Pelajar Asyik Main Game, UTBK Pun Terlewatkan

ENSIPEDIA.ID, PEKANBARU – Bermain game memang mengasyikkan. Game bisa menjadi hiburan yang bagus bagi sebagian besar pemuda. Keasyikannya itu seringkali bisa membuat kita lupa waktu. Seperti cerita dari sebuah video di TikTok tentang bagaimana seorang anak melewatkan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) karena game.

Berdasarkan video yang beredar di TikTok diceritakan seorang siswa SMA melewatkan ujiannya karena lupa hari akibat terlalu asyik bermain game. Bahkan ia sudah meyakinkan orang tuanya bahwa ia akan lulus dan bisa diterima di universitas yang ia pilih.

Ia merasa menyesal dan bersalah akibat kelalaiannya tersebut. Ia pun juga merasa bersalah karena telah menyia-nyiakan uang pendaftaran UTBK yang sebesar Rp 200.000.

“Udah ngeyakinin mamah buat lulus UTBK, malah nggak ikut karena terlena dengan game. Ngerasa bersalah banget udah buang-buang duit,” tulis sang pemilik akun pada keterangan videonya.

Pemilik akun awalnya mengatakan kepada ibunya bahwa ia akan ujian pada 22 Mei.

Sang pemilik akun mengatakan pada ibunya ia akan melaksanakan ujian pada 22 Mei. Namun yang sebenarnya terjadi UTBK dilangsungkan pada 20 Mei. Dalam video tersebut ia mengaku belum berani memberitahu masalah ini pada orangtuanya.

“Jujur orang tua gua belum pada tau tentang ini dan gua bingung harus gimana sekarang. Gua dengan pedenya bilang sama emak gua kalau ujiannya tanggal 22, pas gua cek ternyata tanggal 20”.

Para pengguna TikTok pun menyarankan ia untuk mengikuti ujian mandiri saja saat mendaftar di universitas.

Unggahan tersebut telah dilihat hampir 300.000 penayangan dan disukai lebih dari 30.000 kali. Dan tentunya postingan tersebut menuai beragam komentar dari pengguna TikTok lainnya.

“Harusnya nyesel bukan karena masalah 200 ribunya, tapi harusnya nyesel karena harus ngulang UTBK tahun depan,” tulis akun @naufalnuurrr.

“Ya ampun bang, sumpah dah. Kok bisa sih bang, lalai karena kompetitif di game apa gimana?” komentar @kiahombing.

“Kok bisa bro? Gua h-3 aja udah gemeter ketar-ketir,” ketik @lustigkentank.

“Coba agak bijaksana pikirin hal ini ya, karena UTBK itu pelaksanaannya setahun sekali. Terus di masa pandemi kayak gini ujian mandiri kemungkinan masih ada jalur skor UTBK, bahkan Simak UI pun harus ikut UTBK dulu,” komen @knockwhosthere_

“Semoga Tuhan punya rencana yang lebih baik buat abangnya. Semangat dan jadiin pelajaran aja, masih ada jalur mandiri atau swasta atau universitas luar negeri,” sahut @moboboaja

Bermain game boleh-boleh saja ya ges ya. Tapi selalu ingat waktu dan jangan lupakan kewajiban kalian di dunia nyata. Baik buruknya game itu ada di tangan kalian yang menggunakannya. Media tidak pernah salah.

Narrator
Narrator
Penikmat gorengan. Penikmat lagu-lagu hardrock. Dan selalu berusaha menikmati hidup.

Latest articles

Related articles