Review Noctua NT-H1: Thermal Paste (Hampir) Sempurna!

ENSIPEDIA GAMES, Denpasar – Apakah kalian merasakan bahwa suhu CPU maupun GPU dari PC desktop ataupun laptop kalian berada di angka tinggi? Jikalau iya, ada kemungkinan kalian sudah saatnya untuk membersihkan PC desktop atau laptop kalian dari debu dan mengganti thermal paste yang sudah kering.

Jikalau kalian kebingung untuk mencari thermal paste yang terbaik untuk PC desktop ataupun laptop kalian, sepertinya kalian perlu melirik thermal paste dari Noctua ini yang bernama Noctua NT-H1. Apa Noctua NT-H1 ini layak untuk dibeli? Mari simak review dari Noctua NT-H1 berikut.

Perkenalan

Thermal paste adalah sebuah pasta yang berguna untuk menjadi perantara antara heatsink dan CPU/GPU. Thermal paste berguna untuk menutupi celah celah micro yang ada di heatsink ataupun di CPU/GPU agar perpindahan panas lebih efisien.

Salah satu cara untuk membeli thermal paste adalah dengan cara melihat thermal conducitivity-nya

Noctua NT-H1 termasuk salah satu thermal paste yang memiliki performa tinggi, walaupun begitu sayangnya Noctua tidak memberikan pernyataan secara resmi berapa nilai thermal conductivity dari Noctua NT-H1. Noctua memiliki alasan tersendiri untuk tidak memberikan nilai thermal conductivity pada produk mereka, kalian dapat melihat alasan mereka disini.

Secara tidak resmi, thermal conductivity dari Noctua NT-H1 barada di angka 8,5 W/mK. Terlihat kecil memang jikalau dibandingkan dengan lawannya seperti Thermal Grizzly Kryonout yang berada di 12,5 W/m.K.

Testing

Dalam pengujian ini, saya menggunakan Asus Tuf FX504GD dengan spesifikasi sebagai berikut:

    • CPU       : Intel Core i5 8300H
    • GPU       : Nvidia GTX 1050 4GB
    • RAM      : 8GB Single Chanel DDR4 @2400Mhz

Secara teknis laptop ini memang tidak menghasilkan panas yang berlebih dan nampaknya juga Asus mengunci power draw dari CPU di 45W dan GPU 38W, jikalau keduanya mengalami full load maka power draw akan turun ke maksmial 25W untuk masing – masing CPU dan GPU.

Dalam melakukan pengujian ini saya menggunakan aplikasi Prime95 dan Furmark dalam waktu test masing masing 30 menit. Prime95 dan Furmark bukanlah aplikasi benchmark seperti biasanya, aplikasi tersebut berguna untuk melakukan strest test pada CPU (Prime95) atau GPU (Furmark) untuk mengetahui tingkat kestabilan dari PC yang kalian gunakan. Karena aplikasi tersebut melakukan strest test pada CPU atau GPU maka aplikasi tersebut dapat membuat CPU atau GPU menghasilkan panas yang sedikit tidak realistis jika dilakukan secara bersamaan.

Berikut suhu rata – rata yang dihasilkan selama 30 menit oleh CPU dan GPU setelah menggunakan thermal paste Noctua NT-H1:

    • Prime95 (CPU)                           : 67 ºC
    • Furmark (GPU)                           : 76 ºC
    • Furmark + Prime95 (CPU + GPU) : (CPU) 81 ºC || GPU) 78 ºC

Kesimpulan

Dari suhu yang dihasilkan maka dapat dikatakan bahwa suhu tersebut merupakan suhu terendah yang pernah dicapai oleh laptop ini selama saya gunakan. Laptop ini tidak mengalami thermal throtling disaat pengujian kecuali power throttling disaat menjalankan Furmark dan Prime95 secara bersamaan.

Saya dengan aman dapat mengatakan bahwa Noctua NT-H1 merupakan salah satu thermal paste terbaik yang bisa kalian beli untuk saat ini, hanya ada satu kelemahan dari Noctua NT-H1 ini, yakni harga yang dipatok relatif mahal untuk kebanyakan orang, kalian bisa mendapatkan Noctua NT-H1 di e-commerce dengan harga mulai dari 110.000 ribu Rupiah hingga 150.000 ribu Rupiah

Galery

Alit Putra
Im just a regular guy, who have interested in technology

Latest articles

Related articles