Review Guardian Tales : Karakter Imut Namun Ceritanya Sangat Kelam

ENSIPEDIA.ID, Jakarta – Guardian Tales adalah game RPG yang dikembangkan Kong Studio dan diterbitkan oleh Kakao Games. Dirilis di Korea untuk iOS & Android pada 24 Februari 2020 dan dirilis secara global pada 28 Juli 2020.

Game ini akan sangat cocok bagi kalian penikmat cerita. Cerita yang disajikan ringan dan ceria. Si Putri kecil yang dijaga oleh sang karakter utama sangat energik dan wajahnya penuh keceriaan memberikan suasana yang menyenangkan pada cerita. Saya harap keceriaan di wajahnya tidak akan hilang karena si Guardian menghilang atau semacam itu. Seperti yang sudah saya katakan, prinsip cerita game ini ringan dan ceria. Masih ceria sebelum akhirnya masuk ke dunia 10 (kata beberapa pemain veteran-nya).

Game ini banyak sekali referensinya. Referensi tersebut bisa datang dari anime, game lain dan juga dari keresahan yang kadang-kadang kita alami dalam kehidupan. Misal ini, sebuah referensi dari keresahan yang biasanya dialami seorang pengoleksi action figur atau barang-barang koleksi lainnya.

Tangkapan Layar Gameplay Guardian Tales | Game Ensipedia

Di game ini kalian tidak hanya melawan monster dan musuh lainnya. Kalian juga kadang akan diminta untuk menyelesaikan teka-teki ringan untuk menyelesaikan misi utama. Beberapa quest juga baru bisa diselesaikan jika kalian benar-benar menemukan caranya. Bahkan di world 2 stage ke-2 sudah mulai terasa kesulitan dari teka-tekinya.

Terdapat banyak world dengan stage yang banyak juga di setiap world-nya. Dan setiap stage punya peta yang cukup luas. Selalu perhatikan sekitar karena terkadang ada tempat rahasia yang tidak akan terlihat di peta kecil yang ada di pojok kiri atas. 

Saat menyelesaikan quest biasanya terdapat beberapa pilihan. Baik, buruk & netral. Baik digambarkan sebagai hati, buruk sebagai tengkorak dan netral sebagai lampu bohlam.

Tangkapan Layar Gameplay Guardian Tales | Game Ensipedia

Pilihan-pilihan ini akan memiliki pengaruh pada pembentukan kepribadian sang karakter utama. Tergantung pilihanmu condong ke baik atau buruk.

Tangkapan Layar Gameplay Guardian Tales | Game Ensipedia

Untuk urusan gacha, tak seperti beberapa game gacha lainnya yang pelit, gacha di game ini tergolong mudah. Dan saya sangat menyukai saat-saat gacha di game ini. Setelah kita memulai gacha maka hasil gacha kita akan dikirim oleh sebuah drone yang membawa kotak kardus. Sebelum menerimanya kita bahkan harus tanda tangan dulu. Lalu saat membukanya akan ada beberapa jumlah kotak seperti kotak mainan. Ya. Gacha kita di sini dibaratkan kita membeli sekardus mainan atau lebih mirip action figur. Entah rasanya saya seperti benar-benar membeli barang-barang tersebut.

Tangkapan Layar Gameplay Guardian Tales | Game Ensipedia

Tangkapan Layar Gameplay Guardian Tales | Game Ensipedia

Tangkapan Layar Gameplay Guardian Tales | Game Ensipedia

Desain karakternya imut-imut yang bisa kalian pilih sendiri sebagai party. Namun pada awal permainan hanya tersedia satu slot kosong yang bisa diisi. Diharuskan menyelesaikan sampai dunia tertentu agar semua slot terbuka. Kalian juga bisa mendapatkan item dari shop untuk memperkuat karakter-karaktermu.

Setiap karakter punya class yang berbeda-beda. Ada warrior, ranged, support dan tank. Tentu saja class tersebut sangat penting untuk kalian atur agar menemukan komposisi party yang tepat agar bisa menang di setiap stage.

Kalian juga bisa memilih senjata yang ingin digunakan. Dan kalian juga bisa mengubah kostum karakter jika kalian sudah punya item yang dibutuhkan. Ada banyak jenis senjatanya. Mulai dari pedang, pedang besar, panah dan bahkan senjata api juga ada lho. Masih ada beberapa jenis senjata lagi sebenarnya.

Screenshot Gameplay Guardian Tales | Ensipedia Games

Overall game ini menyenangkan. Kontrolnya sederhana dan mudah kita kendalikan. Tidak ada kesulitan buat saya pribadi. Namun menurut beberapa teman yang sudah lebih dulu main game ini, mereka menekankan jangan hanya gacha karakter. Gacha senjata juga penting. Karena setelah menginjak world 10 ke atas baru akan terasa sulitnya.

Game ini bagus dan cocok buat santai pokoknya. Karena game ini menggunakan sistem stamina maka kita tidak bisa bermain seenak jidat. Walau begitu, ada pemberian stamina gratis setiap hari yang bisa kalian klaim di pesan masuk. Dan ada satu hal penting lagi, menurut sumber yang saya baca untuk reroll di game ini tergolong cukup mudah. 

Ceritanya yang kelam akan semkain terasa seiring ceritanya berjalan. Saya tidak bisa banyak cerita di sini agar jadi surprise buat kalian. Yang jelas, jadinya terlihat ironi dibalik karakter dan interaksinya yang menyenangkan ternyata tersimpan cerita yang kelam.

Narrator
Penikmat gorengan. Penikmat lagu-lagu hardrock. Dan selalu berusaha menikmati hidup.

Latest articles

Related articles