Cara Cek Kesehatan Hardisk dengan Mudah Sebelum Membeli Hardisk Seken

Penggunaan laptop dan PC yang kalian gunakan sehari-hari ditunjang oleh banyak komponen penting didalamnya, sehingga bisa bekerja dengan baik dan lancar. Salah satu komponen penting tersebut adalah hardisk. Karena merupakan salah satu komponen penting penunjang kerja laptop maupun PC, maka kalian perlu mengetahui dan rajin mengecek kondisi kesehatan hardisk tersebut.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan kalian seputar informasi penting tentang Cara Cek Kesehatan Hardisk dengan Software di Laptop atau PC untuk mengantisipasi apabila ada kerusakan yang tidak diduga. Tanpa berpanjang lebar, mari simaklah penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Cara Cek Kesehatan Hardisk

Alasan yang mengharuskan kalian untuk selalu mengecek kesehatan hardisk laptop maupun PC adalah agar kinerja kedua perangkat elektronik tersebut selalu dapat berjalan dengan lancar, sehingga tidak menghambat pekerjaan kalian ketika menggunakan laptop maupun PC. Sebab, peran hardisk pada laptop maupun PC sangat penting dan krusial dengan fungsi sebagai tempat penyimpanan data. Jika sudah rusak, maka kehilangan data adalah resiko terbesar yang akan kalian hadapi.

Selain itu, kondisi hardisk di setiap laptop maupun PC berbeda-beda, tergantung bagaimana pemakaian kalian sebagai penggunanya, kualitas dari hardisknya sendiri dan hal lain sebagainya. Oleh karena itu, kalian harus rutin mengecek kesehatan hardisk laptop maupun PC kalian agar bisa mengantisipasi kemungkinan terburuk rusaknya hardisk tersebut.

Untuk mengecek kesehatan hardisk, kalian melakukan dengan berbagai cara, baik dengan menggunakan software tertentu maupun tidak. Simaklah caranya di bawah ini.

  1. Pengecekkan kesehatan hardisk tanpa menggunakan software bisa kalian lakukan dengan mengecek kondisi fisik dari hardisk tersebut. Bila laptop atau PC kalian mengeluarkan bunyi tidak normal seperti “ctek ctek” dan semakin bising, maka kalian harus waspada dan membackup data pada laptop atau PC kalian. Karena kemungkinan besar itu tanda bahwa kondisi hardisk kalian mengalami kerusakan dan harus segera diperbaiki agar kerusakannya tidak semakin parah. Apalagi jika bunyi tersebut terjadi dalam jangka waktu panjang dan terlalu sering;
  2. Itu tadi untuk mengecek kesehatan fisik hardisk tanpa menggunakan software. Sementara bila kalian ingin mengecek kesehatan hardisk menggunakan software, kalian bisa menggunakan berbagai jenis software yang tersedia, misalnya seperti HDTune. Dengan software HDTune kalian bisa menggunakan fitur S.M.A.R.T yang terdapat didalamnya untuk mengecek kesehatan dari hardisk laptop atau PC kalian. Software ini juga memiliki fitur yang memungkinkan kalian untuk scanning bad sector, sehingga bila hardisk kalian mengalami kerusakan yang tidak diketahui kalian bisa segera membackup data kalian agar tidak hilang.

Langkah pertama yang harus kalian untuk mengecek kesehatan hardisk menggunakan software HDTune tentu saja menginstal softwarenya di laptop atau PC kalian. Selanjutnya, jalankanlah software tersebut untuk mengecek kesehatan hardisk kalian dan tunggu beberapa saat hingga software selesai mengeceknya dan menampilkan hasil dari kondisi kesehatan hardisk kalian. Bila sudah mengetahui kondisinya, kalian juga bisa langsung melakukan scanning bad sector melalui tab “Error Scan” untuk mengetahui perlukah kalian melakukan backup data agar data kalian tidak hilang.

Pengecekkan kesehatan hardisk menggunakan software memang lebih dianjurkan untuk dilakukan, sebab kalian bisa mengecek kondisi hardisk laptop atau PC kalian secara menyeluruh dan lengkap karena bisa mendeteksi kerusakan internal maupun eksternal.

Selain itu, beragamnya jenis software yang tersedia pun membebaskan kalian untuk memilih. Proses pengecekkannya pun terbilang cukup mudah, cepat dan akurat, sehingga bisa kalian lakukan kapanpun kalian inginkan.

Lebih kurang itulah informasi penting seputar Cara Cek Kesehatan Hardisk dengan Software di Laptop atau PC untuk mengantisipasi apabila ada kerusakan yang tidak diduga yang sudah dirangkum oleh tim Ensipedia.id. Semoga informasi tersebut bisa membantu kalian untuk mengetahui kondisi kesehatan dari hardisk laptop atau PC kalian secara berkala guna menghindari terjadinya kerusakan dan masalah dikemudian hari.

Latest articles

Related articles