GTA 6 Bocor, Jadi Salah Satu Kebocoran Terbesar Dalam Sejarah Video Game

ENSIPEDIA GAMES, Purworejo – GTA 6 mungkin menjadi game yang paling ditunggu-tunggu oleh para gamer di seluruh dunia. Bukan tanpa asalan, sejak terakhir kali rilis GTA 5 tahun 2013 yang lalu, hinggi kini belum ada iterasi terbaru dari franchise andalan Rockstar tersebut. Meskipun demikian, Rockstar sendiri telah mengonfirmasi bahwa mereka memang tengah mengerjakan iterasi terbaru GTA yang gadang-gadang menjadi GTA 6.

Rumor mengenai GTA 6 yang akan bersetting di kota fiksi Miami serta menghadirkan karakter utama wanita memang telah mencuat dari tahun lalu. Hal ini bahkan telah dipertegas dengan laporan dari Bloomberg oleh jurnalis Jason Schreier pada Juli yang lalu. Namun, kejadian kemarin mungkin menjadi puncak dari rumor-rumor serta jawaban rasa penasaran kita akan GTA 6. Ya, GTA 6 akhirnya benar-benar bocor di internet!

Footage Early-Build GTA VI Bocor di Internet

Kehebohan dimulai ketika seorang user GTAForums bernama ‘teapotuberhacker’ membagikan file arsip berisi 90 video yang dipercaya sebagai footage early-build dari GTA 6. Tak butuh waktu lama, video yang dibagikan oleh ‘teapotuberhacker’ yang juga mengklaim dirinya berada di balik peretasan Uber belum lama ini langsung tersebar di berbagai platform media sosial seperti YouTube, Twitter dan Reddit.

GTA 6Dalam video tersebut kita bisa melihat wujud dari karakter, lokasi serta beberapa gameplay seperti adegan perampokan, tembak menembak dengan polisi, adegan di strip club dll. Apa yang ditampilkan disini memang memiliki kesamaan dengan rumor yang telah beredar sebelumnya. Nampak jelas jika video tersebut adalah footage pengembangan game dengan banyaknya kode debug serta grafis dan teksturnya yang masih terlihat kasar.

Keaslian dari video yang tersebar tersebut memang jelas dipertanyakan. Namun, jurnalis ternama Jason Schreier telah mengonfirmasi dari sumbernya di Rockstar bahwa hal ini memang legit dan asli. Terlebih untuk memalsukan video sebanyak itu dengan detail yang ada memang terlihat sulit.

Dampak Kebocoran dan Tindakan Rockstar

Nyatanya tak hanya video footage saja yang bocor, namun konten yang kabarnya dicuri dari server Slack milik Rockstar ini diklaim juga termasuk dengan source code GTA 5 dan 6 serta dokumen yang berkaitan. Parahnya, sang hacker berencana menjual source code tersebut. Laporan terbaru bahkan mengatakan bahwa source code GTA 5 telah laku terjual senilai $100.000 dalam bentuk bitcoin. Sementara itu, source code GTA 6 tidak dijual dan tampaknya akan digunakan untuk memeras Rockstar.

GTA 6Di sisi lain, kebocoran masif yang terjadi bahkan bisa berdampak terhadap pengembangan GTA 6 saat ini. Jurnalis Jason Schreier menyebut kejadian ini dapat membatasi fleksibilitas kerja dari rumah bagi karyawan Rockstar untuk mencegah kebocoran terulang kembali.

Tentu hal ini merupakan mimpi buruk bagi Rockstar Rockstar dan Take-Two. Kebocoran ini bahkan menjadi salah satu kebocoran terbesar dalam sejarah video game. Rockstar dan Take-Two saat ini telah melayangkan DMCA untuk men-takedown video yang telah beredar di internet. Lalu, apa yang akan terjadi selanjutnya? Kita lihat saja.

Latest articles

Related articles