Google Kembangkan AI yang Bisa Bantu Kamu Baca Tulisan Dokter

ENSIPEDIA GAMES, Purworejo – Banyak dari kita pasti setuju kalau tulisan dokter dalam sebuah resep obat itu seperti tulisan ceker ayam yang sulit dibaca. Tulisan tersebut biasanya hanya bisa dibaca oleh dokter itu sendiri dan apoteker saja. Bukan tanpa alasan, hal ini dilakukan karena profesi seorang dokter yang memang perlu mencatat banyak hal dan efisiensi waktu. Namun, kalian tak perlu khawatir, sepertinya masalah ini akan segera terselesaikan dengan terobosan terbaru dari Google.

Melalui konferensi tahunan Google di India beberapa waktu yang lalu, Google mengumumkan bahwa mereka sedang mengembangkan model AI yang dapat menerjemahkan tulisan tangan dokter yang sulit dibaca. Google telah bekerja sama dengan apoteker untuk membantu mencari cara menerjemahkan tulisan tangan dokter yang kemudian diterapkan dalam model AI tersebut.

“Kami hari ini mengumumkan model pembelajaran mesin dan AI canggih yang dapat mengidentifikasi dan bahkan menyorot obat-obatan dalam resep tulisan tangan. Ini akan bertindak sebagai teknologi bantuan untuk mendigitalkan dokumen medis tulisan tangan dengan menambah manusia dalam lingkaran seperti apoteker, namun tidak ada keputusan yang akan dibuat hanya berdasarkan keluaran yang disediakan oleh teknologi ini,” tulis Google dalam postingan di blognya.

Dalam acara tersebut Google juga memamerkan bagaimana fitur AI tersebut bekerja. Pengguna hanya tinggal memasukkannya sebuah gambar resep ke aplikasi. Setelah gambar diproses, nantinya aplikasi akan mendeteksi dan menyorot obat-obatan yang disebutkan dalam catatan. Walaupun fitur ini sangatlah membantu kita dalam membaca resep dokter, namun hasilnya tetap harus diverifikasi oleh apoteker terkait.

Google AI Dokter

Untuk saat ini, fitur tersebut masih berupa prototipe aplikasi yang akan terus dikembangkan. Belum ada detail tentang kapan dan dalam produk apa fitur penerjemah tulisan dokter ini akan dirilis, namun Google akan terus memberikan update terbaru mengenai fitur ini.

Teknologi serupa sebenarnya sudah bisa kita lihat dalam Google Lens, sebuah recognition tool multiguna bertenaga AI yang dapat digunakan untuk mendeteksi objek dan menerjemahkan bahasa. Google Lens juga dapat menyalin tulisan tangan walaupun hasilnya tergantung seberapa terbaca tulisan tangan tersebut.

Latest articles

Related articles