Ensipediagames, Bandung – Black Myth: Wukong, yang terinspirasi dari kisah Journey to the West, adalah sebuah game action RPG yang masuk ke dalam genre ‘soulslike’. Seperti kebanyakan game di genre ini, Black Myth: Wukong dikenal dengan tingkat kesulitannya yang cukup tinggi tanpa adanya opsi untuk mengubah tingkat kesulitan tersebut. Pilihan desain game seperti ini memang sengaja dibuat agar pembuat game bisa lebih fokus menciptakan level dan pertarungan yang menarik dan seimbang, daripada cuma naikin angka health atau damage musuh yang biasanya bikin bosen kalau dimainin berulang kali.
Menghilangkan opsi pengaturan kesulitan mungkin bikin game ini kurang aksesibel, jadi pertanyaannya: seberapa sulit sih Black Myth: Wukong ini? Artikel ini akan membahas tentang tingkat kesulitan di dalam game ini dan melakukan perbandingan dengan game-game lain, baik di genre soulslike maupun di genre action dan action RPG lainnya, supaya kamu bisa memutuskan apakah tingkat kesulitannya cocok untukmu.
Apa yang Terjadi Kalau Kamu Mati di Black Myth: Wukong?
Penasaran gimana jadinya kalau si ‘Destined One’ atau karakter utamanya mati? Nih, kamu bakal nemuin semua yang perlu kamu tau tentang kematian dan cara respawn di Black Myth: Wukong.
Apakah ada Pengaturan Kesulitan di Black Myth: Wukong?
Enggak. Black Myth: Wukong tidak menyediakan opsi bagi pemain untuk mengatur tingkat kesulitan game ini.
Betulkah Black Myth: Wukong Itu Sulit?
Black Myth: Wukong menampilkan pertarungan yang bertaruh tinggi dengan imbalan tinggi yang mendorong kamu untuk menghindar dengan tepat dan melakukan serangan balik yang di-timing dengan baik. Selain itu, ada juga sistem combo yang mengajak kamu untuk menyesuaikan pola seranganmu berdasar situasi yang ada. ‘Destined One’, atau karakter pemain, juga punya akses ke beberapa sihir untuk mendukung pertarungan jarak dekatnya, termasuk sihir yang bisa menghentikan musuh sejenak. Sihir itu cukup efektif untuk hampir semua musuh (termasuk bos), memberikan kamu kesempatan untuk menggunakan gourd penyembuh. Tapi, sihir ini punya cooldown yang lumayan lama, jadi kamu harus pintar-pintar memutuskan kapan waktu yang tepat untuk menggunakannya.
Menghadapi musuh biasanya berupa kelompok kecil yang terdiri dari 2-3 musuh atau satu musuh yang besar dan kuat, terutama di area pertama game. Musuh bisa menghasilkan damage besar kalau berhasil mengenai kamu, tapi bisa dihindari dengan timing yang baik dan kamu bisa membalas dengan damage yang besar juga kalau kamu udah mahir dengan pertarungannya.
Kalau dibandingkan, kesulitannya mungkin mirip sama Nioh atau Nioh 2. Pertarungannya lebih mendorong kamu untuk menghindar dan membuat combo dibandingkan pertarungan yang lebih lambat dan terukur seperti di game-game tersebut. Di luar genre Soulslike, tingkat kesulitannya mungkin mirip dengan Devil May Cry 5 di tingkat ‘Devil Hunter’, walaupun beberapa pertemuan dan bos terasa lebih dekat ke ‘Son of Sparda’.
Intinya, Black Myth: Wukong itu menantang tapi tidak terlalu menghimpit, dan pohon kemampuan memungkinkan kamu untuk meningkatkan ‘Destined One’ sesuai dengan gaya bermainmu. Karena kamu bisa mengubah spesialisasi kapan saja, ini membuatnya mudah untuk mencoba sesuatu yang baru atau strategi yang berbeda jika kamu mengalami kesulitan dengan sebuah pertemuan.