Skull Island: Rise of Kong, Game King Kong Terbaru Yang Jadi Bulan-bulanan Gamers

ENSIPEDIA.ID, LAMPUNG – Pada tanggal 17 Oktober, gim Skull Island: Rise of Kong dirilis di platform Steam. Kemungkinan Anda telah melihat klip dan gambar-gambar dari gim ini jika Anda menggunakan berbagai media sosial. Banyak algoritma dan komunitas gamer mencapai kesimpulan yang sama: ini adalah sumber komedi emas, dan orang-orang menikmati mengolok-oloknya. Lebih jauh, permainan ini dibandingkan dengan Lord of the Rings: Gollum dari Daedalic, yang oleh beberapa orang disebut sebagai permainan terburuk tahun ini (meskipun memang tidak luar biasa, label seperti itu mungkin terlalu berlebihan).

Namun, apa yang membuat permainan King Kong ini memicu reaksi kolektif yang begitu besar? Permainan ini dikembangkan oleh Iguanabee Entertainment, sebuah studio asal Chili yang tampaknya bergantung pada pengembangan judul berlisensi untuk mendanai proyek-proyek aslinya. Mereka sering menciptakan permainan yang berfokus pada merek-merek anak-anak, seperti GI Joe: Operation Blackout pada tahun 2020, yang mendapat ulasan campuran di Steam.

Model bisnis seperti ini telah lama menjadi cara bagi studio kecil dan menengah untuk bertahan. Bahkan studio sebesar PlatinumGames juga mengikuti model serupa. Namun, yang menarik perhatian adalah bahwa permainan asli yang dikembangkan oleh studio ini sering mendapatkan ulasan lebih baik daripada produk berlisensi, yang sering kali hanya dianggap “cukup rata-rata.”

Skull Island: Rise of Kong sepenuhnya mengikuti pola ini, dan tampaknya ditujukan kepada pemain muda, mungkin dengan harapan untuk menarik penonton yang sudah menyukai serial animasi Skull Island di Netflix. Hak cipta King Kong sendiri sudah lama menjadi masalah yang rumit, dan ini telah menjadi dilema sepanjang sejarah karakter tersebut.

Skull Island: Rise of Kong bisa dianggap sebagai permainan berlisensi klasik. Ini adalah gim platformer 3D yang sederhana dengan beberapa kekurangan, sebuah merek besar yang diharapkan dapat menjual beberapa kopi, dan beberapa adegan pemotongan yang sangat buruk. Mungkin merek King Kong adalah faktor utama yang membuat gim ini mendapatkan popularitas yang tak diinginkan. Semua orang tahu siapa King Kong, dan membandingkannya dengan flop terbaru seakan menjadi langkah yang wajar.

Terlebih lagi, ada hubungan dengan Peter Jackson yang menghubungkan permainan ini dengan Lord of the Rings: Gollum. Kepopuleran Lord of the Rings sebagian besar berkat trilogi film Peter Jackson, yang juga pernah menyutradarai reboot King Kong yang kemudian diikuti oleh permainan video mewah dari Ubisoft. Banyak orang membandingkan permainan King Kong tahun 2005 dengan rilis baru ini, tetapi perbandingan ini mungkin tidak adil.

Permainan King Kong versi Peter Jackson tahun 2005 adalah permainan yang ambisius dan di banyak bagian sangat menyenangkan. Hal ini diproduksi oleh salah satu pengembang terbesar di dunia dengan keterlibatan langsung Jackson, dan permainan ini didesain untuk menjadi pendamping sejati bagi film Hollywood. Perbandingannya dengan Skull Island: Rise of Kong mungkin masuk akal dalam hal materi, tetapi juga terasa kurang relevan. Ini adalah permainan yang diproduksi dalam skala yang berbeda, dengan tingkat sumber daya yang berbeda.

Namun, perlu diakui bahwa Skull Island: Rise of Kong bukanlah permata tersembunyi yang seharusnya mendapat perlakuan buruk. Ada masalah serius dalam bentuk bug dan glitch, terutama saat adegan pemotongan. Hari ini, merilis permainan dengan masalah semacam ini hampir sama saja dengan mengundang kritik pedas dari komunitas gamer, dan internet telah memberikan respon yang keras.

Banyak orang menggali setiap detail gim ini untuk menemukan kekurangannya dan memberikan label “permainan terburuk tahun 2023.” Yang perlu dicatat adalah bahwa momen-momen buruk ini mungkin hanya sebagian kecil dari keseluruhan pengalaman bermain. Meskipun Skull Island: Rise of Kong mungkin terlihat rata-rata, ada banyak permainan lain yang jauh lebih buruk, dan kemungkinan anak-anak muda yang menyukai animasi Kong di Netflix akan menikmati gim ini, sama seperti generasi sebelumnya menikmati permainan berlisensi saat mereka masih anak-anak.

Skull Island saat ini menjadi bahan kritik yang hebat di dunia game. Kritik terhadap permainan buruk adalah hal yang wajar, namun saat ini tampaknya kritik telah melampaui batas. Produk-produk seperti ini dianggap sebagai usaha untuk mengecoh konsumen dan dihancurkan tanpa ada simpati terhadap kondisi pembuatnya. Mungkin King Kong adalah lisensi yang sempurna untuk menggambarkan situasi ini, karena karakter tersebut selalu menuai perhatian yang besar.

Dalam dunia game yang semakin kompleks ini, kita sering lupa bahwa di balik setiap permainan buruk terdapat usaha dan kerja keras dari pengembang yang mungkin tidak selalu berhasil. Sebelum kita menghakimi sepenuhnya, mungkin saatnya kita memberikan sedikit empati terhadap “sifat binatang” dalam dunia game. Meskipun begitu, dalam hal ini, tampaknya lisensi King Kong memang cocok sebagai subjek kontroversi dan perdebatan panjang.

Narrator
Narrator
Penikmat gorengan. Penikmat lagu-lagu hardrock. Dan selalu berusaha menikmati hidup.

Latest articles

Related articles