Gara-gara Bajak Game, Hacker Ini Harus Bayar Denda ke Nintendo Seumur Hidup!

ENSIPEDIA GAMES, Salatiga – Pada Februari 2022 lalu, seorang hacker bernama Gary Bowser didakwa hukuman penjara selama 40 bulan atas pembuatan mod chip pada konsol milik Nintendo. Satu tahun berselang kini Bowser telah dinyatakan bebas penjara, namun hukuman yang ia terima tak lantas berakhir begitu saja.

Console hacker Gary Bowser akhirnya dibebaskan dari penjara federal setelah menjalani masa tahanan selama lebih dari dua tahun. Dalam wawancara dengan YouTuber Nick Moses, Bowser mengatakan bahwa dirinya dibebaskan dari pusat penahanan di Washington bulan lalu Dan kini ia tengah menunggu jadwal kepulangan ke negaranya, Kanada.

Meskipun Bowser telah dibebaskan dari penjara, namun hal ini tak membuatnya lepas dari segala hukuman. Bowser setuju untuk membayar $10 juta untuk menyelesaikan gugatan pelanggaran hak cipta yang diajukan oleh Nintendo.

Terlebih lagi ditambah dengan perintah pengadilan federal terpisah yang memerintahkannya untuk membayar $4,5 juta kepada raksasa game tersebut. Namun, Bowser mengatakan bahwa ia baru berhasil membayar kembali $175.

Bowser ditangkap dan didakwa dengan tindak kejahatan penipuan pada tahun 2020 karena perannya dalam Team Xecuter, sebuah kelompok peretasan yang membuat dan menjual mod chip untuk Nintendo Switch, 3DS, NES Classic Edition, PlayStation Classic milik Sony, dan konsol lainnya.

Karena Bowser tinggal di Republik Dominika pada saat itu, ia diekstradisi ke AS untuk menjalani hukumannya selama 40 bulan, yang akhirnya dipotong karena ia berperilaku baik semasa masa penahanan.

Latest articles

Related articles