AMD Umumkan Ryzen 6000 Mobile Series Dengan iGPU RDNA 2, Potensi Laptop Murah Spek Gahar?

ENSIPEDIA GAMES, Salatiga – AMD bisa dibilang memimpin persaingan pasar prosesor PC lewat seri prosesor Ryzen miliknya. Dan kini nampaknya AMD akan jauh melesat meninggalkan kompetitor terbesarnya, Intel.

Pada CES 2022, CEO dari AMD Lisa Su mengumumkan bahwa AMD akan merilis prosesor mobile generasi terbaru yakni Ryzen 6000 Mobile series. Ryzen 6000 Mobile yang diberi kode “Rembrant” ini dipercaya akan memiliki performa yang jauh lebih baik pada Prosesor maupun iGPU.

Salah satu fitur utama yang diunggulkan pada Ryzen 6000 Mobile ini adalah perubahan chip iGPU dari Vega ke RDNA 2. RDNA 2 sendiri merupakan chip GPU yang memiliki performa luar biasa bahkan kini digunakan pada konsol generasi terbaru seperti Playstation 5 dan Xbox Series X/S.

Pada presentasi benchmark yang ditunjukkan di CES 2022, AMD mengklaim performa RDNA 2 Ryzen 6000 Mobile jauh melampaui iGPU Intel Xe Graphics dan GPU NVidia GeForce MX450. Bahkan terlihat pada beberapa game seperti DOOM Eternal, RDNA 2 memiliki performa 3x lipat dibandingkan kompetitornya tersebut.

Selain RDNA 2, dalam segi prosesor Ryzen 6000 Mobile menggunakan arsitektur Zen 3+ fabrikasi 6nm. Jumlah core dan clock speed Ryzen 6000 Mobile bervariasi, mulai dari 6 Core 12 Thread 4.5 GHz sampai 8 Core 16 Thread 5.0 GHz.

Seperti seri sebelumnya, Ryzen 6000 mobile akan dibagi menjadi dua yakni H-series yang digunakan untuk high performance laptop seperti gaming, dan U-series yang lebih hemat daya.

Fitur inovatif yang ditawarkan AMD tidak berhenti sampai situ saja. Untuk pertama kalinya AMD melalui Ryzen 6000 Mobile akan mendapatkan dukungan RAM DDR5 pada laptop. Penggunaan teknologi DDR5 dipercaya akan semakin meningkatkan performa terutama di iGPU RDNA 2.

Terdapat juga fitur PCIe 4.5, USB 4.0 dan WiFi 6E yang akan semakin meningkatkan kecepatan pada segi konektivitas.

AMD diharapkan bakal meluncurkan Ryzen 6000 Mobile Series pada bulan Februari besok. Berbagai produsen laptop seperti ASUS, Lenovo, Acer dan HP sudah mulai tertarik meluncurkan produk barunya menggunakan prosesor teranyar milik AMD ini.

Latest articles

Related articles