Informasi Lengkap Tentang Google Meet dan Cara Menggunakan Google Meet Untuk Rapat

Dikarenakan adanya pandemi yang disebabkan oleh Virus Covid-19, Kegiatan masyarakat banyak dihabiskan dengan beraktifitas di rumah. Sehingga selama pandemi ini belum usai, Pemerintah menerapkan sistem Work From Home, dan terciptalah sistem daring sebagai proses pertemuan. Google Meet adalah salah satu aplikasi dari Google, merupakan aplikasi andalan yang dapat digunakan untuk daring. Mulai dari rapat kerja sampai proses belajar mengajar. 

Sehingga Aplikasi ini sangat bermanfaat untuk digunakan dalam pandemi ini, namun tentunya banyak yang belum mengetahui tentang Google Meet, inilah Informasi Lengkap Tentang Google Meet dan Cara Menggunakan Google Meet Untuk Rapat, yang bisa kalian simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Google Meet Adalah

Google Meet adalah aplikasi versi terbaru yang telah dikembangkan dari aplikasi Hangouts Meet dan aplikasi Google Chat. Google Meet adalah layanan komunikasi video yang dikembangkan oleh Google yang dapat dimanfaatkan sebagai media pertemuan daring. Sangat bermanfaat bagi suatu perusahaan yang akan mengadakan rapat, Pegawai yang mengadakan pertemuan, Proses belajar mengajar antara guru dan siswa atau siswi, dst.

Pada pada Februari 2017 Google Meet diperkenalkan pertama kali pada pengguna IOS, dan pada Maret 2017 Secara resmi diperkenalkan pada publik, yang dapat diunduh dalam gawai papun, seperti Android, Laptop, Tablet, dst. Setelah sebelumnya hanya dapat diakses oleh pengguna IOS. Kemudian pada Oktober 2019 aplikasi Google Hangouts Meet telah resmi diberhentikan dari aktivitasnya, karena telah digantikan sepenuhnya oleh aplikasi Google Meet.

Google Meet juga dapat menampung 100 sampai 250 anggota sehingga sangat bermanfaat bagi suatu perusahaan, guru pengajar, karyawan negeri atau swasta. Karena dapat menampung anggota yang banyak. Dan juga memiliki banyak fitur dan kualitas yang tidak perlu diragukan.

Cara Menggunakan Google Meet Untuk Rapat

Google Meet mendukung berbagai macam perangkat gawai untuk mengaksesnya, seperti Komputer, Laptop, Handphone Android maupun IOS, Tablet, dst. Sehingga Google Meet mempermudah pengguna untuk mengaksesnya di berbagai tempat seperti di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

Komputer atau Laptop

Bagi pengguna Komputer atau Laptop Kalian dapat membuka Web utama mereka https://workspace.google.com/intl/en_id/products/meet/ untuk mengaksesnya. Kemudian kalian pilih Join atau Start Meeting. Sebelumnya kalian perlu membuat kode rapat atau judul Meeting kalian untuk memulai pertemuan. Kalian akan diminta Google Meet untuk mengizinkan mengakses mikrofon dan kamera. Setelah itu kalian pilih Join Now sebagai langkah awal untuk masuk ke dalam rapat pertemuan. Kemudian kalian sudah dapat melakukan presentasi. Dan apabila kalian ingin menambah jumlah anggota kalian cukup Copy and Share dan bagikan linknya kepada peserta yang ingin kalian tambahkan.

Handphone IOS atau Android

Bagi pengguna Handphone kalian dapat masuk ke halaman Play Store dan mencari Google Meet di kolom pencarian itu bagi pengguna Android, namun apabila kalian pengguna IOS kalian dapat masuk ke halaman App Store dan mulai mencari Google Meet di kolom pencarian. Selanjutnya kalian perlu Sign up atau mendaftar menggunakan Gmail kalian untuk masuk memulai pertemuan. Setelah mendaftar kalian dapat memulai pertemuan dengan chat atau video. Caranya kalian pilih ikon (+) yang terletak di pojok kanan bawah, kemudian kalian pilih New Video Call, selanjutnya kalian hanya perlu menambahkan anggota dengan Alamat Email atau nomor Handphone mereka.

Mungkin kalian lebih banyak mendengar aplikasi Zoom dari pada aplikasi Google Hangout Meet ataupun Google Chat, dan aplikasi Virtual Meet yang lainnya. Semakin banyaknya aplikasi Virtual Meet maka semakin banyak pula persaingan yang terjadi. Sehingga diperkenalkannya Google Meet menjadi tanda keseriusan Google untuk bersaing setelah kedua aplikasinya yang gagal. 

Google Meet sendiri merupakan gabungan dari kedua aplikasi Google Hangout Meet dan aplikasi Google Chat sebagai aplikasi mutakhir yang memiliki keunggulan yang banyak dan fitur yang lengkap. Sekian info kali ini apabila info ini memberikan manfaat bagi kalian alangkah baiknya kalian membagikannya pada keluarga atau kerabat.

Latest articles

Related articles