Review PUBG New State : Perang Modern & Bug

ENSIPEDIA.ID, KARAWANG – PUBG New State adalah game battle royal teranyar dari Krafton yang merupakan induk dari PUBG Corporation yang salah satu pemegang sahamnya adalah Tencent. PUBG dari Krafton ini resmi dirilis pada 11/11/2021 kemarin pukul 11.00 WIB.

PUBG New State berukuran 1.44 GB saat kalian download di Playstore dan 232,5 MB di dalam game. Dengan rating yang turun ke angka 3.6 dari 300 ribu ulasan saat tulisan ini dibuat. Dan game ini sudah diunduh lebih dari 10 juta kali.

Digadang-gadang memiliki grafis yang lebih wah dari PUBG Mobile, PUBG New State dinilai kurang ramah untuk smartphone kentang. Berdasarkan informasi yang tersebar di Playstore, PUBG New State bisa dimainkan pada smartphone dengan spesifikasi minimum Android 6.0 Marshmallow dengan RAM minimal 3 GB. Dengan grafisnya yang memukau membutuhkan prosesor minimum Snapdragon 625.

Sebagai perbandingan, PUBG Mobile Tencent hanya membutuhkan spesifikasi minimum RAM 2 GB dengan OS Android 4.3 prosesor yang digunakan minimal Quadcore yang sudah tersedia pada smartphone seperti Samsung J4 dan Oppo A37.

Memang tidak semua orang atau semua player PUBG Mobile bisa mencicipi PUBG New State dari Krafton itu dikarenakan spesifikasi yang tidak memumpuni. Dan terpaksa menetap di PUBG Mobile. Lalu apa yang membuat PUBG New State ini istimewa dan hal baru apa saja yang ada di PUBG New State?

PUBG New State punya sebuah map bernama TROI yang berlatarkan pada tahun 2051 sebuah era modern di mana sudah banyak peralatan masa depan yang digunakan. Di game ini juga ada beberapa hal baru yang tidak akan kalian temukan di PUBG Mobile. Apa saja?

1. Mode unik yang sangat berguna

Adanya mode team up membolehkan kalian untuk merekrut musuh yang dalam status DBNO (Down But Not Out) ke dalam squad. Ya istilahnya kalian bisa berdamai dengan musuh dengan cara menolongnya.

Biasanya pemain yang knocked saat berenang akan langsung mati. Kini dengan adanya fitur baru membolehkan kalian untuk menyembuhkan atau disembuhkan oleh rekan satu tim ketika berada di dalam air. Selain itu, pemain kini juga juga dapat menyelam di perairan untuk menghindari tembakan lawan. Sehingga kalian tidak lagi berenang lurus dengan pasrah berdoa agar kalian selamat dari tembakan musuh.

2. Gadget canggih & sight yang lebih jelas

Drone Store adalah tempat kalian bisa membeli sejumlah item di tengah pertempuran yang nanti akan diantar menggunakan drone. Kalian bisa membeli item-item tersebut hanya dengan menggunakan kredit drone atau mata uang khusus Drone Store. Kalian bisa menemukannya secara acak di map.

Green Flare Gun membolehkan kalian untuk menghidupkan kembali rekam satu tim kalian yang mati yang nanti akan turun dari pesawat revive. Flare Gun satu ini bisa kalian dapatkan di Drone Store.

Shield ini bisa kalian dapatkan di berbagai tempat atau bisa juga kalian beli di Drone Store. Ada yang besar dan kecil. Kalian tidak bisa menggunakannya lagi atau memindahkannya jika sudah digunakan.

Viper A-Spech Sight memberikan penglihatan yang lebih baik saat kalian melakukan aim. Membuat kalian lebih leluasa saat aim musuh dan harusnya memperbaiki sedikit masalah aim kalian.

3. Trem, Mobil Listrik dan kendaraan yang lebih fungsional

Trem adalah kendaraan anti-gravitasi punya rute khusus atau mengikuti rel yang tersebar di map. Trem akan berhenti di sebuah halte khusus yang bisa kalian manfaatkan untuk berpindah tempat. Kendaraan ini berjalan secara otomatis dan tak bisa dihancurkan. Tapi tetap bisa membunuh kalian jika tertabrak.

Ada juga Mobil listrik. Mobil, tapi berbahan bakar listrik dan suara yang lebih halus. Jika bahan bakarnya habis, kalian bisa mengisinya menggunakan sel baterai yang tersebar secara acak di map. Uniknya saat di zona biru bahan bakarnya akan lebih cepat habis.

Ada pula kendaraan konvensional tapi lebih fungsional. Selain bisa kalian gunakan untuk berpindah tempat dengan cepat, kalian juga kini bisa memanfaatkan beberapa bagiannya lho. Misal pintunya yang bisa kalian lepas untuk dijadikan Shield. Kalian juga bisa menyimpan barang di bagasi jika tas kalian sudah penuh.

4. Senjata baru

Senjata baru ini adalah Mortar dan pelontar granat asap M79. Mortar tersedia eksklusif untuk map Taego. Senjata ini menembakkan proyektil besar dan mematikan dari jarak jauh. Perlu keterampilan dan akurasi yang baik untuk mengenai musuh dalam menggunakan senjata ini.

Senjata baru lainnya adalah peluncur granat asap M79, yang bisa kalian digunakan untuk melindungi diri saat maju ke posisi lain atau untuk membantu menyelamatkan rekan satu tim yang jatuh.

5. Ayam

Ayam ini seperti ayam pada umumnya. Bukan robot dengan kepintaran buatan atau semacamnya. Dia hanya hewan biasa yang tetap tenang jika tidak terganggu. Intinya punya sifat ayam seperti pada umumnya. Tapi, ayam ini bisa dijadikan sebagai indikasi apakah ada musuh disekitar ayam tersebut. Karena ayam ini akan bereaksi pada suara gaduh atau suara langkah kaki di sekitarnya.

Begitulah hal-hal baru yang akan kalian jumpai di PUBG New State. Cukup banyak fitur baru yang berguna untuk game baru rilis mungkin saja kedepannya akan ditambahkan fitur berguna lainnya. Lalu, apakah PUBG New State sudah sangat stabil untuk dimainkan? Bebas bug? Tentu tidak.

Banyak player yang mengeluhkan terkait bug yang mereka jumpai. Ataupun beberapa keluhan lainnya. Berikut rangkaian keluhan dan bug yang saya ringkas yang bersumber dari channel YouTube Faran Ramdan :

1. Waktu Rilis Tidak Sesuai Jadwal

Krafton mengumumkan waktu rilis adalah pada 11/11/2021 pukul 11.00 WIB. Namun entah kenapa jadi maju ke pukul 09.00 WIB.

2. Force Close

Banyak player yang mengeluhkan force close yang mereka alami. Farhan Ramdan mengklaim bahwa force close ini bukan karena root. Tapi karena pihak PUBG New State itu sendiri. Bug ini ditemukan ketika loading screen di awal game atau saat pengoptimalan.

3. Server Tidak Optimal

PUBG New State sendiri sudah memberitahu jika server mereka masih belum optimal. Dan yang sebelumnya ada 2 server yakni Asia & South Asia kini dijadikan satu menjadi Asia. Diduga dikarenakan masalah incorrect ping information.

4. Masalah Pada Device Yang Di-Root

Masalah ini dijumpai pada mereka yang semisal melakukan custom room. Dan juga masalah magisk yang terdeteksi oleh PUBG New State. Yang mana mereka harus menggunakan aplikasi lain untuk menyembunyikan magisk.

5. Bug Teks

Bug ini terjadi ketika kalian selesai bermain 1 match dan pada tampilan statistik hasil match kalian didapati semua teks menghilang. Dan dari pengalaman saya sendiri, saya menambahkan, kadang loading menuju hasil statistik tersebut sangat lama. Dan kadang juga stuck.

6. Bug Grafis Tidak Optimal

Bug ini terjadi ketika kalian setting grafis pada high kalian mengalami frame drop. Sedangkan jika kalian setting ke ultra high fps kalian malah lebih stabil. Padahal kita tau bahwa ultra itu lebih berat dari high. Farhan mengklaim mungkin ini karena masalah rendering.

7. Bug Grafik iOS 8 Bit

Bug ini dialami salah satu member Farhan yang menggunakan OS iOS di mana mengalami penurunan kualitas visual pada model karakternya yang terlihat “burik” yang Farhan pikir seperti tanpa anti-aliasing.

8. Bug ROM Nusantara Tidak Berjalan

Bug ini dialami mereka yang menggunakan ROM Nusantara di mana mereka sering mengalami force close.

9. Suara Step Yang Kecil

Bug ini membuat kita kebingungan dalam menentukan jarak musuh. Seperti musuh yang dekat terdengar masih jauh.

10. Bug Sensitivitas Yang Tidak Sesuai

Bug ini sudah dikonfirmasi oleh pihak PUBG New State sendiri di mana sensitivitas yang disetting tidak sesuai dengan sensitivitas sebenarnya yang dirasakan pemain. Tentu saja bug ini cukup mengganggu.

11. Bug Tidak Bisa Klaim RP & Hadiah

Bug ini membuat kita tidak bisa mengklaim RP atau poin untuk kalian memperoleh item dalam game. Selain itu juga bug ini membuat kalian tidak bisa mengklaim hadiah pra-registrasi.

12. Disconnect

Masalah ini tentu sangatlah mengganggu. Di mana kalian tiba-tiba disconnect atau koneksi terputus tapi kalian tidak bisa reconnect lagi. Seakan PUBG New State tidak bisa melakukan itu atau tidak bisa reconnect. Masalah ini hanya bisa diselesaikan dengan cara kita reconnect manual. Yakni logout lalu login kembali.

13. Bug Vulkan

Bug ini sudah dikonfirmasi oleh PUBG New State di mana ada gangguan pada warna dalam game dan kadang karakter seperti langsung blink ke depan. Mereka mengklaim hal ini bisa diatasi dengan cara mengupdate OS ke versi terbaru dan jika masalah masih ada, bisa mengubah settingan dari Vulkan ke Open GL.

14. Kualitas Grafis Rendah

Bug ini terjadi jika kalian mengunduh PUBG New State lewat link yang teman kalian kirim atau semacam link referral, maka kualitas grafiknya akan rendah.

15. Sangat Mudah Menggunakan Cheat

Ini membuat pemain dengan mudah mengguny cheat jika sudah di-root tentunya. Dalam contoh terlihat seorang YouTuber menggunakan cheat yang membuat musuh terlihat walau terhalang tembok. Musuh terlihat jelas tidak hanya sekedar outline saja. YouTuber tersebut diketahui menggunakan Game Guardian yang Farhan klaim jika di PUBG Mobile tidak akan tembus. Anehnya di PUBG New State bisa dengan mudah tembus dan berjalan.

16. Bug Render Bangunan

Bug ini membuat bangunan yang dirender jadi terlihat aneh. Seperti bertumpuk atau satu tingkat lebih tinggi dari yang seharusnya.

Walau game PUBG New State ini terbilang baru, namun tentunya kita mengharapkan agar game ini bisa lebih optimal lagi ketika dimainkan. Mengingat gameplay dan grafis yang diberikan cukup membuat kita betah bermain. Namun dengan semua masalah atau bug itu? Siapa yang akan betah?

Narrator
Penikmat gorengan. Penikmat lagu-lagu hardrock. Dan selalu berusaha menikmati hidup.

Latest articles

Related articles