Mau Jual iPhone? Simak Cara Reset iPhone Paling Mudah dan Cepat Terbaru

Melakukan reset iPhone atau menghapuskan seluruh data yang terdapat pada iPhone adalah salah satu hal wajib yang harus kalian lakukan sebelum menjualnya kepada orang lain. Hal ini guna menghindari disalahgunakannya data-data tersebut serta agar terlihat seperti baru. Mereset iPhone juga terkadang perlu dilakukan bila iPhone kalian bermasalah, seperti hang atau lag.

Kali ini, kami akan berbagi informasi penting kepada kalian tentang Cara Reset iPhone Tipe Apapun dengan Mudah dan Praktis yang bisa kalian coba dan praktekan sebelum menjual iPhone milik kalian kepada orang lain. Tanpa berpanjang lebar, mari simaklah penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Cara Reset iPhone Tipe Apapun

Sebelum mereset iPhone yang ingin kalian jual, kalian perlu tahu bahwa ada 3 jenis reset yang bisa kalian lakukan di iPhone, yaitu hard reset, dimana data-data yang terdapat di iPhone kalian akan terhapus bila melakukan reset jenis ini. Kedua ada soft reset, dimana data-data kalian akan tetap aman alias tidak hilang meski dilakukan reset. Terakhir ada reset tanpa menggunakan iTunes dengan bantuan aplikasi tambahan.

Hard reset sangat disarankan untuk kalian yang berniat menjual iPhone kepada orang lain, sementara soft reset cocok dilakukan bila iPhone kalian bermasalah, seperti hang atau lag guna memperbaikinya apabila terdapat sampah dan virus pada sistemnya.

Untuk melakukan hard reset di iPhone, kalian bisa mengikuti petunjuknya seperti langkah di bawah ini.

  1. Bukalah pengaturan iPhone kalian, lalu cari dan pilih menu “General” atau “Umum”;
  2. Selanjutnya, cari menu “Reset”, yang kemudian kalian akan dihadapkan dengan beberapa pilihan reset yang bisa kalian pilih. Untuk melakukan reset dan penghapusan data secara permanen dan keseluruhan, maka kalian bisa memilih “Erase All Content and Settings”.
  3. Bila iPhone kalian menggunakan password, maka kalian harus memasukkan passwordnya terlebih dahulu untuk mengkonfirmasi penghapusan datanya. Jika sudah, pilih “Erase iPhone”;
  4. Tunggulah hingga proses reset selesai dan iPhone kalian pun akan kembali pada pengaturan awal seperti ketika baru dibeli.

Itu tadi cara untuk melakukan hard reset di iPhone, sekarang simak cara melakukan soft reset di iPhone di bawah ini.

  1.   Dikarenakan tidak semua series iPhone memiliki Home Button, maka cara untuk melakukan soft reset pun sedikit berbeda-beda, disesuaikan dengan series iPhonenya;
  2.   Untuk series iPhone X, XS, XR, 11 dan 12, kalian bisa melakukan soft reset dengan menekan lalu melepaskan tombol volume naik secara cepat;
  3.   Lalu, ulangi langkah di atas namun diganti dengan tombol volume turun;
  4.   Kemudian, tekan dan tahan tombol samping;
  5.   Ketika logo Apple pada layar muncul, lepaskan tombol dan iPhone pun akan melakukan proses soft resetnya secara otomatis.

Terakhir, kalian juga bisa melakukan reset iPhone tanpa menggunakan iTunes dengan bantuan aplikasi tambahan. Cara ini bisa kalian pilih dan coba apabila iPhone kalian hilang dan kalian tidak ingin data-data kalian disalahgunakan oleh oknum tidak bertanggung jawab. Kalian bisa menggunakan fitur Find My iPhone melalui iCloud untuk melakukan reset. Berikut tutorial lengkapnya.

  1. Masuklah ke akun iCloud milik kalian dengan mengaksesnya dari browser perangkat lain;
  2. Kemudian cari dan pilih menu “Find iPhone” dan lanjutkan dengan memilih menu “All Devices”;
  3. Pilihlah perangkat milik kalian yang telah dinonaktifkan;
  4. Akhiri dengan memilih “Erase iPhone”, maka secara otomatis iPhone kalian akan ke reset dan data-datanya akan hilang serta kembali ke pengaturan awal seperti baru.

Semoga dengan informasi tentang Cara Reset iPhone Tipe Apapun dengan Mudah dan Praktis yang sudah dirangkum oleh tim Ensipedia.id ini bisa membantu dan memberikan pengetahuan baru bagi kalian serta bisa bermanfaat. Di website ini, kami juga memiliki banyak artikel lainnya yang bisa kalian baca yang tentunya tidak kalah menarik dan bermanfaat. Jadi, jangan ragu untuk menjelajahi website ini dan dapatkanlah informasi-informasi penting dan menarik lainnya.

Latest articles

Related articles