Post-Game Depression, Timbulnya Rasa Hampa Setelah Menamatkan Game

ENSIPEDIA GAMES, Salatiga – Mungkin kalian pernah merasakan hampa atau kegalauan setelah menamatkan game yang kalian mainkan selama berjam-jam atau bahkan berhari-hari. Nah jika kalian merasakannya, mungkin kalian mengalami sindrom Post-Game Depression.

Post-Game Depression merupakan sindrom yang membuat orang merasakan kehilangan atau kehampaan setelah menamatkan game. Sindrom ini tak terbatas pada game saja, kalian juga bisa merasakan ini setelah menonton Film, menamatkan TV Series, membaca buku, dan lain sebagainya.

Hal ini disebabkan oleh pemain yang telah menjalin rasa simpati terhadap game terlalu dalam. Saat memainkan game yang ia sukai, pemain merasa tenggelam di cerita yang indah dan dunia yang menakjubkan. Setelah menamatkan game yang ia cintai, pemain akan merasa kehilangan karena menganggap ia telah berpisah dengan dunia yang ia cintai.

Sindrom ini dapat menyebabkan pemain tidak menikmati game baru yang dimainkan karena masih terbawa dengan suasana game yang sebelumnya ia tamatkan. Jika berlarut-larut pemain bisa saja merasa tak tertarik bermain game sama sekali.

Bagi kalian yang merasakan hal tersebut, tenang saja. Post-Game Depression bukanlah penyakit mental yang serius. Menurut peneliti hal ini wajar karena menunjukkan simpati dan hubungan emosional yang sehat antara pemain dan game yang ia mainkan.

Nah bagi kalian yang terkena sindrom Post-Game Depression, Ensipedia GameTech bakal memberikan beberapa tips bagaimana cara menghilangkan rasa kegalauan yang disebabkan oleh Post-Game Depression.

Mencoba Hal-Hal Baru Diluar Bermain Game

Salah satu cara efektif menghilangkan Post-Game Depression adalah menyibukkan diri dengan hal-hal lain seperti beraktivitas atau bercengkerama dengan orang lain. Dengan ini kamu akan perlahan melupakan rasa kehampaan dengan kesibukan lain.

Lebih baik lagi jika kamu melakukan aktivitas di dunia nyata dan mencoba beristirahat dari bermain game selama satu atau dua minggu.

Berinteraksi Dengan Para Penggemar Lain

Jika kamu merasa kehampaanmu terlalu dalam, mencari komunitas game yang pernah kamu tamatkan bisa jadi solusi yang bagus. Cobalah mencari komunitas lewat Reddit atau Discord dan berbincang-bincang dengan fans lain.

Berinteraksi dengan pemain lain yang juga terkena Post-Game Depression dapat meringankan rasa kegalauan sekaligus mendapatkan relasi baru.

Latest articles

Related articles