Spek Semakin Gahar? Leaker Bocorkan Tanggal Rilis dan Spesifikasi Playstation 5 Pro

ENSIPEDIA GAMES, Salatiga – PlayStation 5 dirilis pada bulan November 2020, dan hampir tiga tahun kemudian, gamers sudah tidak sabar menantikan versi Pro-nya. Rumor tentang kehadiran Playstation 5 Slim dan Playstation 5 Pro telah menyebar luas selama berbulan-bulan.

Berdasarkan rumor terbaru dari leaker ternama Tom Henderson, PS5 Pro akan memiliki kode nama ‘Trinity’ dan kemungkinan akan dirilis pada bulan November 2024.

Rumor ini semakin diperkuat dalam bocoran dokumen kasus Microsoft di pengadilan melawan regulator pasar AS FTC, Microsoft dan Xbox membocorkan rencana Sony bahwa mereka akan merilis setidaknya satu konsol baru menjelang akhir tahun ini.

Sejak PlayStation pertama kali dirilis di Jepang pada tahun 1994, Sony selalu meluncurkan setidaknya satu versi yang direvisi dari konsol generasi tersebut, baik itu dalam bentuk desain yang lebih kecil atau dalam spesifikasi yang lebih besar. Untuk PS5 Pro nanti akan mengambil langkah dimana mereka akan mematok hardware yang lebih kuat dibandingkan versi biasa.

PlayStation 5 Pro diharapkan membawa gaming definisi ultra tinggi (Ultra High Definition) ke level berikutnya dengan grafis 8K yang memukau. Beberapa studio dan developer kabarnya sudah mendapatkan development kit PS5 Pro pada November 2023 nanti.

Dari segi teknis, PS5 Pro dikabarkan akan memiliki 30 WGP (workgroup processor), memori 18000 mts, ray-tracing, dan akan menargetkan frame rate yang konsisten pada resolusi 4K. Selain itu, akan ada mode “performance” yang mana akan meningkatkan resolusi sebesar 8K.

Terkait harga, berbagai bocoran sebelumnya menyebutkan bahwa PlayStation 5 Pro akan dijual dengan harga antara £600 (11,6 juta rupiah) hingga £700 (13,6 juta rupiah). Jika spesifikasi yang disebutkan ini benar adanya, maka sangat wajar apabila Sony mematok harga yang cukup tinggi.

Latest articles

Related articles