Manfaatkan Fitur Android 13, Developer Ini Berhasil Jalankan Windows 11 Pada Ponsel Android

ENSIPEDIA GAMES, Salatiga – Beberapa waktu lalu Google merilis Developer Preview untuk Android 13. Dan kini seorang developer telah memanfaatkan salah satu fitur terbaru dalam Android 13 untuk menjalankan Windows 11 di ponsel Android.

Seorang developer bernama kdrag0n berhasil menjalankan Windows 11 ARM dan Desktop Linux pada ponsel Google Pixel 6 miliknya yang mendapatkan support Developer Preview Android 13. Untuk menginstal Windows 11 pada Android 13, kdrag0n mengeksploitasi salah satu fitur terbaru yakni Virtualization Support.

Cara kerjanya, kdrag0n menggunakan fitur Virtualization yang dapat digunakan untuk membangun Virtual Machine (VM) dengan KVM Hypervisor. Nah pada Virtual Machine inilah kdrag0n dapat menginstal baik Linux maupun Windows 11 ARM.

Tidak hanya itu, kdrag0n juga mengetes apakah VM Windows 11 ARM ini juga dapat menjalankan game Windows. Ia kemudian mencoba untuk memainkan game DOOM (1993) dan berhasil berjalan dengan sangat lancar.

kdrag0n menjelaskan bahwa fitur Virtualization pada Android 13 ini sejatinya berfungsi untuk keamanan, dan fitur ini jauh dari sempurna. Maka dari itu beberapa fungsi seperti GPU Acceleration dan Nested Virtualization masih belum dapat digunakan sehingga kebanyakan aplikasi Windows maupun Linux belum bisa dijalankan.

Namun terlepas dari itu tentunya sangat menarik melihat perkembangan OS Android yang semakin pesat hingga kini dapat menjalankan sistem operasi desktop seperti Windows 11 atau Linux pada perangkat mobile.

Latest articles

Related articles