Review Townsmen, Game yang Cocok Buat Orang yang Suka Menyalahkan Pemerintah

ENSIPEDIA GAMES, Jakarta – Townsmen adalah game simulasi manajemen kota yang sederhana namun menyenangkan. Ada 32 skenario yang bisa kamu pilih. Setiap skenario tentu punya kesulitannya masing-masing. Ada juga level sandbox. Jadi kamu bisa bebas melakukan apapun dan durasi gameplaynya pun mengikuti sejauh mana kamu bisa memimpin desa mu. Tentunya akan ada tutorial sebelum kamu main. Walau begitu kamu bisa juga melewati tutorialnya.

Mekanisme game ini sama saja seperti tipe game serupa lainnya. Kamu harus memimpint desa mu dan memastikan setiap kebutuhan wargamu terpenuhi dan mampu melewati masa-masa sulit.

Ada beberapa hal yang membuat game ini cukup menarik. Misal ketika kamu mau membangun sebuah rumah tapi tidak ada pekerja yang sedang bebas maka kamu bisa membebastugaskan salah seorang pekerja mu tentunya pekerjaan yang ditinggal akan terbengkalai dan proses produksi terhenti. Jadi pilihlah dengan bijak jika kamu tidak mau wargamu marah-marah karena kekurangan suplai.

Pekerja yang dibebastugaskan akan meninggalkan pos kerjanya dan berjalan menuju ke tempat yang ditentukan. Di sini sedikit membuat bosan karena kita harus menunggu dia sampai. Jadi bisa saya simpulkan kamu bisa mengakalinya dengan cara menempatkan bangunan-bangunan mu saling berdekatan. Kamu juga bisa mengatur jarak tempat produksi dengan gudang agar proses suplai bisa berjalan dengan cepat sehingga tidak ada delay yang membuat kebutuhan warga tak terpenuhi. Inilah pentingnya jalan bagi warga. Bukan cuma sekedar untuk mempercantik desa mu.

Kalau kamu bosan menunggu, game ini memberikan sebuah fitur untuk mempercepat gameplay dengan jumlah total waktu yang diberikan adalah 60 detik. Jika waktu 60 detik tersebut habis kamu bisa mengisinya kembali dengan cara menonton iklan, membeli paket khusus unlimited, atau membelinya dengan menggunakan alat bayar in game yakni prestige. Kamu bisa mendapatkan prestige dengan top up atau dengan cara menyelesaikan misi. Dengan prestige kamu bisa membangun secara instant tanpa harus menunggu. Masih banyak keuntungan lainnya jika kamu memiliki banyak prestige.

Terdapat beberapa kebutuhan warga yang harus kamu penuhi. Jika kamu bisa memenuhinya, warga mu akan bahagia dan kamu bisa memasang pajak yang lebih tinggi tanpa membuat mereka banyak mengomel. Sungguh sesuatu yang hanya bisa terjadi di game. Apalagi saat musim berganti tentunya ada kesulitan tersendiri dalam memenuhi kebutuhan warga.

Ada 4 musim di game ini. Musim semi, musim panas, musim gugur dan musim salju. Setiap musim memberimu kesulitan yang berbeda-beda. Seperti musim sslju di mana kamu akan kesulitan memenuhi suplai makanan karena sulitnya menemukan ikan atau hewan buruan di musim tersebut. Jadi selalu persiapkan stok makananmu sebelum musim salju tiba.

Jika kamu punya stok berlebih kamu bisa menjualnya di pasar ketika pedagang berkunjung ke kotamu. Tentunya kamu juga bisa membeli beberapa kebutuhan warga yang kurang. Selalu perhatikan ikon pedagang saat berkunjung.

Hati-hati juga terhadap bandit. Mereka bisa mencuri stok barang mu. Tapi kamu bisa melawan mereka dengan membangun menara penjaga. Tapi dengan membangun menara penjaga tersebut tidak membuat desa mu selalu aman dari serangan bandit. Kamu harus memperkuat dan memperhatikan jumlah penjaga mu agar menang melawan bandit. Para penjaga juga punya kebutuhan yang lumayan kompleks untuk dipenuhi.

Selain bandit, wabah penyakit juga bisa memberimu masalah besar. Jika banyak warga yang terkena wabah maka kegiatan produksi mu akan menurun bahkan berhenti total. Dan tentunya itu akan menjadi masalah besar. Kamu bisa membangun apotek untuk mengantisipasinya.

Kamu bisa melakukan riset untuk meningkatkan banyak hal. Seperti penerimaan pajak lebih besar misal. Namun riset ini memakan banyak waktu dan barang di gudang mu. Tapi kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan prestige.

Secara keseluruhan game ini bagus dan beberapa hal cukup mendetail. Musik latar game ini juga membuat nuansa pedesaan sangat terasa. Tapi masalah untuk game ini juga cukup mengganggu. Jika kamu mengunduh Townsmen yang versi biasa akan ada iklan di layar atas yang cukup besar dan itu sangat sangat menganggu bagi kebanyakan orang (bahkan semua orang mungkin). Dan jik kamu menekan ikon silang pada iklan itu akan membawamu ke ajakan untuk menghilangkan iklan dengan cara membayar. Tapi tenang. Kamu bisa menghindari pembayaran yang besar tersebut dengan mengunduh Townsmen versi premium dengan harga yang jauh lebih terjangkau.

Worth it? relatif. Bagi saya worth it saja karena untuk harga segitu masih sangat terjangkau bagi saya dan juga saya memang dasarnya suka dengan game membangun kota semacam ini apalagi jika temanya adalah pedesaan.

Narrator
Penikmat gorengan. Penikmat lagu-lagu hardrock. Dan selalu berusaha menikmati hidup.

Latest articles

Related articles