Peluncuran Game Retail Final Fantasy XVI Menjadi yang Tersukses Sepanjang Sejarah Ekosistem PS5

ENSIPEDIA GAMES, Kota Bandung – Sebelum jadwal perilisan, Square Enix sempat khawatir dengan jumlah pre-order Final Fantasy XVI yang tidak memenuhi target penjualan, bahkan jumlah yang didapatkan lebih sedikit dari seri utama Final Fantasy sebelumnya, yaitu Final Fantasy XV. Namun tidak perlu panik mendengar kabar tersebut, mengingat gamenya sekarang sudah sukses menjual lebih dari 3 Juta copy di seluruh dunia dan juga telah berhasil memecah rekor peluncuran retail di Jepang paling laris untuk kategori game PS5.

Menurut informasi yang disampaikan oleh Famitsu, Final Fantasy XVI berhasil menjual lebih dari 336,000 physical copies dari awal peluncuran. Jumlah tersebut jauh melampaui rekor sebelumnya yang dipegang Elden Ring sebanyak 90,000 copies, kemudian disusul Resident Evil 4 Remake dengan jumlah sedikit lebih tipis sebanyak 89,000 copies.

Belum sampai disana, perhitungan sebelumnya hanya berdasarkan penjualan fisik dan tidak terhitung dengan penjualan digital. Jika dihitung bersamaan, Final Fantasy XVI memiliki kemungkinan besar untuk menjadi video game PS5 dengan peluncuran paling laku sepanjang masa.

Meski angka tersebut terdengar masih sedikit, namun perlu diketahui bahwa pasar di Jepang berbeda dibanding dengan wilayah barat. Nintendo telah mendominasi pasar video games di Jepang sejak lama, membuat Xbox dan PlayStation kesulitan untuk bersaing di Jepang. Namun Final Fantasy XVI yang menjadi eksklusif PlayStation memberi harapan pada Sony untuk mampu bersaing lebih baik lagi di masa mendatang.

Latest articles

Related articles