Google Merilis Developer Preview Android 13, Yuk Cek Fitur-Fitur Terbarunya!

ENSIPEDIA GAMES, Salatiga – Setelah 4 bulan lalu Google merilis Android 12, kini mereka langsung saja mempersiapkan sistem operasi atau OS terbarunya yakni Android 13.

Bagi para penggemar yang penasaran apa saja fitur-fitur baru pada Android 13, Google telah merilis Developer Preview Android 13 untuk beberapa device seperti Google Pixel.

Nah bagi kalian yang belum punya kesempatan untuk mencicipi preview Android 13, Ensipedia Games akan memberikan info terkait fitur-fitur apa saja yang tersedia di Android 13. Langsung saja ini dia fitur-fitur terbarunya.

Codename Android 13

Google kembali akan menerapkan codename bertemakan snack atau dessert. Untuk Android 13 nantinya akan menggunakan codename “Tiramisu”. Kode tersebut ditemukan oleh 9to5Google, mereka melihat nama kode di pratinjau pengembang debut di bawah “Versi Android” di menu “Tentang ponsel”.

Fitur Tap-to-Transfer

Jika sebelumnya pengguna Android harus menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti ShareIt untuk mengirimkan file dengan cepat, nah pada Android 13 nanti akan ada fitur pengiriman file bawaan seperti ShareIt bernama Tap-to-Transfer.

Untuk teknologi yang digunakan, ada rumor bahwa fitur Tap-to-Transfer tidak hanya menggunakan WiFi dan Bluetooth saja, namun juga teknologi NFC yang kini mulai tersebar di smartphone terbaru.

Panlingual

Fitur ini sangat membantu terutama bagi kalian yang sering menggunakan lebih dari satu bahasa atau ingin mempelajari bahasa lain. Fitur Panlingual nantinya memungkinkan pengguna untuk memilih bahasa yang akan digunakan per aplikasi.

Contohnya kalian ingin menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa utama, namun untuk beberapa aplikasi seperti Youtube, Instagram, kalian bisa menggunakan bahasa lain seperti Bahasa Inggris.

Bluetooth Low-Energy Audio

Android 13 mungkin bakal menjadi versi Android pertama yang memperkenalkan dukungan penuh untuk Bluetooth Low-Energy Audio. Standar ini dimaksudkan sebagai pengganti streaming audio Bluetooth biasa, dan menghadirkan banyak peningkatan.

Diantaranya adalah konsumsi energi yang lebih rendah pada kualitas audio yang sama, dukungan multi-aliran untuk mengirim sinyal ke kedua earbud secara bersamaan (atau ke beberapa headphone/speaker sekaligus).

Nah itu tadi segelintir dari berbagai banyak fitur yang nantinya akan tersedia pada Android 13. Seperti yang telah direncanakan Google, kemungkinan besar Android 13 akan resmi meluncur di tahun ini.

Latest articles

Related articles