Berkat Fitur Ini, Kalian Bisa Kirim Pesan Lewat WhatsApp Tanpa Koneksi Internet!

ENSIPEDIA.ID, PEKANBARU – Awal tahun ini kita dikejutkan oleh fitur mantap dari aplikasi ijo yang menjadi andalan masyarakat dalam komunikasi di era canggih ini. Apalagi kalau bukan WhatsApp. Diketahui WhatsApp akan membuat penggunanya terhubung melalui server proxy yang membuat pengguna tetap online walau terjadi masalah pada internet.

“Selamat Tahun Baru untuk semua pengguna WhatsApp! Kami sadar bahwa di saat kita merayakan awal tahun baru 2023 melalui panggilan atau berkirim pesan teks pribadi, ada banyak orang yang masih belum memiliki kemampuan untuk menjangkau orang-orang yang mereka cintai karena penutupan jaringan internet,” jelas WhatsApp.

“Untuk menangani hal tersebut, hari ini kami meluncurkan dukungan proxi bagi pengguna WhatsApp di seluruh dunia. Ini artinya, kami memberikan kemampuan untuk mempertahankan akses ke WhatsApp kepada orang-orang apabila koneksi mereka terblokir atau terganggu,”.

Berkat server proxy yang disediakan oleh para relawan dan organisasi di seluruh dunia, masyarakat bisa menggunakan berkomunikasi secara canggih dengan bebas.

“Terhubung melalui proksi akan mempertahankan tingkat privasi dan keamanan tinggi yang disediakan WhatsApp. Pesan pribadi Anda tetap akan dilindungi oleh enkripsi end-to-end-sehingga memastikan pesan Anda tetap hanya berada di antara Anda dan orang yang Anda ajak berkomunikasi, serta tidak dapat dilihat oleh orang lain, bahkan server proksi, WhatsApp, atau Meta sekalipun,” kata WhatsApp.

“Harapan kami di tahun 2023 adalah tidak ada lagi penutupan jaringan internet. Gangguan seperti yang kita lihat di Iran selama berbulan-bulan telah mengingkari hak asasi manusia dan mengakibatkan hambatan dalam penyampaian bantuan,” begitu lanjutnya.

Harapan dari WhatsApp melalui gebrakan ini ialah agar bisa membantu orang-orang berkomunikasi dengan aman dan dapat diandalkan di setiap waktu kondisi. Opsi ini sudah tersedia di bagian pengaturan aplikasi WhatsApp dengan versi terbarunya. Tepatnya fitur ini ada di bagian Penyimpanan, data > proxy.

Kalian bisa mencari sumber yang sudah menyediakan proxy di media sosial atau di mesin pencari kesayangan.

Berikut cara menghubungkan WhatsApp ke proxy Android:

  1. Pastikan menggunakan WhatsApp versi terbaru.
  2. Di tab Chat, ketuk Opsi lainnya lalu Setelan.
  3. Ketuk Penyimpanan dan data>Proxy (letaknya paling bawah).
  4. Ketuk Gunakan proxy.
  5. Ketuk Setel proxy dan masukkan alamat proxy.
  6. Ketuk Simpan.
  7. Tanda centang akan muncul jika koneksi berhasil.
  8. Jika masih tidak dapat mengirim atau menerima pesan WhatsApp menggunakan proxy, proxy tersebut mungkin telah diblokir. Kalian dapat menekan lama alamat proxy yang diblokir untuk menghapusnya, lalu memasukkan alamat proxy baru untuk mencoba lagi.

Lalu yang berikutnya cara menghubungkan WhatsApp ke proxy untuk pengguna iOS:

  1. Pastikan menggunakan WhatsApp versi terbaru.
  2. Buka Setelan WhatsApp.
  3. Ketuk Penyimpanan dan data>Proxy.
  4. Ketuk Gunakan proxy.
  5. Masukkan alamat proxy lalu ketuk Simpan untuk menghubungkannya.
  6. Tanda centang akan muncul jika koneksi berhasil.
  7. Jika masih tidak dapat mengirim atau menerima pesan WhatsApp menggunakan proxy, proxy tersebut mungkin telah diblokir. Coba lagi menggunakan alamat proxy yang berbeda

Perlu diketahui, sesaat setelah kalian terhubung ke proxy pihak ketiga maka alamat IP akan dibagikan dan diketahui penyedia proxy. Jadi kalian harus mencari penyedia proxy yang terpercaya karena WhatsApp tidak menyediakan itu.

Narrator
Penikmat gorengan. Penikmat lagu-lagu hardrock. Dan selalu berusaha menikmati hidup.

Latest articles

Related articles