi 165Hz, para gamer akan menikmati permainan yang lebih cair dan bebas blur. Menariknya, ponsel ini menyediakan pilihan refresh rate 165Hz, 144Hz, 120Hz, 90Hz, 60Hz, dan mode auto yang akan menyeimbangkan antara kecepatan dan daya baterai.

Aspek response rate dan latensi juga sangat penting bagi gamer. Soalnya ini menyangkut waktu yang dibutuhkan saat menyentuh dan aksi yang kemudian terjadi. Dengan touch sampling rate 720Hz dan touch latency hanya 23ms, menempatkan ponsel ini sebagai yang tercepat di industri. Tak hanya cepat, dengan layar yang sudah tersertifikasi HDR 10+, ASUS ROG Phone 6 series juga mampu menghadirkan warna-warna yang akurat.

ASUS ROG Phone 6 series kembali memakai dashboard Game Genie yang legendaris namun disertai peningkatan. Game Genie akan diluncurkan secara otomatis saat pengguna memainkan game dan bisa diakses dengan mudah hanya dengan menggesernya keluar dari sudut atas layar.

Ada banyak fungsi yang dihadirkan pada Game Genie terbaru, seperti jalan pintas kembali ke Armory Crate, memblokir semua notifikasi dan panggilan masuk, mencegah perubahan brightness secara mendadak, mengubah refresh rate, melepaskan RAM yang tidak digunakan oleh aplikasi di latar belakang, mengaktifkan perekam layar, melakukan pencarian di internet dan YouTube tanpa meninggalkan game, dan masih banyak lagi.

Fitur Key Mapping adalah salah satu nilai jual Game Genie. Fitur ini tersedia di panel Game Genie saat pengguna menghubungkan ROG Kunai Gamepad 3, ASUS Professional Dock, atau controller lain yang kompatibel (PS4, XBOX One, XBOX Series X, atau Stadia).

Key Mapping akan memetakan dan mensimulasikan ketukan di layar dan gestur gerakan ke tombol fisik pada gamepad atau mouse dan keyboard. Fitur ini bekerja dengan game apapun sehingga pengguna akan memiliki keunggulan kompetitif apapun game yang dimainkan.

Adapun fitur X Mode, saat diaktifkan, semua ikon akan memiliki cincin merah dan wallpaper ROG akan mulai aktif dan bersinar. Bahkan logo ROG (atau ROG Vision) di bagian belakang ponsel akan menyala jika diaktifkan. X Mode bisa diaktifkan dengan mudah melalui quick menu di Armory Crate Console, atau dengan menekan dua AirTriggers dalam orientasi potret (jika diaktifkan dalam pengaturan).

ASUS ROG Phone 6 series tak pelak lagi hadir sebagai ponsel gaming yang layak untuk dimiliki para gamer yang menginginkan perangkat mobile game yang tidak hanya memiliki performa yang powerful, tapi juga tampilan yang enak dipandang.

Dengan performanya yang ‘gahar’, ASUS ROG Phone 6 adalah ponsel gaming tercepat saat ini. Ponsel ini mampu memainkan game-game yang demanding dengan performa yang tak tertandingi dan konsisten, karena teknologi pendinginannya yang mengagumkan.

Disertai layar yang mampu menampilkan visual yang jernih dan kaya warna dalam pencahayaan apapun, akan membuat para gamer bisa menikmati game dalam tampilan terbaiknya. Ditambah dengan dashboard Game Genie yang legendaris, gamer akan memiliki keunggulan kompetitif apapun game yang dimainkan.

Semua keunggulan itu bisa dinikmati dalam waktu lebih lama karena ponsel ini sudah menggunakan baterai 6000 mAh dalam format dual cell dan adaptor HyperCharge 65 W untuk pengisian ulang daya dengan super-cepat.

ROG Phone 6 series tersedia dalam dua warna, Phantom Black dan Storm White. Pelanggan dapat memesan dengan sistem pre-order. ROG Phone 6 tersedia dengan harga Rp10.999.000 untuk varian 8GB/256GB dan Rp13.999.000 untuk varian 12GB/256GB serta ROG Phone 6 Pro untuk varian 18GB/512GB dengan harga Rp18.999.000. Selama periode pre-order, pelanggan berkesempatan mendapatkan item bundling spesial atau Aero Active Cooler 6 secara gratis dengan jumlah terbatas ditambah dengan 6 bulan garansi ekstra. Pre-order ini tersedia secara eksklusif di: Erafone, Eraspace, Urban Republic, ROG Store, ASUS Exclusive Store, ASUS Authorized Dealers, dan mitra e-commerce eksklusif kami, JD.ID.

Terdapat juga kegiatan dan promosi spesial yang dihadirkan pada rangkaian kegiatan Consumer Launch di Central Park Mall, Jakarta pada tanggal 21-25 September 2022. Pelanggan yang melakukan pre-order di kegiatan consumer launch ini akan mendapatkan tambahan eksklusif merchandise dari kolaborasi ROG X ONIC Esports. Selain itu, terdapat beberapa kegiatan menarik lainnya, seperti Talk Show dan Gaming Coach bersama ONIC Esports Team, Meet and Greet dengan ROG Goddess, RRQ Hide Esports team, Gaming Battle, turnamen Call of Duty Mobile dan Free Fire, serta aktivitas dengan hadiah-hadiah menarik lainnya.

Latest articles

Related articles