Pemblokiran PSE Is Real, Kominfo Memblokir Steam & EGS

ENSIPEDIA.ID, PEKANBARU – Mulai hari ini, 30 Juli 2022, Steam tidak akan bisa diakses oleh gamer Indonesia. Lantaran Steam tidak mendaftar Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Indonesia. Dengan ini Kominfo resmi memblokir Steam mulai hari ini hingga waktu yang belum ditentukan. Situs beli game lainnya pun bernasib sama seperti Epic Games dikarenakan alasan yang sama juga.

Semuel Abrijani selaku Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo menyebut bahwa tenggat waktu untuk mendaftar PSE adalah sampai pukul 23.59 WIB.

“Kalau mereka belum mendaftar sampai dengan pukul 23.59 (WIB), saya sekali lagi minta maaf kepada masyarakat untuk layanan ini sementara waktu, sambil menunggu mereka melengkapi pendaftaran, tidak bisa diakses dari Indonesia,” ungkap Semuel pada media.

Namun kalian para gamer tak perlu bersedih karena Semuel memastikan pemblokiran ini belum bersifat permanen. Jika pihak bersangkutan mengajukan pendaftaran setelah terblokir maka pemblokiran tersebut akan dicabut.

“Untuk normalisasi itu tergantung mereka. Mereka begitu mendaftar dan mengajukan bahwa saya sudah mendaftar, kita akan buka pemblokirannya,” jelas Semuel.

Wah ternyata pemblokiran PSE is real ya gaes. Kita lihat saja bagaimana pemerintahan menjalankan PSE ini kedepannya. Akan kah seserius mereka saat memblokir situs-situs seperti saat ini?

Narrator
Penikmat gorengan. Penikmat lagu-lagu hardrock. Dan selalu berusaha menikmati hidup.

Latest articles

Related articles