Google Akan Bawa Game Android ke Windows PC Tahun Depan

ENSIPEDIA GAMES, Purworejo – Dalam event The Game Awards 2021 kemarin, Google resmi mengumumkan bahwa mereka akan membawa game Android ke PC tahun depan. Game Android ini rencananya akan hadir melalui aplikasi Google Play Games yang nantinya akan tersedia di PC berbasis Windows.

Dilansir dari The Verge, aplikasi Google Play Games ini akan memungkinkan kalian menyinkronkan sesi gameplay di seluruh perangkat. Ya, nantinya kalian akan dapat melanjutkan game yang dimainkan di smartphone Android kalian di PC desktop secara seamless.

“Mulai tahun 2022, pemain akan dapat merasakan game Google Play favorit mereka di lebih banyak perangkat: beralih dengan mulus antara ponsel, tablet, Chromebook, dan segera, PC Windows,” kata Greg Hartrell, direktur produk Google untuk game di Android dan Google Play, dalam sebuah pernyataan kepada The Verge. “Produk buatan Google ini menghadirkan yang terbaik dari Google Play Game ke lebih banyak laptop dan desktop, dan kami sangat senang dapat memperluas platform kami bagi para pemain untuk lebih menikmati game Android favorit mereka.”

Google

Jika kalian mengira game Android ini akan dijalankan via cloud/streaming ataupun emulator biasa, kalian salah besar. Google telah mengonfirmasi bahwa game Android yang dihadirkan berupa “native Windows app,” yang mana akan dapat berjalan di Windows 10 ke atas. Entah bagaimana caranya Google mem-portingnya, namun yang pasti, game yang ada tidak akan bergantung pada integrasi khusus apa pun dengan Windows 11, dan Google juga akan mendistribusikannya sendiri.

“Ini akan menjadi aplikasi Windows asli yang didistribusikan oleh Google, yang akan mendukung Windows 10 dan lebih tinggi,” jelas Hartrell. “Itu tidak akan melibatkan streaming game.”

Ini tentunya menjadi hal sangat menarik mengingat Microsoft dengan Windows 11 juga tengah menguji dukungan aplikasi Android melalui komponen yang disebut Windows Subsystem for Android. Microsoft sendiri telah bekerja sama dengan Amazon untuk menghadirkan game dan aplikasi melalui Amazon Appstore. Namun, kita tahu bahwa Google Play tentunya punya koleksi aplikasi dan game yang jauh lebih lengkap. Lagipula, aplikasi Google Play Games yang direncanakan tidak mengharuskan menggunakan Windows 11. Hmm, mana nantinya yang akan lebih baik? Kita tunggu saja informasi lebih lanjut dari Google.

Latest articles

Related articles