Tak Lakukan Ritual Penyucian, Proses Pengembangan Game Fatal Frame Diganggu Hal Mistis

ENSIPEDIA.ID, PEKANBARU – Fatal Frame merupakan game survival horror yang banyak mengandung unsur budaya Jepang. Baik dari latar tempat maupun hantu yang dihadapi, tidak akan jauh dari budaya negeri sakura ini.

Sebagai game horror, tentu Fatal Frame akan kental kaitannya dengan hal-hal mistis yang menakutkan. Ada sebuah budaya di Jepang ketika sesaat akan membuat game horror, pihak staff developer akan melakukan upacara penyucian agar terhindar dari gangguan mistis selama proses pengembangan game berlangsung.

Berdasarkan informasi dari blog Xbox, sang kreator Fatal Frame yakni Makoto Shibata, memutuskan untuk tidak melakukan ritual penyucian. Hal itu sengaja ia lakukan dengan harapan mereka akan diganggu hal mistis saat proses pengembangan game sehingga bisa memberikan inspirasi untuk game horror-nya.

Hal mistis pun benar-benar terjadi dan menginterupsi pekerjaan mereka. Seperti saat sesi rekaman audio, suara misterius tiba-tiba muncul yang sontak hal itu membuat sesi rekam menjadi terganggu. Mereka terus berusaha untuk menghapus suara misterius tersebut dari hasil rekaman. Namun selalu gagal sehingga Shibata pun menyerah dan suara misterius tersebut masih ada dan ikut masuk ke dalam game.

Hal mistis juga menginspirasi Shibata untuk membuat Mask of the Lunar Eclipse. Insipirasi ini datang ketika Shibata berkunjung ke sebuah hotel pemandian air panas. Saat itu ia bangun tengah malam dan melihat seorang pria tak dikenal berdiri di seberang lorong hotel. Shibata pun mendekati sosok tersebut namun pria tersebut melarikan diri.

Lalu Shibata mencoba mengejar pria tersebut untuk mencaritahu apakah ia manusia atau makhluk halus. Dari pengalaman tersebut ia tuangkan ke dalam game kreasinya sendiri.

Untuk pengerjaan game Mask of the Lunar Eclipse versi Wii, Shibata sekali lagi mendapatkan pengalaman mistis yang ia tuang ke dalam game tersebut. Ia pernah melihat hantu gadis muda yang mengelilingi sebuah meja pingpong sambil menyanyikan lagu yang isinya penyebutan angka namun menggunakan nada.

Itulah sedikit cerita tentang bagaimana Shibata mengalami hal-hal mistis selama tahap pengerjaan game-game buatannya. Tentu hal ini adalah hal yang unik di mana inspirasi game horror didapatkan dari pengalaman yang juga horror. Sasuga Makoto Shibata!

Narrator
Narrator
Penikmat gorengan. Penikmat lagu-lagu hardrock. Dan selalu berusaha menikmati hidup.

Latest articles

Related articles