Review Bistro Heroes: Game Masak Berkedok RPG

ENSIPEDIA.ID, Jakarta – Di sebuah hutan ada dua ksatria perempuan berjalan sempoyongan lapar dan kelelahan. Yang satu adalah Aryan berambut pirang terlihat tenang berwibawa dan anggun sedangkan yang satunya Coq au Vin berambut hitam, energic dan ekspresif. Coq au Vin adalah yang mengeluhnya paling keras sedangkan Grand Masternya, Aryan, dengan sabar terus menerus meladeni keluhan bawahannya tersebut. Coq au Vin jatuh dan merengek seperti bayi tak kuat berjalan lagi. Aryan memberitahunya untuk bersyukur mereka bisa selamat dan sebentar lagi mereka akan sampai di kota.

Coq au Vin tiba-tiba langsung berdiri sesaat setelah sebuah aroma lezat menggelitik Indra penciumannya. Tatapannya kosong lalu berlari seperti anak kecil ke arah aroma lezat tersebut berasal. Aryan berteriak dan memintanya untuk bersikap selayaknya seorang ksatria. Setelah berlari mengikuti aroma tersebut dilihatnya Coq au Vin ternyata itu adalah sebuah kedai makanan. Ia langsung memesan 20 porsi grilled skewers namun dibantah sang Grand Master yang baru sampai dan menjadikannya hanya 2 porsi saja yang sontak membuat Coq au Vin langsung merengek lagi. “Kami kehabisan bahan makanan” kata sang pemilik kedai. Mereka berdua pun kaget dan Grand Master Aryan yang sebelumnya adalah yang paling tenang kini langsung mengeluh dengan polosnya karena dia sudah sangat kelaparan kemudian Coq au Vin mengingatkan Aryan untuk menjaga harga dirinya sebagai seorang ksatria.

Gimana? Apakah tingkah mereka berdua ini lucu?

Bistro Heroes adalah game RPG dengan unsur masak-memasak yang cukup kental. Game dari developer Team Napas yang juga developer game A Girl Adrift ini, telah terpilih sebagai ‘the best indies’ Google Play Best of 2020.

Bagaimana tidak, game ini memiliki visual yang indah dan adem dilihat dengan art style karakternya yang imut-imut. Apalagi gambar-gambar dari masakan-masakannya. Adalah nilai plus tersendiri untuk game unik yang satu ini.

Screenshot Bistro Heroes | Ensipedia Games

Seperti game RPG umumnya di game ini kamu harus memperkuat karakter-karaktermu. Seiring berjalannya cerita semakin banyak karakter yang akan ikut dengan rombonganmu dan juga semakin banyak menu baru yang kamu dapatkan.

Tidak lebay juga saya mengatakan game ini adalah game masak berkedok RPG. Karena sebenarnya markas karakter-karaktermu adalah kedai makanan yang tadi di awal sudah diceritakan. Dan semua uang yang akan kamu gunakan nanti adalah hasil dari jualan makanan tersebut. Dari uang tersebut kamu bisa mengupgrade kedai makananmu agar dapat menghasilkan lebih banyak cuan. Mengupgrade karakter attack & health poin, kecepatan penjualan makanan, kapasitas makanan, kecepatan pengisian stamina dan kapasitas stamina itu sendiri. Jadi kedai makananmu adalah akar utamanya.

Untuk bahan baku makanannya bisa kamu dapatkan dengan dua cara. Menyelesaikan 1 babak battle story mode atau melakukan eksplor di map story mode tersebut. Masing-masing map berbeda bahan baku yang bisa didapat.

Screenshot gameplay Bistro Heroes | Ensipedia Games

Kamu juga bisa menambahkan furnitur dan memodifikasi kedai makanan tersebut dengan tema yang beragam. Mulai dari gaya bangunan Jepang kuno, tema Halloween dan masih banyak lagi.

Screenshot Gameplay Bistro Heroes | Ensipedia Games

Selain memperkuat serangan karaktermu, di game ini juga kamu bisa mempercantik mereka lho! Banyak pilihan pakaiannya dengan tema yang bervariasi juga.

Pakaian-pakaian baru tersebut bisa kamu dapatkan jika kamu punya beberapa jumlah helai kain yang dibutuhkan. Kain tersebut bisa kamu dapatkan setiap kamu menyelesaikan 1 babak battle di bagian story.

Screenshot Gameplay Bistro Heroes | Ensipedia Games

Untuk gameplay-nya cukup simpel. Kamu hanya perlu mengarahkan karaktermu di tempat yang tepat dan melepas skill hanya saat dibutuhkan untuk bisa menang. Selebihnya karaktermu sendiri yang akan melancarkan serangannya. Jadi hanya masalah timing & penempatan karakter.

Screenshot Gameplay Bistro Heroes | Ensipedia Games

Kalian juga bisa menjelajah dungeon untuk mendapatkan kristal yang nantinya bisa digunakan untuk meningkatkan skill setiap karakter. Untuk di dungeon ini yang perlu kamu lakukan adalah bertahan selama mungkin untuk mendapatkan kristal yang banyak. Di mode dungeon ini kamu bisa memilih sendiri komposisi tim mu untuk mendapatkan skill yang dibutuhkan agar mampu bertahan lama di pertempuran. Jadi pilihlah komposisi tim yang tepat!

Screenshot Gameplay Bistro Heroes | Ensipedia Games

Game ini menggunakan sistem stamina untuk bisa melakukan battle. “Wah kalau pakai stamina males nunggu penuhnya, lama” Eits, tenang. Di game ini ada 3 cara mendapatkan stamina. Pertama, dengan kekuatan iklan. Setiap kamu menonton iklan akan mendapatkan sejumlah stamina. Kedua, dengan cara top up gem. Dengan top up gem kamu bisa membeli stamina. Ketiga, dengan cara memancing.

Daripada kamu menunggu stamina yang akan lama penuhnya seperti menunggu balasan chat dari doi, kamu bisa memancing untuk mendapatkan stamina.

Screenshot Gameplay Bistro Heroes | Ensipedia Games

Setiap bar kuning penuh 100% kamu akan dapat 1 stamina. Dan penuhnya bar ini tidak terlalu lama. Tergantung berapa persenan yang didapat dari ikan yang kamu pancing. Dan di mode memancing ini terdapat fitur sleep mode di mana kalian bisa memancing secara otomatis tak perlu kalian kendalikan sama sekali jadi bisa kalian tinggal jika ada keperluan lain.

Dan di mode memancing ini juga jadi semacam mini-game memancing tersendiri karena adanya rekapan ikan-ikan hasil pancinganmu.

Screenshot Gameplay Bistro Heroes | Ensipedia Games

Bagaimana? Apakah game ini cukup bagus untuk kamu unduh dan mainkan?

Kalau menurut saya game ini layak untuk diunduh dan dimainkan. Game ini cukup banyak menyajikan fitur yang seru. Dan cerita dari game ini pun ringan tak perlu keras-keras berpikir agar paham. Dan ceritanya disajikan dengan ekspresif tidak kaku karena terdapat beberapa indikasi kalau karakter kita sedang mengekspresikan emosi tertentu. Dengan kata lain, kita bisa dengan cukup jelas tau emosi karakter kita sehingga ceritanya sangat hidup.

Screenshot Gameplay Bistro Heroes | Ensipedia Games

Jadi cukup mudah buat saya untuk menikmati ceritanya. Ditambah art style-nya yang adem. Sangat cocok untuk game santai. Jujur saya suka sekali menangkap gambar layar saat gambar makanan di game ini muncul karena cukup menggugah selera saya. Apalagi waktu saya pertama memainkan game ini adalah saat bulan puasa (maafkan saya Tuhan).

Overall game ini bagus. Saya suka sekali bagaimana game ini menjawab kecemasan pemain yang suka memainkan game dengan sistem stamina yang biasanya cukup lama untuk penuh. Dengan adanya mode memancing sangat memudahkan player untuk mendapatkan stamina. Apalagi dengan adanya sleep mode. Afk kalian bisa sedikit berarti.

Dan game ini tidak begitu bergantung pada gacha dengan kata lain, game ini ramah untuk player f2p. Walau tak bergantung pada gacha namun masih ada fitur gacha di mana setiap hari gratis 1x summon. Berbanggalah kalian player gratisan bisa koleksi waifu di game ini dan mendandani mereka dengan sepuas hati.

Narrator
Penikmat gorengan. Penikmat lagu-lagu hardrock. Dan selalu berusaha menikmati hidup.

Latest articles

Related articles