Sering Salah Paham, Inilah Perbedaan Earphone, Headphone dan Headset

ENSIPEDIA.ID, PEKANBARU – Sebagian besar masyarakat Indonesia tentu tau dengan aksesoris headset yang mengisi waktu luang kita dengan musik atau podcast. Benda ini sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Namun, kerap kita jumpai penyebutan nama yang salah pada benda satu ini. Karena apa yang masyarakat sebut sebagai headset nyatanya bukan headset namanya. Lalu apa namanya?

Ada 2 benda lainnya yang serupa dan punya fungsi yang serupa pula. Mereka sama-sama bisa membuat kita mendengar audio secara jelas langsung di telinga kita. Mereka adalah Earphone, Headphone dan Headset.

1. Earphone

Earphone bisa dikatakan penerus dari headphone. Headphone punya bentuk yang besar sedangkan earphone memiliki bentuk fisik yang jauh lebih kecil. Earphone lebih efektif dari headphone karena dia merupakan speaker in-ear.

2. Headphone

Headphone merupakan aksesoris alat sederhana yang hanya bisa digunakan untuk mendengarkan audio saja sehingga alat ini hanya cocok untuk mendengarkan audio seperti musik atau podcast.

3. Headset

Headset merupakan headphone dengan penambahan mikrofon sehingga alat ini tidak hanya bisa digunakan untuk mendengarkan audio melainkan juga bisa digunakan untuk berkomunikasi. Sehingga alat ini cocok untuk media sosial seperti Skype.

Itulah 3 penjelasan mengenai 3 benda yang berbeda. Jadi semoga setelah membaca ini kalian tidak keliru lagi dalam menyebut nama ketiga benda ini ya ges ya.

Narrator
Penikmat gorengan. Penikmat lagu-lagu hardrock. Dan selalu berusaha menikmati hidup.

Latest articles

Related articles