Iphone 13 Secara Resmi Telah Dirilis, Upgradenya Apa Saja?

ENSIPEDIA GAMES, Denpasar – Setiap bergantian tahun tentunya Apple akan merilis produk iPhone terbarunya. Pada tahun ini, Apple merilis seri iPhone 13 dimana pada seri ini terdapat empat versi iPhone 13 yang dirilis, yakni: iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, iPhone 13 Pro Max. Jadi pada tahun ini, apa saja yang diupgrade dari lini iPhone 13 dari generasi sebelumnya yakni lini iPhone 12?

Apple merilis empat iPhone lagi di tahun ini dengan spesifikasi yang bisa dikatakan sangat mirip satu sama lainnya, saking miripnya mungkin pembeda yang paling terasa adalah harga yang dijual untuk masing masing versi iPhone 13 tersebut. Secara garis besar, berikut merupakan spesifikasi singkat dari seri iPhone 13:

  • Soc : Apple A15 Bionic (5nm)
  • GPU : 4-Core graphics / 5-Core graphics (Pro)
  • CPU : Hexa core (2+4 Core)
  • penyimpanan : 128GB, 256GB, 512GB, 1TB (Seri Pro). NVME.
  • RAM : 6GB, 8GB (Seri Pro)
  • Layar : Super XDR OLED (Sustained: 800 nit / 1000 nit (Seri Pro); Peak: 1200 nit) @60Hz/@120Hz (Seri Pro)

Apa saja upgradenya?

Pertanyaan tersebut mungkin pertanyaan paling pertama yang akan ditanyakan oleh para calon pembeli dari iPhone 13, sejujurnya tidak terlalu banyak upgrade yang dibawa, bisa dikatakan iPhone 13 merupakan penyegaran dari iPhone 12 bukan seperti upgrade besar besaran.

Performa

Tentu saja, setiap perilisan iPhone generasi baru Apple akan terus meningkatkan performa dari SoC Apple A Bionic Seriesnya, tidak terkecuali ini. Apple mengklaim bahwa Apple A15 Bionic ini merupakan SoC terkencang yang ada di ponsel saat ini, kalian mungkin bisa mempercayai klaim ini mengingat track record perilisan iPhone generasi terbaru pasti saja iPhone memuncaki skor benchmark. Bukankah itu sudah kita ekspektasikan bukan? Setidaknya, untuk versi Pro memiliki jumlah GPU core lebih banyak versi non-Pro.

Layar

Upgrade terbesar dari layar ini bukan ada pada jenis panel yang digunakan ataupun peak brightness yang tinggi, melainkan refresh rate yang mencapai 120Hz pada seri iPhone 13 Pro namun untuk seri non-pro tentu saja akan mentok di 60Hz. Setidaknya semua seri dari iPhone 13 mempunya peak brightness diatas 1200 nit, ini sangat berguna untuk mengkonsumsi konten HDR.

Kamera

Apple sangat banyak membicarakan tentang kamera yang ada di iPhone 13, seperti performa dari low-light lebih baik daripada generasi iPhone sebelumnya ataupun ada fitur “cinematic” video yang cuma ada di generasi iPhone 13. Lupakan semua fitur yang berdasarkan dari software tersebut, secara teknis kalian akan mendapatkan sensor dan arsitektur elemen lensa yang baru hanya pada seri Pro saja, dan yang “non-pro” menggunakan sensor dan lensa yang sama yang ada di iPhone 12 seri Pro. Itu bukanlah hal yang buruk, tetap saja sebuah upgrade tapi kita sudah berekspetasikan tentang itu bukan? Ditambah lagi kamera dari seri iPhone 12 pro saja sudah bagus.

Namun, jangan terkecoh dari segala fitur baru yang dibawa atau performa low-light yang kata Apple sangat superior, upgrade yang paling utama dari sektor kamera adalah adanya format RAW dan format ProRes. Sebuah fitur yang memang esensial untuk produk “Pro” namun Apple baru saja membawa itu ke generasi iPhone 13.

NOTCH LITE EDITION

Setelah 4 generasi iPhone, akhirnya Apple bisa memperkecil ukuran dari notch iPhone.

iphone 13 Pro

iphone 13

Alit Putra
Alit Putra
Im just a regular guy, who have interested in technology

Latest articles

Related articles