Ensipediagames, Bandung – Walaupun Nintendo Switch 2 nggak akan sepower konsol generasi sekarang dari Sony sama Microsoft, sistem yang bakal keluar ini diprediksi bakal dukung semua fitur Unreal Engine 5, bisa jadi termasuk MegaLights yang baru-baru ini dibahas, meskipun ada beberapa catatan sih.
Ngobrol-ngobrol dalam episode teranyar dari podcast mingguan mereka, tim teknologi di Digital Foundry menjawab pertanyaan dari fans tentang apakah konsol Nintendo selanjutnya bakal bisa pake fitur UE5 terbaru, mereka bilang fitur kaya Lumen, Nanite, ama Virtual Shadows Maps harusnya bisa didukung karena arsitektur sistemnya aja udah cukup. Bahkan MegaLights mungkin bisa jalan, soalnya yang penting itu target performanya. Ditambah, bisa jadi bakal ada versi khusus Nintendo Switch 2 dari semua teknologi ini yang akan bikin dia bisa dijalankan dengan layak di sistem dengan beberapa kompromi yang jelas, dan kalau fiturnya nggak terlalu berat soal memori. Bahkan hardware Lumen bisa dijalankan dengan penyesuaian yang tepat.
Mengingat dukungan gede dari pihak ketiga yang didapat Switch pertama, hal yang dimungkinin karena sistemnya mendukung Unreal Engine, dan bahwa banyak pengembang ini berpindah ke versi baru dari engine tersebut, nggak diragukan lagi Nintendo Switch 2 bakal mendukung sebagian besar fitur Unreal Engine 5. Nggak semua game bakal bisa jalan dengan mulus, dan beberapa mungkin harus dikompromikan, tapi melihat apa yang udah dicapai di pendahulunya, nggak diragukan lagi kita akan lihat beberapa presentasi yang keren untuk platform mobile di dalamnya.
Digital Foundry juga ngomongin gimana beda performa mode handheld Nintendo Switch 2 dengan Steam Deck bisa berpengaruh ke platform tersebut. Menurut tim teknologinya, nggak bakal banyak pengaruh, karena kedua platform menawarkan pengalaman yang beda banget. Steam Deck agak lebih ribet untuk digunakan dan, yang paling penting, nggak punya game-game Nintendo yang biasa ngedorong penjualan platformnya. Di sisi lain, pengembang nggak secara spesifik nargetin Steam Deck, sedangkan game Nintendo Switch 2 bakal dioptimalin buat jalan di sistem dan memanfaatkan set fiturnya, yang katanya termasuk penggunaan upscaler NVIDIA DLSS. Satu-satunya skenario di mana beda performa bisa jadi masalah adalah kalau ada kekeringan game di mana game multiplatform mengisi celah yang ditinggalkan oleh kurangnya rilis dari pihak pertama.