Review Pascal’s Wager : Dark Souls Versi Android

ENSIPEDIA.ID, KARAWANG – Pascal’s Wager adalah game hasil kembangan TipsWorks bergenre action RPG single player yang dirilis di iOS pada 16 Januari 2020. Dirilis untuk Android pada 25 Juni 2020. Lalu di Steam pada 12 Maret 2021 dan untuk Epic Games Store pada 22 Juni 2021.

Game yang memiliki beberapa elemen umum game souls-like ini, menawarkan pengalaman bermain baru untuk kalian penyuka genre RPG di Android. Pasalnya game ini memberikan kesulitan tersendiri untuk kalian yang belum kenal baik dengan mekanisme game serupa.

Screenshot Gameplay Pascal’s Wager | Ensipedia Games

Kamu tidak bisa menyerang atau menghindari musuh sesuka hati. Karena di game ini ada sistem stamina. Kamu juga tidak bisa terus menerus menerima damage dari musuh. Karena ada sistem Sanity yang mana akan berkurang jika terkena serangan musuh. Dan jika itu berkurang setengah kamu akan masuk ke mode abnormal. Dan jika habis total, kamu akan masuk ke mode Lunatic yang mana musuhmu akan bertambah kuat dan punya pola serangan baru.

Mode tersebut tidak cuma mempengaruhi musuhmu saja. Ada juga pengaruhnya terhadap karakter yang kita pakai. Dalam hal ini misalkan Terrence. Saat memasuki mode abnormal, total bar HP Terrence akan berkurang. Dia tidak bisa terus-terusan menghindari serangan musuh dan jaraknya dikurangi. Tapi sebagai gantinya, Terrence akan memberikan damage yang lebih pedas. Bagaimana? Sampai sini saja sudah menarik bukan? Bagi saya tentu ini sangat menarik.

Musuh-musuh di game ini tidak seperti di game RPG kebanyakan yang lebih mirip samsak hidup dengan pola serangan yang mudah dilawan. Kenapa saya sebut samsak hidup? Karena mereka tidak memberikan damage yang besar dan mudah sekali untuk dikalahkan. Jadi hanya sekedar samsak hidup yang memperlambat perjalanan kita saja agar perjalanan lebih “menantang”. Di game ini tidak begitu.

Untuk beberapa musuh ya memang ada juga yang mudah dikalahkan. Tapi tak sedikit juga yang cukup menyulitkan atau setidaknya untuk mengalahkannya butuh usaha ekstra. Kamu bisa melawan mereka dengan serangan ringan atau serangan berat. Serangan ringan akan menyerang dengan lebih cepat, namun damage yang kecil. Serangan berat menyerang dengan lambat, namun damage yang besar dan mengganggu pergerakan musuh. Bahkan beberapa musuh bisa bertransformasi ke bentuk kedua yang lebih merepotkan.

Bagaimana dengan Boss-nya? Setiap Boss punya kesulitan masing-masing tentunya. Kamu tidak bisa menyerang asal-asalan. Kamu harus tau pola serangan mereka barulah kamu bisa tau kapan waktu yang tepat untuk menyerang. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, saat kamu kehilangan semua Sanity kamu, Boss akan menjadi lebih kuat. Jadi jangan sampai kamu kehabisan Sanity. Bagaimana caranya?

Kamu bisa membuat ramuan penambah Sanity ataupun ramuan penambah HP kamu di Altar. Altar akan kamu jumpai di beberapa tempat di sepanjang perjalananmu. Selain membuat ramuan, di Altar kamu bisa craft Thropy, menambah level Altar dan menaikkan status karakter mu, Enchance & Reforge dan kamu juga bisa istirahat untuk mengisi kembali HP dan Sanity kamu. Juga kamu akan mendapatkan maksimal 3 ramuan HP jika sebelumnya kamu tidak punya sama sekali.

Screenshot Gameplay Pascal’s Wager | Ensipedia Games

Pada unsur lainnya game ini mirip-mirip seperti game RPG umumnya. Perkuat karakter, inventori dan equipment yang menambah status karakter. Yang membedakan hanya mekanisme pada saat bertarung saja. Lebih menantang dan menuntut kamu untuk lebih bijak dalam bertindak. Salah keputusan, kamu akan terkena hit.

Mekanisme game seperti ini adalah hal baru untuk saya. Dan saya sangat menyukainya karena ada tantangan saat melawan musuh. Semua dibatasi. Jadi kita tidak bisa bertindak sesuka hati. Apalagi damage yang diberikan musuh cukup besar. Semakin menambah kesulitan game ini. Dan juga, membuatnya mendekati realistis.

Masalah visual game ini sangat baik untuk kelas mobile. Pencahayaan atau gelap terang yang smooth. Tidak ada warna mencolok yang mengganggu. Model karakternya juga cocok untuk saya yang tidak suka hal-hal berbau fantasi yang kental.

Masalah dari sound juga tidak ada yang mengganggu. Suara saat kita melakukan block serangan musuh, menghasilkan suara khas dua hantaman senjata merupakan ASMR tersendiri buat saya. Mungkin masalahnya hanya ada saat intro game adanya sedikit suara yang delay. Selebihnya ok.

Setelah saya cari tau, ada beberapa alasan kenapa game ini, berdasarkan judul, disebut sebagai game Dark Souls versi Android.

1. Bersetting pada abad pertengahan yang menyeramkan.

2. Setiap musuh sangat berbahaya, dan dapat membunuh kamu jika kamu tidak hati-hati.

3. Mekanisme pertarungan bergantung pada pengelolaan stamina dan harus mengatur serangan ringan atau berat.

4. Kamu harus pergi ke altar yang tersebar di seluruh map untuk menyimpan progres permainan kamu dan beristirahat untuk menyembuhkan diri dan itu menyebabkan semua musuh respawn kembali.

5. Jika kamu bermain di iPhone atau iPad menggunakan controller PS4 atau Xbox One kamu akan menjumpai sebuah fakta bahwa semua penempatan tombol berada di posisi yang sama seperti Dark Souls.

Jadi bagaimana? Tertarik memainkannya? Game ini adalah game premium di Playstore. Menurut saya game ini worth it untuk dibeli jika kamu ingin game RPG yang menantang.

Narrator
Penikmat gorengan. Penikmat lagu-lagu hardrock. Dan selalu berusaha menikmati hidup.

Latest articles

Related articles