Review Albion Online : Game Sandbox MMORPG Di Mana Kamu Bisa Jadi Begal!

ENSIPEDIA.ID, KARAWANG – Albion Online adalah game sandbox MMORPG abad pertengahan yang dikembangkan oleh Sandbox Interactive, sebuah studio yang berbasis di Berlin, Jerman. Game ini membebaskan para playernya untuk melakukan apapun dan jadi apapun. Tersedia bermacam-macam senjata dari yang berat hingga ringan. Kamu bisa menggunakan semua senjata itu dan tidak terikat dengan jenis job. Saat mereka bilang bebas melakukan apapun, memang benar-benar bebas hampir dalam hal apapun.

Ikuti tutorial di awal permainan untuk mengetahui dasar dari mekanismenya. Walau pada dasarnya Albion Online punya mekanisme yang serupa dengan game MMORPG lainnya. Lalu pilihlah kota yang ingin kamu kunjungi. Ada 5 kota besar. Lymhurst, Bridgewatch, Martlock, Thetford & Fortsterling. Kamu bisa memulai karirmu di salah satu kota besar tersebut. Entah itu sebagai pedagang, penjelajah dungeon atau bahkan jadi begal.

Sebagai pedagang, kamu bisa membeli beberapa stack item dengan harga murah di salah satu pasar kota lalu menjualnya di pasar kota lain dengan harga yang lebih tinggi. Atau kamu bisa juga mengumpulkan sumber daya yang punya nilai jual tinggi di kota yang kamu singgahi lalu menjualnya di pasar kota tersebut. Semisal untuk kota Fortsterling, di sana nilai resource return rate kayu cukup tinggi. Sehingga, jika kamu melakukan refine kayu di sana kamu bisa mendapat bahan lebih dari proses refine tersebut yang bisa kamu refine lagi untuk mendapat keuntungan lebih. Temukan dan cari tau kota dan refine apa saja yang cocok untukmu.

Sebagai penjelajah dungeon kamu bisa mendapatkan silver, mata uang dalam game, dengan cara memasuki dungeon dan membersihkan semua musuh dan mengalahkan Boss lalu mendapat hadiah jika berhasil mengalahkannya dengan membuka peti hadiahnya. Di sini kamu bisa bertemu player lain yang juga masuk ke dungeon yang sama. Kamu bisa mengajak dia untuk bekerja sama atau membentuk party agar lebih mudah menguasai dungeon tersebut.

Ada 4 jenis dungeon di Albion Online berdasarkan warnanya. Hijau (solo), biru (group), merah/oranye (corrupted) dan putih (elite). Setiap dungeon punya kesulitannya masing-masing. Untuk pemula bisa mencoba dungeon hijau sebagai permulaan. Kesulitan dan hadiah yang didapat sesuai dengan tier tempat kamu menemukan dungeon tersebut.

Nah pekerjaan yang terakhir tapi bukan terakhir dalam segalanya, adalah menjadi begal. Tak sedikit player Albion yang mengatakan bahwa ini adalah cara cepat menjadi kaya. Seperti begal umumnya di dunia nyata, yang kamu harus lakukan adalah mencegat player lain dan mengeliminasinya untuk mendapatkan barang-barangnya. Tapi, kamu tidak bisa membegal di sembarang tempat.

Sebagai begal yang baik di Albion Online kamu harus tau arti dari warna-warna pada zona yang ada. Total ada 4 zona berwarna. Ada biru, kuning, merah & hitam.

Zona biru adalah tempat yang aman tidak bisa PvP artinya tidak bisa membegal. Kecuali kamu mengikuti faction di salah satu kota. Kamu bisa diserang oleh pihak faction lawan. Jika kalah akan knock down dan kehilangan 5% durabilitas dari setiap equipable items dan akan respawn ulang di faction outpost terdekat.

Zona kuning kamu bisa melakukan PvP dan pertarungan antar faction. Kamu baru bisa menyerang player lain jika kamu mengubah status kamu ke flagging up atau hostile. Itu akan memberimu sebuah debuff berupa “criminal” yang mencegahmu mengubah ulang status secara langsung dari flagging up ke flagging down. Kamu baru bisa mengubahnya setelah 15 menit waktu debuff berlalu.

Jika kamu menyerang player lain dalam status ini, maka akan ada tambahan debuff lainnya yakni “outlaw” dan ini akan me-reset ulang waktu debuff criminal. Debuff outlaw ini akan mencegahmu sehingga tidak bisa memasuki kota. Dan jika kamu mencoba masuk, penjaga gerbang kota akan menyerang mu. Selain itu, player hostile yang menyerang player flagging down akan diturunkan poin reputasinya. Pada titik tertentu akan mencegahmu supaya tidak bisa masuk ke kota besar dan zona tertentu.

Membegal di zona kuning juga tidak begitu banyak menghasilkan. Di sini kamu tidak bisa kill player lain. Hanya bisa knocked down mereka dan hanya menjatuhkan sedikit silver yang bisa kamu ambil.

Di zona merah mirip seperti zona kuning. Hanya saja ketika kalah bertarung, kamu akan menjatuhkan semua item yang dipakai dan juga isi inventori kamu. Ada sekitar 30% kemungkinan item kamu akan hilang dan hancur permanen. Durabilitas item yang jatuh berskala mengikuti berapa banyak player yang menghajarmu.

Dan terakhir, zona hitam, adalah versi sadisnya dari zona merah. Di sini kamu bisa bertarung dengan siapapun. Tidak peduli dia siapapun bahkan dari rekan satu faction sekalipun. Kamu bisa bertarung dan membegal player lain tanpa takut kehilangan poin reputasi.

Jadi yang disebut begal di sini adalah player yang menyerang player lain untuk mendapatkan silver atau item yang dibawanya. Dan seperti yang kita tau, zona hitam adalah tempat yang tepat.

Sebenarnya ada banyak pekerjaan yang bisa kamu lakukan di Albion Online. Seperti memancing atau mengikuti semacam ajang pertarungan di kota. Intinya dalam game ini kamu dibebaskan untuk membuat alur ceritamu sendiri.

Narrator
Penikmat gorengan. Penikmat lagu-lagu hardrock. Dan selalu berusaha menikmati hidup.

Latest articles

Related articles