Grafis Keren Tanpa Lag! Qualcomm Umumkan Fitur Game Super Resolution Untuk Mobile

ENSIPEDIA GAMES, Salatiga – Qualcomm, sebuah produsen SoC mobile ternama, baru-baru ini mengumumkan sebuah fitur terbaru yang mampu memberikan peningkatan resolusi yang lebih tinggi dalam bermain game dengan menggunakan teknologi spatial upscaling bernama Snapdragon Game Super Resolution (GSR).

Dalam pengumumannya, Qualcomm menyebutkan bahwa fitur ini dirancang untuk meningkatkan kualitas visual lewat fitur upscaling sekaligus kinerja dan daya tahan baterai pada perangkat mobile. Qualcomm juga menyatakan bahwa game mobile yang mendukung Snapdragon Game Super Resolution akan diluncurkan dalam waktu dekat, diantaranya adalah antara lain Call of Duty: Warzone Mobile, Jade Dynasty, Return to Empire, Justice Mobile, Naraka: Bladepoint Mobile, dan Farming Simulator 23 Mobile.

Qualcomm mengklaim bahwa teknologi Snapdragon Game Super Resolution dapat melakukan rendering pada satu tahap saja, sehingga lebih cepat dari teknologi AMD FidelityFX Super Resolution 1.0 yang memerlukan dua tahap rendering.

Teknologi ini menggabungkan Edge Sharpening dan Upscaling menjadi satu tahap, sehingga mengurangi konsumsi daya dan meningkatkan kinerja pada perangkat mobile. Selain itu, teknologi ini juga dapat digabungkan dengan efek Post-Process lainnya, seperti tone-mapping, untuk meningkatkan kinerja lebih lanjut.

Pengguna juga dapat memilih untuk menjalankan game pada resolusi yang lebih tinggi (misalnya, dari 1080p ke 4K) atau menjalankan game pada frame rate yang lebih tinggi tanpa mengubah resolusi. Selain itu, mereka juga dapat membatasi frame rate untuk memperpanjang masa pakai baterai perangkat mereka.

Kecepatan processing Snapdragon Game Super Resolution sendiri berasal dari penggunaan sampel tekstur dan instruksi ALU yang lebih sedikit dibandingkan dengan upscaler rivalnya. Penghitungan kecerahan hanya terjadi di saluran hijau (green channel) karena warna inilah yang paling sensitif bagi mata manusia. Oleh karena itu, sampel GSR hanya memerlukan satu komponen untuk setiap perhitungan sehingga dapat mencapai 100%.

Qualcomm juga menyatakan bahwa teknologi ini paling cocok untuk digunakan pada GPU Snapdragon Adreno berkat optimisasi khusus pada Adreno GPU. Namun, Qualcomm juga menyebutkan bahwa teknologi ini seharusnya dapat digunakan pada sebagian besar GPU mobile.

Dengan fitur terbaru ini, para gamer mobile akan dapat menikmati pengalaman bermain game dengan resolusi yang lebih tinggi dan frame rate yang lebih cepat. Snapdragon Game Super Resolution akan menjadi solusi bagi para pengguna mobile yang ingin menikmati grafis game yang lebih baik tanpa harus membayar harga yang mahal untuk membeli perangkat dengan spesifikasi yang lebih tinggi

Latest articles

Related articles