AetherSX2, Emulator PS2 Untuk Android Dengan Potensi Yang Menjanjikan

ENSIPEDIA GAMES, Salatiga – Bagi para pecinta game PS2, untuk memainkan game PS2 di Android gamers memanglah sulit. Para gamers dihadapkan dengan pilihan emulator yang sangat terbatas seperti DamonPS2. Kemudian ditambah lagi pengembangan dan optimisasi dari DamonPS2 berjalan sangat lamban.

Nah buat kalian para gamers mobile dan pecinta game PS2, ada kabar gembira untuk kalian. Kini hadir emulator PS2 untuk Android baru yang dipercaya bakal menjadi pilihan utama para gamers Android untuk memainkan game PS2.

Emulator terbaru ini bernama AetherSX2. Dikembangkan oleh seorang developer bernama Tahlreth, AetherSX2 disebut-sebut memiliki potensi yang tinggi dibandingkan emulator PS2 untuk Android lainnya.

Salah satu Youtuber bernama Taki Udon berkesempatan untuk menjajal bagaimana performa AetherSX2 dalam menjalankan berbagai game PS2. Hasilnya? Sangat mengagumkan!

Dalam video tersebut terlihat AetherSX2 berhasil menjalankan game-game ternama PS2 seperti Final Fantasy X, Resident Evil 4, God of War, Kingdom Hearts 2, dan lain-lain. Semua game tersebut berjalan dengan cukup lancar dan hanya beberapa game saja yang mengalami minor glitch.

Selain itu ia juga menjajal performa AetherSX2 pada berbagai jenis ponsel yakni Poco X3 Pro, Poco M3 Pro, ROG Phone, Oppo Reno 6, dan lain-lain. Terlihat AetherSX2 sangat lancar menjalankan game PS2 pada chipset Midrange seperti Dimensity 700 hingga chipset Highrange seperti Snapdragon 888.

Kemudian ia menjelaskan salah satu fitur AetherSX2 yang berguna bagi ponsel dengan chipset yang rendah yakni fitur “Underclocking”. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengubah cara emulator menerima dan memproses blok data, secara efektif mengurangi kinerja emulasi PS2.

Fitur Underclock dapat membuat chipset dengan performa rendah untuk mencapai framerate yang lebih tinggi, sehingga sangat berguna bagi pengguna ponsel dengan spesifikasi rendah atau menengah.

Melihat video preview dari Taki Udon, para gamers sangat optimis bahwa AetherSX2 akan menjadi emulator PS2 utama bagi para pengguna Android. Terlebih lagi AetherSX2 merupakan program open-source sehingga pengembangannya akan berjalan dengan cepat lewat bantuan dari komunitas.

Bagi yang ingin menjajal AetherSX2, mungkin harus bersabar karena kini AetherSX2 masih dalam tahap Closed Alpha. Tahlreth selaku developer berharap AetherSX2 dapat memasuki open beta dan dinikmati oleh seluruh gamers sebelum akhir tahun 2021.

Latest articles

Related articles