GTA: The Trilogy – The Definitive Edition: Harga, Tanggal Rilis, dan Semua Hal yang Perlu Kamu Ketahui

ENSIPEDIA GAMES, Purworejo – Awal bulan ini, Rockstar akhirnya mengumumkan GTA: The Trilogy – The Definitive Edition setelah banyaknya rumor dan spekulasi yang muncul sepanjang tahun ini. Kalau kalian mengikuti berita mengenai remaster GTA Trilogy ini, kalian tentu tau saat pertama kali terdapat laporan mecatat bahwa Take-Two mempunyai 3 game remaster yang belum diumumkan, dan berlanjut ketika Rockstar mulai takedown mod terkenal hingga bocornya asset game tersebut dari Rockstar Game Launcher sebelum akhirnya resmi diumumkan.

Yang sangat disayangkan ketika diumumkan waktu itu, Rockstar hanya menyertakan teaser trailer yang membuat para fans masih penasaran dengan wujud GTA: The Trilogy – The Definitive Edition itu sendiri. Namun, dua minggu kemudian bertepatan dengan anniversary GTA III yang ke-20 pada 22 Oktober lalu, Rockstar akhirnya merilis trailer serta detail lengkap mengenai edisi remaster dari GTA Trilogy tersebut.

Nah, untuk semakin mendalaminya menjelang jendela perilisan, mari kita kupas tuntas semua hal mengenai GTA: The Trilogy – The Definitive Edition.

Apa itu GTA: The Trilogy – The Definitive Edition ?

Grand Theft Auto: The Trilogy – The Definitive Edition sendiri merupakan kompilasi versi remaster dari tiga game GTA klasik yang terdiri dari GTA III (2001), GTA Vice City (2002), dan GTA San Andreas (2004). Versi remaster dari ketiga game ini dikembangkan menggunakan Unreal Engine oleh Grove Street Games dan diterbitkan oleh Rockstar Games. Perlu kalian ketahui, Grove Street Games atau yang sebelumnya dikenal sebagai War Drum Studios ini adalah studio yang mengerjakan port mobile dari berbagai game Rockstar seperti GTA, Max Payne, dan Bully.

GTA: The Trilogy
Claude, Tommy Vercetti, dan Carl ‘CJ’ Johnson | Rockstar

Peningkatan dan perubahan versi remaster

Versi remaster dari suatu game tentunya membawa sebuah peningkatan ataupun perubahan dari versi aslinya, begitu pula dengan GTA: The Trilogy – The Definitive Edition ini. Seperti yang telah dikatakan Rockstar dalam pengumumannya, GTA: The Trilogy – The Definitive Edition akan menghadirkan peningkatan menyeluruh termasuk peningkatan grafis dan gameplay, namun akan tetap mempertahankan tampilan dan nuansa klasik dari versi originalnya. Itu terbukti seperti yang ditunjukkan dalam trailer di atas dimana Rockstar tetap mempertahankan art style jadul daripada mengubahnya menjadi realistis seperti GTA V.

GTA: The Trilogy
Peningkatan visual GTA: The Trilogy – The Definitive Edition | Rockstar

Untuk lebih jelasnya, berikut peningkatan dan perubahan yang dibawa GTA: The Trilogy – The Definitive Edition:

  • Pembaruan kontrol dan beberapa fitur gameplay. Dalam versi remaster, setelan kontrol diperbarui menjadi seperti yang terdapat pada GTA V, termasuk ketika targeting, lock-on aiming, pemilihan senjata dan radio. Khusus versi Nintendo Switch terdapat fitur gyro aiming dan dukungan layar sentuh. Selain itu, mini-map sekarang dilengkapi navigasi dan waypoints. Kini, kalian juga dapat me-restart misi secara instan.
  • Peningkatan visual, resolusi dan framerate. Peningkatan paling jelas disini memang di bagian visual. Rockstar mengatakan bahwa versi remaster ini menghadirkan lighting baru, high-resolution textures, peningkatan draw distances, shadows, reflections, efek cuaca dan masih banyak lagi. Pada konsol PS5 dan Xbox Series X, game ini dapat berjalan hingga 4K 60 FPS. Selain itu, untuk pengguna PC, game ini juga telah mendukung Nvidia DLSS.

Harga, platform, dan tanggal rilis

GTA: The Trilogy – The Definitive Edition akan dirilis secara digital pada 11 November mendatang di PlayStation 4/5, Xbox One, Xbox Series X/S, Nintendo Switch, dan PC via the Rockstar Games Launcher. Nantinya ada juga versi fisik yang mana akan tersedia untuk semua platform kecuali PC pada 7 Desember mendatang, dan diikuti versi Android dan iOS yang direncanakan rilis pada Q1 2022.

Saat ini kalian sudah bisa pre-order GTA: The Trilogy – The Definitive Edition dengan harga Rp 829 ribu di Rockstar Store maupun di digital storefront masing-masing platform. Harga Rp 829 ribu mungkin agak mengejutkan dan terbilang mahal untuk hanya sebuah game remaster. Namun, mengingat ini terdiri dari tiga game, harusnya masih tetap worth it.

Belum ada informasi apakah ketiga game ini akan dijual secara terpisah atau tidak, namun yang pasti, GTA San Andreas – The Definitive Edition akan tersedia di Xbox Game Pass di hari pertama rilis. Sedangkan bagi pengguna PlayStation, GTA III – The Definitive Edition secara khusus akan hadir di PlayStation Now pada 7 Desember atau bertepatan dengan rilisnya versi fisik.

Sayangnya, kehadiran GTA: The Trilogy – The Definitive Edition juga membuat versi original dari ketiga game ini ditarik penjualannya dari digital store di berbagai platform. Ya, saat ini kalian sudah tidak bisa membeli lagi versi originalnya, namun bagi kalian yang telah membeli sebelumnya, kalian masih akan tetap dapat mengakses ataupun mendownloadnya. (Note: Tidak ada free-upgrade ya :v)

System Requirements untuk PC

Peningkatan grafis tentunya membuat system requirements naik dari versi originalnya. Ya, PC kentang kalian yang sebelumnya lancar memainkan versi original, kini kalian terpaksa harus mengupgradenya jika ingin memainkan versi remaster. Spesifikasi PC yang dibutuhkan di sini sebenarnya tidak terlalu tinggi, melainkan hanya spesifikasi standar dengan game jaman sekarang.

Berikut spesifikasi yang dibutuhkan untuk memainkan GTA: The Trilogy – The Definitive Edition:

MINIMUM

  • OS: Windows 10 64-bit
  • Processor: Intel® Core™ i5-6600K / AMD FX-6300
  • Memory: 8GB
  • Graphics: Nvidia GeForce GTX 760 2GB / AMD Radeon R9 280 3GB
  • Disk: 45GB

RECOMMENDED

  • OS: Windows 10 64-bit
  • Processor: Intel® Core™ i7-2700K / AMD Ryzen 5 2600
  • Memory: 16GB
  • Graphics: Nvidia GeForce GTX 970 4GB / AMD Radeon RX 570 4GB
  • Disk: 45GB

Screenshot Tambahan

GTA III – The Definitive Edition

GTA Vice City – The Definitive Edition

GTA San Andreas – The Definitive Edition

Latest articles

Related articles