Kominfo Rencanakan Pembangunan Jaringan 5G Merata Pada Tahun 2025

ENSIPEDIA GAMES, Salatiga – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berencana untuk memperluas jaringan 5G di seluruh daerah Indonesia pada tahun 2025.

Dirjen SDPPI Kementerian Kominfo, Ismail mengungkapkan bahwa pembangunan infrastruktur 5G diperkirakan akan lebih cepat dibandingkan pembangunan jaringan 4G lalu. Sebelumnya pembangunan 4G membutuhkan waktu kurang lebih 6-7 tahun dan masih berlanjut hingga sekarang.

“Maka, 5G tentu kita harapkan akan lebih cepat dari itu. Waktunya sejak diimplementasikan, kita harapkan 2024-2025 sudah bisa meluas dan merata seperti halnya kondisi 4G seperti sekarang,” ujar Ismail.

Ismail juga menjelaskan seiring perkembangan dan kebutuhan digital masyarakat Indonesia, maka perluasan dan pemerataan jaringan 5G merupakan hal yang sangat vital dan menjadi prioritas utama bagi Pemerintah Indonesia khususnya Kominfo.

“Perkembangan teknologi, apalagi yang sudah bersifat global seperti 5G tentu akan hadir ke semua negara termasuk di Indonesia. Posisi kita juga sangat jelas bahwa 5G adalah salah satu alternatif solusi untuk meng-enhance dan mempercepat proses transformasi digital di Indonesia,” jelas Ismail.

Kemudian Ismail menekankan kunci dari berhasilnya pemerataan 5G pada tahun 2025 nanti adalah ketepatan waktu dan ketepatan sasaran dalam perencanaan pembangunan infrastruktur jaringan 5G.

“Kata kuncinya adalah in time, tepat waktu dan tepat sasaran yang selalu menjadi isu dan pembahasan, baik dari kementerian atau pemerintah dan regulator dengan para operator,” kata Ismail.

Latest articles

Related articles