Review Harvest Town : Game RPG Mirip Stardew Valley

ENSIPEDIA GAMES, Jakarta – Diceritakan kamu adalah seseorang yang hidup di perkotaan. Di mana kamu tinggal di sebuah apartemen. Kamu semakin menua. Kamu mulai merindukan masa-masa dulu. Mencoba memanggil ingatan lama saat kamu masih tinggal di desa. Lahir di sana jauh dari taman bermain. Meminum susu segar dan mencium aroma khas rumput di sana. Sangat ingin kembali ke sana kembali ke masa lalu. Kamu benar-benar ingin kembali masa tersebut, ingin sekali tetap tinggal disana jika saja diberikan kesempatan sekali lagi. Kamu pun tertidur dan secara misterius, tiba-tiba kamu terbangun di bawah rindangnya pohon di siang hari di desa tempat tinggalmu dulu. Sebuah desa yang bernama Harvest Town.

Harvest Town adalah game simulasi pertanian bergaya pixel dari Avidgamers. Game ini dirilis di Playstore pada 9 Desember 2020 dan mendapatkan rating sebesar 4,4. Game ini sekilas mirip dengan game Stardew Valley. Hanya beberapa hal yang membedakannya dengan Stardew Valley.

Di awal game kamu akan dibimbing untuk menyelesaikan beberapa quest. Seperti menanam atau pergi ke Carpenters untuk mengupgrade bangunan. Wah pasti harus nyari tau dulu Carpenters nya ada di mana? Di sinilah letak nilai plus game ini. Kamu tidak perlu repot pergi dan mencari tempat tujuan quest tersebut. Kamu hanya perlu tap ikon penanda GPS tepat di samping kiri quest. Maka secara otomatis kamu akan pergi ke tempat tujuan.

Tidak hanya itu, kamu juga tidak perlu repot dalam hal membersihkan rumput liar, Menyiram tanaman atau menebang pohon. Kamu hanya perlu memilih tool yang harus digunakan lalu tekan ikon tool tersebut maka kamu akan bergerak sendiri mencari objek terdekat semisal kamu ingin menebang pohon tinggal pilih tool kapak lalu tekan ikon kapak maka kamu akan berjalan mencari pohon terdekat. Jarak toleransinya agar kamu bisa mendekati objek tersebut sekitar 5 grid.

Kamu juga bahkan tidak perlu repot membuka tas untuk memilih tool yang diperlukan. Misal kamu sedang memegang pacul tapi kamu ingin menyiram tanaman. Tinggal dekati tanaman yang hendak disiram maka akan muncul ikon alat penyiram tanaman yang terlihat gelap di dekat tombol aksi tap ikon tersebut dan kamu sudah beralih ke alat penyiram tanaman. Ini jauh lebih praktis daripada kamu menggeser slot shortcut inventori mu ataupun membuka tas.

Screenshot Gameplay Harvest Town | Ensipedia Games

Seperti game simulasi pertanian umumnya, game ini juga menggunakan sistem bar stamina, yang terhitung cukup cepat habis. Tapi tenang, selain bisa tidur kita juga bisa meminum susu yang di awal game kita diberikan banyak untuk mengisi kembali stamina yang hilang.

Seiring kalian banyak melakukan aktifitas kalian juga akan mendapat skill point yang bisa digunakan untuk meningkatkan skill kalian di hal tertentu. Misal saat kamu berkebun kamu akan dapat skill point berkebun untuk kamu upgrade skill berkebunmu sehingga mempermudah kamu dalam berkebun kedepannya.

Screenshot Gameplay Harvest Town | Ensipedia Games

Kamu bisa menjual hasil kebun dan item lainnya di stal yang ada. Atau bisa juga menjualnya di logistic hub.

Selain berkebun, kamu juga bisa mendekor daerah tempat tinggal kamu juga lho. Ada banyak dekorasi yang bisa kamu beli di shop yang akan terbuka satu per satu seiring naiknya level mu. Kamu bisa membeli dekorasi tersebut pakai gold yang kamu dapat dari menjual hasil kebun.

Selain membeli di shop, beberapa dekorasi juga bisa kamu dapatkan dengan cara crafting. Namun kamu harus punya blueprint nya terlebih dahulu. Bisa kamu dapatkan dari quest, main quest atau melakukan kegiatan tertentu.

Ada juga sistem achievement yang jika kamu capai akan mendapatkan hadiah berupa diamond. Ini bisa kamu gunakan untuk banyak hal penting nantinya. Misal seperti meningkatkan kapasitas muatan dalam tas.

Bersosialisasi di game ini mudah-mudah saja. Kamu cuma perlu sering-sering menyapa mereka. Ada 31 npc yang bisa kamu ajak interaksi. ada 8 gadis npc dan 6 npc pria yang bisa kamu dekati. Walau bisa menentukan apa jenis kelamin karakter mu di awal game, sepertinya game ini menganggap kita sebagai karakter yang netral. bukan laki-laki atau pun perempuan (mari kita anggap saja begitu).

Walaupun bergaya pixel, tapi desain karakternya cakep. Untuk menaikkan status hubungan juga tidak terlalu sulit. Tinggal ajak obrol aja setiap hari atau setiap berpapasan di jalan. Bahkan di awal pertemuan kalian bisa sedikit mempercepat progressnya dengan cara menonton iklan. Untuk melihat status hubunganmu dengan para npc kamu bisa lihat di ponselmu di bagian community. Di sana dijelaskan dengan detail seberapa dekat kamu dengan mereka.

Screenshot Gameplay Harvest Town | Ensipedia Games

Salah satu hal unik di game ini kamu bisa melihat common luck kamu di musim tertentu. Jadi kamu bisa memaksimalkan keuntungan dengan mengikuti keberuntunganmu di musim tersebut.

Screenshot Gameplay Harvest Town | Ensipedia Games

Kamu juga bisa mengalahkan monster-monster untuk mendapatkan item dari mereka. Beberapa item tersebut diperlukan sebagai bahan dasar crafting.

Screenshot Gameplay Harvest Town | Ensipedia Games

Jika kamu lupa atau masih bingung dengan gamenya bisa kamu buka guide yang tersedia yang berisi katalog. Banyak yang bisa kamu cari tau di sana.

Screenshot Gameplay Harvest Town | Ensipedia Games

Overall game ini bagus. Dari hal hal detail, misal segi suara game ini bagus. Setiap suaranya cukup detail seperti suara kepakan sayap burung, suara berjalan yang berbeda sesuai karakter berjalan di atas apa. Bahkan ketika menebang pohon ada burung-burung berterbangan kabur dari pohon yg ditebang. Dan tumbuhan liar yang dilewati juga akan bergoyang.

Pencahayaan di game ini secara mengejutkan ternyata cukup bagus dan smooth mengingat ini adalah game bergaya pixel. Transisi dari gelap ke terangnya halus dan membuat suasana malam di game ini cukup realistis. Saat karakter berpindah dari gelap ke terang juga transisi nya halus mengikuti terangnya pencahayaan tidak langsung blink dari gelap ke terang.

Screenshot Gameplay Harvest Town | Ensipedia Games

Untuk sistem battle melawan monsternya juga sederhana saja. Cuma perlu tap ikon pedang karaktermu bisa menghabisi para monster secara membabi-buta.

Kekurangan dari game ini mungkin menurut saya ada di bagian slot inventori tas yang di awal permainan sangat sedikit slot nya. Namun bisa diakali dengan cara kita menyimpan barang yang tak diperlukan di chest.

Berhubung game ini masih dalam tahap pengembangan. Jadi kekurangan-kekurangan yang ada semoga nanti bisa diperbaiki sehingga membuat game ini bisa lebih mendekati ke sempurna.

Narrator
Penikmat gorengan. Penikmat lagu-lagu hardrock. Dan selalu berusaha menikmati hidup.

Latest articles

Related articles