6 Alasan Gamer PC Merasa Superior Dibanding Lainnya

ENSIPEDIA GAMES, Kota Bandung – Ketika berbicara tentang dunia gaming, pasti kalian mengenal berbagai macam platform game yang tersedia. Dari game console hingga smartphone, setiap platform memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun berbeda dengan lainnya, platform PC memiliki karakter yang lebih dominan, termasuk memiliki komunitas yang merasa superior ketika melihat platform lainnya.

Jika kalian sudah sering mengunjungi dan bergabung di komunitas game, tentu anda sudah tak asing dengan sebutan “PC Master Race”. Julukan tersebut umumnya dianggap sebagai bentuk pernyataan bahwa PC gamer yang berada diatas segalanya, terutama ketika membandingkan diri mereka dengan console gamer. Bahkan, komunitas gamer PC telah memiliki simbol serta musik sendiri yang seringkali membuatnya menjadi bahan meme di internet. Lalu, hal apa saja yang membuat PC gamer merasa lebih superior dibanding lainnya? Silahkan simak lebih lanjut.

1. Kustomisasi dan Fleksibilitas

Salah satu alasan utama mengapa gamer PC merasa lebih superior adalah karena kustomisasi dan fleksibilitas. PC memiliki banyak opsi kustomisasi yang memungkinkan gamer untuk meng-upgrade perangkat keras mereka secara individual. Selain itu, gamer PC dapat memilih sendiri komponen yang ingin mereka gunakan, seperti prosesor, kartu grafis, RAM, dan lain-lain. Dengan begitu, gamer PC dapat membangun PC gaming mereka sesuai dengan preferensi mereka dan meningkatkan performa dengan mudah.

2. Perkembangan Perangkat Keras Lebih Cepat

Dengan kebebasan gamer PC untuk melakukan kustomisasi pada perangkat mereka, mereka mampu untuk meningkatkan kemampuan PC mereka lebih cepat dan up-to-date. Berbeda dengan konsol yang harus menunggu beberapa tahun terlebih dahulu untuk mendapatkan peningkatan kemampuan perangkat keras yang membuat mereka seringkali telat dalam kompetisi performa dan kualitas grafis dalam dunia gaming.

3. Kinerja dan Kualitas Grafis

Gamer PC sering merasa lebih superior karena kinerja dan kualitas grafis yang lebih baik dibandingkan platform game lainnya. PC memiliki kemampuan untuk menjalankan game dengan kualitas visual dan frame rate yang lebih tinggi, yang memungkinkan pengalaman gaming yang lebih baik dan mulus. Selain itu, game PC juga memiliki opsi untuk mengatur kualitas grafis sesuai keinginan gamer, seperti memilih resolusi yang lebih tinggi, mengaktifkan efek visual yang lebih realistis, dan lain-lain.

4. Mods yang Tersebar di Internet

Berbeda dengan platform lain, game PC cenderung lebih terbuka sehingga memudahkan gamer untuk merubah konten dalam game yang ada. Hal tersebut disebut sebagai modding. Dengan modding, gamer PC dapat melakukan banyak hal yang berada diluar tangan developer, seperti meningkatkan performa, mengganti karakter, membuat kualitas grafis lebih realistis, dan masih banyak hal lainnya yang bisa dilakukan dengan modding.

5. Ketersediaan Game dan Harga yang Lebih Murah

Ketersediaan game dan harga yang lebih murah juga menjadi alasan mengapa gamer PC merasa lebih superior. Ada banyak game PC yang dapat diunduh secara online dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan game console atau smartphone, seperti contohnya ketika membandingkan game toko Steam yang jauh lebih murah dibandingkan PlayStation Store dan Nintendo eShop. Game PC juga memiliki lebih banyak pilihan game yang tersedia, karena banyak game indie dan game eksklusif PC yang tidak tersedia di platform game lainnya.

6. Komunitas yang Aktif

Gamer PC juga sering merasa lebih superior karena mereka memiliki komunitas yang aktif dan besar. Ada lebih banyak forum dan situs web komunitas yang didedikasikan untuk gamer PC, yang memungkinkan gamer untuk berinteraksi dengan sesama gamer, mendapatkan tips dan trik, serta membahas tentang perangkat keras dan permainan baru yang dirilis. Komunitas yang aktif dapat memberikan pengalaman gaming yang lebih baik dan membantu gamer untuk memperluas wawasan mereka tentang industri game.

Itulah beberapa alasan mengapa gamer PC merasa lebih superior dibanding platform game lainnya. Namun pada akhirnya, platform mana yang dipilih tergantung pada preferensi pribadi dan gaya bermain masing-masing gamer. Jika kalian adalah gamer yang lebih casual dan tidak terlalu memedulikan performa dan visual, kalian bisa menghemat banyak budget dengan membeli console yang sudah mendukung berbagai game terbaru. Tidak ada salahnya untuk melakukan hal tersebut, karena budget dan kebutuhan tiap gamer punya porsinya tersendiri.

Latest articles

Related articles