Review Don’t Get Fired : Game Yang Menyiksa Bagi Pengangguran

ENSIPEDIA.ID, KARAWANG – Don’t Get Fired! Adalah game survival besutan developer QuickTurtle yang akan memberimu sedikit gambaran dunia kerja di Korea. Kamu sebagai seseorang yang tak punya uang dan koneksi harus melamar kerja sana-sini dan memanjat karir dari anak magang sampai jadi presiden dari sebuah perusahaan.

Screenshot Gameplay Don’t Get Fired! | Ensipedia Games

Gameplaynya simpel saja. Kamu melamar kerja, lalu bekerja sebaik mungkin agar tidak dipecat. Kamu harus pintar mengolah kesehatan kamu agar bisa terus bekerja dengan baik tanpa ada pekerjaan yang terbengkalai. Kalau tidak, tentu saja kamu akan dipecat.

Setiap kali kamu dipecat, kemungkinan dipecat dengan alasan yang sama akan berkurang. Faktor kamu dipecat ada banyak. Sakit karena terlalu memaksakan diri bekerja, tugas yang terbengkalai dan bahkan hanya karena kamu memutuskan memakan snack keripik kentang yang terlalu banyak anginnya kamu juga bisa dipecat.

Ada 4 fitur lain yang bisa kamu lihat di game ini. Tantangan, skill, koleksi dan Pekerjaan paruh waktu.

Tantangan adalah tempat di mana kamu bisa menerima tantangan yang jika kamu gagal akan dipecat dan jika berhasil dan dapat hadiah. Tapi fitur ini baru bisa digunakan jika kamu sudah di posisi staf kontrak.

Skill adalah tempat kamu meningkatkan skill kamu dalam bekerja. Seperti meningkatkan skill kecepatan bekerja, skill berbicara, skill kepemimpinan dan meningkatkan kesehatan kamu. Kamu juga bisa membuka tantangan baru di fitur ini.

Koleksi adalah tempat kamu melihat posisi apa saja yang pernah kamu jabat dan alasan apa saja yang pernah membuatmu dipecat. Fitur yang cukup menarik.

Yang terakhir adalah fitur kerja paruh waktu. Ini adalah yang terlucu. Karena fitur ini sebenarnya adalah tempat kamu menonton iklan untuk mendapat koin ekstra.

Game ini sederhana tapi juga butuh perhatian ekstra. Kamu harus pintar mengatur bar health kamu yang mana akan berkurang jika kamu ngebut dalam mengerjakan tugas. Dan akan terisi sendiri seiring waktu. Kamu bisa ngebut mengerjakan tugas dengan cara tap 2x karakter mu. Karena tugas yang akan datang tak bisa diperkirakan jadi selalu atur bar health kamu. Bijaklah dalam mengatur kapan harus menggunakannya.

Di game ini juga terselip beberapa keresahan yang biasa dialami seorang pencari kerja maupun yang pernah bekerja di perusahaan. Dan juga, tak sedikit pesan bagus yang tersirat dalam game ini.

Di tengah progres kadang ada momen seperti Boss yang minta tolong pinjam uang karena dompetnya ketinggalan, ada salah satu pekerja senior yang anaknya ulang tahun dan kamu harus memilih antara datang memberi hadiah atau beralasan ada agenda lain dan ada banyak yang lainnya. Semua ini akan berpengaruh terhadap pekerjaanmu. Jika kamu menerimanya, maka kemungkinan promosi jabatanmu akan naik sekian persen.

Kalau kita pikir-pikir, semua yang ada di game ini cukup relate dengan apa yang terjadi di dunia kerja yang nyata. Kamu harus sering bersosialisasi dan ikut agenda tambahan yang lingkungan kerjamu adakan, kamu harus selalu siap dan menerima pekerjaan apapun itu dan masih banyak lagi. Jadi tak heran game ini akan membuatmu yang pernah bekerja di perusahaan jadi senyum-senyum sendiri saat memainkannya. Dan akan menjadi siksaan tersendiri buat kamu yang masih menganggur karena selalu gagal dalam tes kerja.

Ambillah pesan-pesan moral yang game ini sampaikan. Setidaknya selain bermain Kita juga bisa mendapat sedikit pelajaran untuk kita genggam.

Narrator
Penikmat gorengan. Penikmat lagu-lagu hardrock. Dan selalu berusaha menikmati hidup.

Latest articles

Related articles