Saudi Arabia Siap Gelontorkan Dana 581 Triliun Untuk Investasi di Bidang Game Dan Esports

ENSIPEDIA GAMES, Salatiga – Industri video game yang semakin meningkat membuat berbagai investor tergiur untuk berinvestasi pada perusahaan dan developer video game. Nah Kerajaan Saudi Arabia kini dikabarkan siap merogoh kocek dalam untuk terjun dalam dunia bisnis video game.

Pemerintah Saudi Arabia kini berambisi untuk menjadi global hub dan pusat utama dalam bidang video game dan Esports. Untuk mewujudkan tujuannya, Saudi Arabia siap menggelontorkan dana sebesar USD 38 miliar atau sekitar 581 triliun rupiah.

Savvy Games yang dimiliki oleh Public Investment Funds (PIF) Saudi Arabia akan menggunakan 70 miliar riyal (USD 19 miliar) untuk melakukan investasi di perusahaan yang akan membantu menumbuhkan Savvy Games.

Sebagai langkah awalnya, Savvy Games Group kini tengah mencoba mengakusisi salah satu game publisher raksasa yang dirahasiakan namanya. Kabarnya proses akusisi ini akan membutuhkan dana yang sangat fantastis, yakni sekitar USD 13 miliar atau 199 trilun rupiah.

Ketua Savvy Games Group sekaligus Putra Mahkota Mohammed bin Salman berharap rencana ini bertujuan menciptakan 39.000 pekerjaan dan meningkatkan PDB sebesar 50 miliar riyal ($ 13,3 miliar) pada tahun 2030 lewat bidang game dan Esports.

“Kami memanfaatkan potensi yang belum dimanfaatkan di seluruh sektor esports dan game untuk mendiversifikasi ekonomi kami, mendorong inovasi di sektor ini dan lebih jauh lagi meningkatkan penawaran kompetisi hiburan dan esports di seluruh Kerajaan,” kata Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

Latest articles

Related articles