Masalah BGP dan DNS Jadi Penyebab Facebook, Instagram, WhatsApp Down

ENSIPEDIA GAMES, Purworejo – Jagat maya dihebohkan setelah Facebook, Instagram, dan WhatsApp mengalami down ataupun gangguan yang membuatnya tidak dapat diakses. Ketiga layanan milik Facebook ini tercatat mengalami down sekitar 6 jam dari Senin malam (4/10) hingga Selasa pagi ini.

Dilansir dari The Verge, banyak pakar menyebut bahwa terjadinya down pada Facebook, Instagram, dan WhatsApp ini disebabkan oleh masalah pada BGP dan DNS. Namun, sebelumnya apa sih BGP dan DNS itu?

BGP dan DNS

BGP (Border Gateway Protocol) adalah salah satu jenis protokol routing yang digunakan untuk melakukan pertukaran informasi routing antar Autonomous System (AS). Gampangnya, BGP adalah sistem yang digunakan internet untuk mengarahkan lalu lintas internet kalian ke tempat yang dibutuhkan secepat mungkin. Karena ada banyak sekali penyedia layanan internet dan server berbeda (Autonomous System) yang bertanggung jawab atas paket kalian yang sampai ke tempat yang tujuan, sehingga ada juga banyak rute berbeda yang bisa dilalui paket kalian untuk sampai ke tujuan. Nah, tugas BGP disini adalah menunjukkan jalan dan memastikan itu adalah rute terbaik.

Facebook
Ilustrasi BGP | Cloudflare

Sementara itu, DNS atau Domain Name System adalah sebuah sistem yang digunakan untuk menerjemahkan alamat domain ataupun nama situs menjadi IP address yang dapat dibaca oleh komputer. Bayangkan jika tanpa DNS, saat ingin mengunjungi sebuah website, kalian harus memasukkan IP address secara lengkap. Kalau satu atau dua website mungkin masih mudah dihafal, tapi jika ada puluhan hingga ratusan website yang ingin kalian kunjungi dan harus memasukkan satu per satu alamat IP, tentu sangatlah menyulitkan. Inilah mengapa DNS diciptakan karena pada dasarnya manusia akan lebih mudah mengingat kata daripada angka angka.

Apa hubungannya BGP dengan DNS?

Sederhanyanya, DNS memberi tahu ke mana kalian pergi, dan BGP memberi tahu kalian cara menuju ke sana. Seperti yang dijelaskan di atas, DNS akan memudahkan kalian mencari alamat yang kalian tuju, tapi sebenarnya ini tidaklah cukup untuk sampai ke tujuan. Ini seperti halnya kalian bertanya alamat rumah seseorang. Kalian mungkin punya alamatnya, tapi kalian akan tetap butuh bantuan peta ataupun GPS untuk sampai ke sana.

Apa yang sebenarnya terjadi pada Facebook?

Dilansir dari laman FB engineering, Facebook mengatakan bahwa gangguan ataupun down ini disebabkan oleh perubahan konfigurasi pada router backbone yang mengoordinasikan lalu lintas jaringan antara pusat data Facebook. Hal ini kemudian menyebabkan efek berjenjang pada cara pusat data Facebook berkomunikasi, yang membuat layanannya terhenti.

Namun, sebelumnya CTO Cloudflare, John Graham-Cumming melaporkan bahwa dirinya melihat banyak pembaruan BGP dari Facebook (sebagian besar adalah penarikan rute, atau menghapus garis di peta yang mengarah ke Facebook). Tanpa rute BGP ke jaringan Facebook, server DNS Facebook sendiri tidak akan dapat dijangkau sehingga terjadinya down pada Facebook, Instagram, dan WhatsApp.

Ya, walau sekarang sudah kembali normal, namun terjadinya gangguan ataupun down ini menyebabkan saham Facebook merosot sebesar 5% dan membuat pemilik Facebook Mark Zuckerberg mengalami kerugian hingga miliatan dollar.

Latest articles

Related articles