Disebut “Dead Game”, Dota 2 Ternyata Masih Mampu Capai 1,4 Juta Penonton di TI 2023

ENSIPEDIA GAMES, Salatiga – Meskipun banyak yang meremehkan penyelenggaraan  The International 2023 akibat prizepool yang sangat kecil, namun ternyata turnamen kasta tertinggi Dota 2 ini masih mampu menarik perhatian fans dengan 1,4 juta penonton di semua platform.

Berdasarkan data dari Esports Charts, laga Grand Final The International 2023 atau TI 2023 antara Team Spirit melawan Gaimin Gladiator ditonton oleh 1,4 juta penonton. Selain Grand Final, pada laga Main Stage juga mendapatkan penonton sekitar 900 penonton dari semua platform resmi. Kemudian jika dilihat dari semua pertandingan, TI 2023 memperoleh rata-rata 541 ribu penonton.

Angka ini memang merupakan jumlah penonton terendah dalam sejarah The International, namun hal tersebut juga merupakan bukti bahwa meskipun digempur berbagai Esports baru seperti Valorant, Dota 2 masih merupakan salah satu Esports terpopuler di seluruh dunia.

Penyelenggaraan The International 2023 kali ini memang terasa “kurang” dibandingkan edisi TI sebelumnya dimana dari segi prizepool Valve selalu menghadirkan puluhan juta USD. Sedangkan pada TI 2023 kali ini Valve hanya memberikan total prizepool 3,1 juta USD.

Prizepool yang minim tersebut merupakan akibat dari buruknya penjualan Compendium TI 2023. Fans Dota 2 memberikan kritik keras dan reaksi negatif atas perilisan Compendium tersebut karena minimnya konten serta hadiah skin yang absen.

Latest articles

Related articles