Regulator Inggris Beri Lampu Hijau untuk Kesepakatan Besar Microsoft-Activision

ENSIPEDIA.ID, LAMPUNG – Microsoft telah melewati serangkaian perjuangan panjang untuk mendapatkan persetujuan akuisisi Activision Blizzard, dan tampaknya akhirnya akan menyelesaikannya pada bulan Oktober setelah Inggris memberikan lampu hijau untuk kesepakatan tersebut.

Pada bulan April, Otoritas Persaingan dan Pasar Inggris (CMA) mengeluarkan “Laporan Akhir” mereka terkait akuisisi ini, menyebutkan kekhawatiran persaingan dalam industri cloud gaming di Inggris. Sejak saat itu, Microsoft telah menghadapi tantangan dengan berhasil mengalahkan Federal Trade Commission (FTC) AS di pengadilan, memperoleh persetujuan dari regulator utama Uni Eropa, dan menegosiasikan kesepakatan dengan pesaing utamanya, Sony, untuk menyediakan game Activision di platform PlayStation selama sepuluh tahun.

Namun, pada bulan Agustus, Microsoft terpaksa mengajukan kembali kesepakatan Activision Blizzard untuk direview setelah CMA mengonfirmasi penolakan terhadap kesepakatan awal. Kesepakatan yang direvisi ini melibatkan penjualan hak cloud gaming Activision kepada Ubisoft, memberi Ubisoft kebebasan untuk memporting versi cloud dari game Activision Blizzard ke berbagai platform.

Pada hari ini, 22 September, CMA mengumumkan bahwa kesepakatan baru ini mengatasi kekhawatiran sebelumnya dan “membuka pintu bagi persetujuan akuisisi ini.” Microsoft sekarang memiliki batas waktu hingga 18 Oktober untuk menyelesaikan transaksi ini, dan tampaknya hal ini sudah pasti akan terjadi.

Meskipun CMA mengungkapkan “kekhawatiran residu” terkait beberapa ketentuan dalam penjualan hak streaming cloud Activision kepada Ubisoft, Microsoft telah mengajukan solusi untuk memastikan ketentuan tersebut dapat ditegakkan sesuai dengan persyaratan CMA. CMA kini secara sementara telah menyimpulkan bahwa langkah-langkah perlindungan tambahan ini akan mengatasi kekhawatiran residu tersebut dan sekarang sedang melakukan konsultasi tentang solusi ini sebelum membuat keputusan akhir.

Sarah Cardell, CEO CMA, mengkritik Microsoft karena tidak mengajukan kesepakatan baru ini lebih awal, sambil mengingatkan bahwa persaingan, inovasi, dan pilihan dalam industri cloud gaming harus terjaga. Meskipun terlambat, Microsoft telah secara substansial merestrukturisasi kesepakatan ini untuk mengatasi kekhawatiran CMA.

Presiden Microsoft, Brad Smith, mengomentari perkembangan positif dalam proses review CMA ini dan menekankan bahwa mereka akan terus berusaha memperoleh persetujuan penutupan sebelum batas waktu 18 Oktober.

Dalam sebuah email kepada karyawan, bos Activision Blizzard, Bobby Kotick, menyatakan bahwa persetujuan CMA adalah langkah penting dalam menyelesaikan penggabungan perusahaan mereka. Ia juga menyatakan keyakinannya bahwa Microsoft akan membawa peluang besar dalam penciptaan game yang lebih baik.

Sekarang, perhatian beralih ke integrasi bisnis Activision Blizzard oleh Microsoft dan masa depan game populer seperti Call of Duty. Dalam wawancara pada bulan Agustus dengan IGN, Phil Spencer, bos Xbox, menekankan bahwa ada pekerjaan yang perlu dilakukan untuk menghadirkan game Activision Blizzard ke dalam layanan Game Pass setelah kesepakatan ini selesai. Hal ini menunjukkan bahwa meskipun kesepakatan telah disetujui, masih ada tantangan teknis yang harus diatasi sebelum pemain dapat menikmati game tersebut dalam portofolio Game Pass.

Narrator
Narrator
Penikmat gorengan. Penikmat lagu-lagu hardrock. Dan selalu berusaha menikmati hidup.

Latest articles

Related articles