Mengenal Kidults, Ketika Orang Dewasa Memiliki Hobi Yang Sama Dengan Anak-anak

ENSIPEDIA GAMES, Salatiga – Mungkin beberapa dari kalian ada yang memiliki hobi yang biasanya dimiliki anak-anak seperti mengoleksi mainan, video game, dan sebagainya. Jika iya, mungkin kalian merupakan salah satu orang yang mengalami fenomena Kidults.

Kidults sendiri adalah sebuah fenomena dimana orang dewasa mempunyai hobi yang sama dengan anak-anak. Fenomena ini mulai menjamur dalam beberapa tahun belakangan ini, khususnya generasi Milenial dan Gen Z yang telah beranjak dewasa dan memiliki penghasilan tersendiri.

Penyebab boomingnya fenomena Kidults sendiri didorong oleh beberapa faktor, diantaranya adalah faktor nostalgia dimana para orang dewasa ingin merasakan keseruan pada masa kecil. Selain itu karena mereka telah memiliki penghasilan sendiri, para Kidults dapat membeli mainan yang mereka impikan semasa kecil.

Hobi yang dinikmati para Kidults biasanya tak terlepas dari hal yang mereka mainkan saat masa kecil, seperti Action Figure, Model Kit, video game, Diecast, dan mainan yang sempat booming dulu layaknya Tamiya, Beyblade, Yu-Gi-Oh!, Pokemon, dan lain sebagainya.

Hadirnya fenomena Kidults sendiri secara langsung turut mendongkrak pemasukan industri video game dan mainan. Menurut penelitian CNBC, para Kidults ini menyumbang lebih dari 60% penjualan mainan dan video game di Amerika Serikat.

Selain itu hadirnya Kidults juga membuat nilai harga mainan vintage semakin meroket. Seperti contohnya kartu 1999 Charizard First Edition PSA 10 dari TCG Pokemon yang sempat viral karena harganya meroket di pasaran hingga sebesar 420 ribu USD atau sekitar 6,5 miliar rupiah.

Latest articles

Related articles